BLOG TULISAN Jayadiningrat


Trend Drama Korea mulai era 2005an sampai sekarang membuat bocah-bocah laki2 perlahan-lahan bisa bertransformasi setelah dewasa menjadi pria Softboy. Banyak pelajaran2 diperoleh dari drama Korea, gimana cara menjadi romantis, mengambil hati cewek dsb. Kebayang puasnya menaklukkan wanita seperti di Drakor, melihat wajah wanita yang klepek2 seperti kerbau. Hobby yang menantang dibanding bola atau otomotif.


Kalau dulu jadi pria Buaya Darat itu dianggap mengasyikkan bakal sering dapet nikmat RAGA, namun nikmat jaman now bertransformasi bukan raga lagi namun HATI ya kepuasan menaklukkan hati wanita buat memuaskan hati si Softboy. Karena RAGA sudah gampang didapat, modal 800rb (UMR aja udah 4,5jt) lalu cari open BO, dari model seperti Nia sampai emak2, instant hari itu juga bisa COD. Beres. Hwahahaha dosa besar menanti.


Softboy ini kalau saya bilang lebih bahaya dari Buaya Darat, kenapa? Kalau Buaya Darat tujuannya jelas mau bobok-bobok manis namun tidak melibatkan perasaan, sedangkan Softboy bikin wanita hanyut, pandai berbuat hal2 manis yang melibatkan perasaan, dibikin jatuh hati, dibikin klepek2, dibikin melayang sama dia.


Sebenarnya Ciri-ciri Softboy mudah ditebak yaitu Pertama, kalau ditanya keseriusan, jawabannya, "Mengapa kita tidak jalan aja dulu toh kita sama2 merasa nyaman menjalani hubungan seperti ini". Beda dengan Buaya Darat bisa bilang Commit karena belum bobok bobok manis, tapi langsung Ghosting jika udah dapet. Kedua, dia cenderung sangat tertarik pada wanita2 disekitar Anda, apalagi ada temen Anda yang cantik, pelan2 dia berusaha gali informasi dari Anda, itu adalah naluriah si Softboy, sama sih bagian ini dengan Buaya Darat.

Tapi pada akhirnya biasanya sih si Softboy bisa Ghosting (ngilang) juga setelah dia bosan. Ngerinya Softboy, saat si cewek dekat dengan cowok lain yg kemudian si cewek terima, maka si Softboy merasa tertantang lg, dia akan datang lagi dengan manisnya. Jadi lebih bahaya kan ketemu Softboy, kalau Buaya Darat jelas ketahuan belangnya susah mau balikan lg. Makanya Softboy sering di juluki MANTAN TERINDAH, yang akan selalu bermain cantik (memberi nutrisi keseruan) walau sudah jarang kontak2an.

Ya itulah kehebatan Softboy, banyak menawarkan hubungan penuh keseruan seperti roller coaster. Jadi saat cewek udah nemu pria lain yang Niceguy atau Goodboy, yang baiknya minta ampun atau sholehnya minta ampun. Namun cewek tetap cewek, cewek alimpun tetap cewek, yah gitulah cewek (apaan sich), yang butuh keseruan dalam percintaan, seperti keseruan yang bisa diperoleh saat jalan ama Softboy. Saat jalan ama Niceguy atau Goodboy, yang ada lurus2 aja datar2 aja yah menjalani hubungan biasa, yah rutinitas kencan biasa, nonton film, makan2, ngobrol2 tanpa bumbu2 penyedap seperti sanjungan, rayuan, surprise2, hadiah2, sentuhan2 nakal walau hebatnya Softboy adalah dia gak butuh bobok bobok manis seperti Buaya Darat jadi terlihat seperti Niceguy, dia hanya ingin menaklukkan wanita dan dia cenderung baik kepada semua wanita agar makin banyak wanita yang bisa dia taklukkan. Pada akhirnya biasanya si cewek ini bisa meninggalkan si Niceguy atau Goodboy demi Softboy walau sebelumnya sudah di Ghosting ama si Softboy. Takluk "kembali" pada Softboy karena dia pintar untuk mainin perasaan untuk digantung tanpa kejelasan status. Ada lho yang bertahun-tahun. Tau lah wanita kalau sudah Cinta, gelap mata. Pun Softboy juga punya nafsu juga, maka bukan tidak mungkin terjadi bobok-bobok cantik.

Ini nih pelajaran buat cewek, saya kasih tau ke cewek nih kalau belum ada kejelasan status bahkan di Islam sampai Akad, maka jangan mau digantung bertahun2 atau bahkan jor2an nyasih semua sampai bobok2 indah hanya karena ngerasa dia the only one, yang terbaik, kagak nemu keseruan kalau dengan yang lain. Cewek harus pintar nempatin diri, pintar tarik ulur, pintar melihat effort dia apa saja. Intinya walau cewek sudah klepek2 tetap jaga jarak, jgn malah balik ngejar pria, karena dgn ada jarak maka pria akan terus penasaran dan berusaha kasih effort sampai Akad untuk memilikimu seutuhnya. Lalu buat tahu batasan cewek saat mabuk cinta, maka peliharalah sahabat karib sesama cewek, dia yang bakal masih WARAS kasih masukan, coba resapi nasehat2nya.

Ini juga sebagai pelajaran buat kita2 pria haha, yang sudah menjalani hubungan sekian lama. Sama2 setia, namun sudah terlalu nyaman menjalani keseharian tanpa perubahan sehingga menjadi makin hambar karena pada lupa saling membahagiakan. Kita pria harus belajar dari Softboy ataupun Fuckboy (buaya darat) untuk terus berusaha berinovasi membahagiakan pasangan dengan hal2 baru, hal2 surprise, hal2 yang menyenangkan, rayuan2 maut dll. Jangan melakukan hal2 yang sama terus-terusan pada pasangan. Patokannya jangan hanya jadi Niceguy atau Goodguy saja, munculkan jiwa liarmu sebagai Softboy atau Fuckbuy dengan syarat SETIA. He he.

Kang Kay


Kalau orang cinta kemudian mencintai itu tidak aneh. Tapi kalau orang kurang cinta tapi mencintai itu tangguh.


Misal nih banyak lah dari kita yang tidak suka sholat tapi kita menjalaninya rutin walau dengan dipaksa namun karena ikhlas maka kita tangguh. Lama2 kangen jg denger suara Adzan untuk segera sholat. Yang kagak rajin sholat, cuman masalah kurang dipaksa aja.

Kalau dalam ilmu psikologi, kalau kita ingin menjadi orang tangguh maka belajarlah melakukan sesuatu yang tidak kita sukai. Asal ukuran moralnya jelas ya, bukan hal negatif.

Misal nih seperti saya dulu tidak suka makan pare. Nah kalau ingin jadi orang tangguh ya makan pare. Tiga bulan makan pare terus. Kalau kita terbiasa makan pare yang tidak disuka maka kita akan jadi orang tangguh. Awalnya pahit namun setelah baca2 khasiatnya seperti menurunkan gula darah dll, kok merasa ada yg kurang alias ngerasa gula darah tinggi kalau kagak makan pare. Padahal jelas pare itu pahit tapi karena kebiasaan ngunyah ya pahit jg, eh intinya terbiasa.

Anda pikir tentara latihan itu seneng? Push-up, merangkak, lari keliling puluhan kali, itu tidak seneng. Tapi karena dia melakukan apa yang tidak dia sukai maka dia menjadi tangguh.

Maka kita cari suami atau istri jangan soal cinta atau seneng saja. Seneng bisa kita bangun dengan pengabdian dan tanggung jawab. Nanti cinta itu akan tumbuh, seperti tentara kebiasaan latihan fisik maka sehari tidak latihan badan pegal2 semua. Begitupun kita, sehari tidak ketemu serasa sewindu lamanya.

Jangan misal nih pedekate ama cewek kemudian 2 atau 3 bulan kagak jadi. Ditanya kenapa? Mulutnya telalu lebar hwahaha. Gagal deh, terus ketemu cewek lagi, tapi lho kok gak jadi lagi kenapa? Setelah dibuka jilbabnya ternyata jidatnya cenong. Nah, kita akan terus2an cari kelemahan aja. Terus ketemu lagi tapi kenapa gak jadi? Kakinya mbecak njebebeh. Ya gak dapat2 istri.

Jadi, berkaca pada salah satu kasus diatas, misal tidak suka karena jidatnya, jangan lantas segera memvonis putus. Biasakan kita memandangi jidatnya, bandingkan jidatnya dengan artis2 hollywood misal reese whitherspoon...sapa gitu lupa. Paksa mencintai, maka pelan2 cinta itu akan tumbuh dan menjadi hal biasa melihat jidatnya yang seperti manusia purba hehe. Pengalaman pribadi, itulah istri saya dulu kala, namun makin digali ternyata banyak sisi positif didiri istri seperti kesetiaan, pengabdian dll yang melebihi jidat cenongnya. Saya juga melihat paha istri saya dulu bercahaya seperti kenarok melihat paha kendedes, pak harto melihat paha ibu tien, ayah sy menikahi ibu sy sbg istri kedua. Yah mitos kejawen bahwa paha wanita yang bercahaya bisa membuat suaminya jadi penguasa atau orang sukses. Tapi jangan juga demi cari istri maka buka2 paha orang demi melihat bercahaya atau tidak. Maaf malam ini rada ngelantur. Sekelimut ketak-ketik.

Kang Jay

Mengapa kekayaan seorang pria sepertinya kunci untuk mendapatkan wanita idaman. Mengapa sepertinya pria yang uangnya lebih banyak, bisnisnya lebih maju, yg uangnya tidak ada serinya sepertinya lebih mudah mendapat pasangan atau gonta ganti pasangan.

Pasti sebagai pria, kita suka diwanti2 ibu kita, "sekolah yang pintar dan kerja yang bener karena kalau punya uang dan sukses maka cewek tinggal pilih atau akan datang sendiri."

Sehingga belajar dari lingkungan dan wanti2 ibu kita maka pria cenderung berpikir kalau ingin sukses dalam percintaan jalurnya adalah keuangan ???.
Nah itu jawabannya bisa bermacam2 tapi salah satu yang menurut saya cocok adalah karena uang menjadikan pria lebih PERCAYA DIRI. Karena kesuksesan membuat orang jadi lebih berani mencoba. Karena kalau dia punya banyak prestasi, fasilitas dimana2 maka lebih bebas melakukan apa saja tanpa takut akan konsekuensinya.

Jadi bukan keuangannya itu sendiri yang membuat wanita jadi tertarik, walau saya sendiri akui ya semua orang suka sama orang yang mapan kaya bukan hanya wanita tapi juga pria, jadi wanita lebih tertarik karena pria tajir lebih berani lebih lepas ga ada takutnya. Misal ketakutan biaya nikah, menafkahi, tinggal dimana setelah nikah, semua ketakutan yg sifatnya materi kagak ada. Pria itu tidak banyak berpikir kalau ada wanita yg menarik perhatian, ya diajak ngobrol, ya dikirimi hadiah, ya dikasih a b c d tanpa banyak mikir. Kenapa? Jadi kalau tidak dapat wanita itu, ya ada wanita lain dgn melakukan hal sama tanpa takut rugi karena uangnya banyak. Karena jg dia tidak takut penilaian orang juga, merasa dia orang hebat ada diatas piramida jadi gak perlu takut dinilai oleh orang yg bawa avanza sedang dia sudah punya new alphard atau new bmw.

Jadi bukan hanya keuangan itu sendiri yang menjadi daya pikat terhadap perempuan tapi karena beberapa sifat2 atau sikap2 pria yang muncul akibat sang pria memiliki banyak uang. Nah ada beberapa laki2 yang berusaha mendekati perempuan kerena uang adalah daya pikatnya. Maka memikat perempuan dengan uangnya, dikasih inilah, dikasih itulah, dibeliin pulsa lah, dikirimi makananlah, bahkan diajak jalan2 ke eropa dgn seluruh akomodasi dibayarin.

Jadi pria ini pikir dengan uang maka wanita jadi tertarik? Ya tentu keuangan itu membantu. Cuman kalau pada dasarnya pria itu minder, artinya kalau dia tidak punya uang maka dia minder. Maka satu2nya yang bisa dia lakukan adalah mengeluarkan uang, beliin ini itu, kirimin ini itu, namun tidak ada kepribadian atau kepercayaan diri dalam pria tersebut. Maka saya jamin pasti si wanita tersebut akan lebih tertarik pada pria lain yang lebih kaya. Masuk akal kan? Jadi kalau pria hanya mengandalkan keuangannya saja maka si wanita yang sempat terpikat pada pria ini akan lebih tertarik pada pria lain yang lebih kaya. Karena sekaya2nya kita pasti ada yang lebih kaya lagi. Nah pertarungan pria itu adalah membuat lebih kaya lagi, dan itu tidak ada selesainya. Kita terpaksa harus menggeber unt tambah kaya. Untuk mempertahankan wanita itu dalam hidup Anda.

Kemudian ada masalah lagi, kalau Anda hanya menggunakan uang untuk memikat wanita. Maka hanya wanita yang tertarik dengan uang saja. Yang hanya mempedulikan kenyamanan hidup dan fasilitas segala macem, jadi dia tidak tertarik pada orang dibalik uangnya bahkan seperti tidak ada orangnya haha karena dia hanya tertarik pada uangnya. Misal kita adalah orang yang minder, lemah, nah kita tutupi dengan keuangan. Akibatnya kita hanya akan memancing wanita yang gold digger. Tidak benar2 mencintai diri kita, pribadi kita, atau apapun yang ada dihati kita pria. Dia tidak mempedulikan keinginan kita, impian kita, yang dipedulikan "Aku ingin hidup enak, tolong biayain".

Jadi ini kelemahan jika pria berusaha mendekati wanita dengan uang. Jadi uang itu akan menarik orang2 yang mencari uang. Bukan yang menginginkan hubungan wajar sama kita.

Kembali lagi ke pria tajir, mereka lebih pede, mereka suka akan tantangan, mencoba hal baru, tidak takut ngomong, cenderung leader, berani ambil keputusan, berani berdebat. Jadi sifat2 itu adalah sifat2 emas, lebih menggairahkan, lebih memikat. Bukan hanya wanita, pria pun tertarik pada pria lain yang leader, suka tantangan, banyak pengalamam hidup. Nah itu yang disebut dengan kepribadian. Jadi kalau kita ingin memikat wanita, maka kalau kita udah kaya binis maju thats good, well itu mempermudah dalam banyak hal. Tapi tolong jangan pakai Tajirnya, Uangnya untuk memikat atau mempertahankan seseorang. Tapi gunakan yang lebih real, lebih deep dibanding itu yaitu kepribadian kita, karakter kita, kemampuan komunikasi kita, visi kita, ketajaman dalam berpikir. Nah hal2 itu yang sulit sekali untuk dinilai, kalau uang mudah dinilai. Misal anda tinggal di Pondok Indah dengan mobil Alphard dengan total kekayaan 30M, namun ada pria lain dengan rumah Menteng mobil BMW total 31M, walau hanya selisih 1M maka wanita bisa tertarik sama yang BMW. Tapi kalau disaat yang sama kita adalah pemimpin, petualang, mudah ambil keputusan dll nah itu susah dinilai yang susah ditemukan nilai2 kesempurnaan spt itu.

Jadi walaupun saat ini kita bernilai 10M namun dgn kepribadian kita yg lebih mahal, maka dgn yg 30M bisa lebih baik kita. Maka coba tebak wanita itu akan mempertahankan siapa? Kemungkinan besar kita yang akan dipertahankan. Tapi kalau wanita itu memilih yang 30M, maka jelas tidak perlu merasa takut, kalah karena dia sedang mencari uang saja. Yang kita harusnya lega, pergi dari hidup kita karena kita tidak perlu buang2 waktu. Ingat wanita seperti itu akan mencampakkan kita saat kita miskin, atau setidaknya menguras harta kita.

Nah ada satu kelemahan kita pria jika sudah tajir, yaitu kita tidak mau cewek sembarangan. Pria tajir hanya mau wanita dilevel tertentu. Masalahnya wanita2 dilevel tersebut dikerubuti cowok tajir bermobil mewah lainnya. Jadilah ketajiran kita gak ada artinya. Kalau kita punya BWM maka cewek itu yang dideketin juga oleh pemilik BMW lainnya. Jadi sama2 pemilik BMW jadi tidak menarik bagi wanita itu, tapi kepribadian kitalah yang akan dilirik kemudian. Akan lebih baik kalau kita dilirik karena kepribadian kita, bukan keuangan kita.

Bahkan extreemnya seperti saya, maka saya menggunakan account lain di aplikasi jodoh lain dengan kondisi sallary 7jt (toh gaji pokok segitu), pendidikan sarjana (toh saya pernah sarjana), kerja masih sama di tour&travel (toh benar adanya), tinggal di rumah gang (kebetulan sy punya rumah gang di daerah pasar minggu). Demi ingin melihat ketulusan hati wanita dan ingin hanya melihat kepribadian saya saja, dan saya ada mendapatkannya. Bahkan sallary dia 1,5x lipat supervisor di jaringan francise besar, bahkan saya tantang menjadi IRT pun dia seperti serius bakal mau resign, itu yang membuat saya percaya dia tidak matre namun masih menunggu hilal dlm 3bln. Dasar Jay.

Jadi, boleh kita pria mengikuti saran ibu kita untuk mengasah bisnis atau mentrampilkan skill meniti karir keatas agar menjadi lebih tajir. Namun jangan lupa ada banyak hal2 lain didalam kepribadian kita yang harus diasah supaya kita jadi makin gemilang, makin berkualitas dan orang2 yang nempel sama kita bukan karena uangnya suksesnya tapi karena apa yang ada dalam diri kita yaitu kepribadian yang berharga.

Maaf setelah saya baca blog ini lagi kok saya bingung sendiri bacanya, terbaca bolak balik ha ha tp intinya begitulah. Besok saya rapikan.

Kang Jay


Pilih mana:

1. Punya pasangan tapi tidak sayang.

2. Udah bubar tapi masih sayang.


Hayo.......


Hai hai hai,


Ini teman-teman AN kemarin saat Idul Adha pada Korban apa kalau boleh tahu?

1. Kambing

2. Korban Perasaan

3. Sapi

4. Korban Janji Manismu

5. Unta

6. Korban Mantan

7. Naga

8. Buaya


Salam.


"Kang kenapa yang deketin aku kok gak ada cowok yang oke".

Well, kalau saya lihat paras neng ini tuh cukup cantik. Ya memang ini pertanyaan sejuta cewek-cewek yang masih jomblo, yang curhat kesaya, kirim dm ke saya dan segala macem. Saya akan ambil contoh dulu adik tiri saya. Saya perhatikan sebenarnya banyak yang ngedeketin dia sih, tapi semuanya tidak oke. Makanya masih jomblo dan meskipun dia masih happy karena banyak aktifitas, tapi dia merasa kesepian dan merasa kok susah banget menemukan pasangan yang cocok. Kok susah banget menemukan pasangan yang sesuai kriteria. "Sedangkan yang oke gak ngedeketin aku", kata dia.

Kondisi ini sebenarnya umum terjadi. Sebenarnya, ya gimana mau mulai bilangnya ya, tapi saya mau bilang, ya itu karena kamu diam menunggu. Ini ngeri ladies. Ketika kamu diam menunggu, apalagi kamu tambahin dengan jual mahal, jutek, judes. Kalau diajak pergi banyak gaya. "Ntar aku pikir2 dulu ya. Liat ntar. Ntar aku kabari ya." Terus udah gitu chat juga balesnya lama-lamaaaaaaa lah padahal ya lama dipandangin. Ingin menguji dia. Pengen ngetes dulu apa dia beneran serius ga sama kamu. Liat seberapa keras usahanya. Beneran gak suka sama kamu. Maka saya ada masukan nih: intinya kalau kamu ditambah begitu2an udah pasti yang bagus2 bakalan kabur.

Pria-pria yang bagus2 bakalan mental semuanya. Dan pria yang tersisa tinggal apa? Coba kamu bayangin deh ketika kamu pasang tembok tinggi, ketika kamu cuman menunggu, yang ngejer kamu siapa sih? Cowok keren, cowok oke, cowok yang berkualitas itu gak akan repot2 istilahnya, mengejar cewek yang pasang tembok banyak, jual mahal dan segala macem. Yang lebih banyak duduk menunggu dan tidak mau ikut berpartisipasi.

Jadi cowok2 yang terus mengejar adalah cowok2 yang desperate kesepian, yang cupu ngarep poll, ini nih cowok yang gigih nih. Coba kamu cek dah, cowok yang ngejar kamu siapa sih? Cowok desperate? Kesepian? Loosy cupu? Yang ngarep banget? Karena dia juga tidak punya gebetan lain, ya hanya kamu gebetannya. Makanya dikejar terus, dikejar terus, dikejar terus pantang menyerah sampai ajal menjemput ealah salah maaf, maksudnya sampai bisa dapetin kamu. Nah ini nih cowok gigih.

Terus yang kedua yang terus ngejar kamu siapa? Pria yang suka tantangan. Jadi dia suka kamu bukan karena kamunya tapi karena tantangannya. "Gue pingin menaklukan dia ya. Kayaknya susah banget dapetinnya. Gue bakal depetin dia nih gimanapun caranya." Ini cowok yang suka tantangan. Artinya apa? Kalau dia udah dapetin kamu maka dia pergi. Gak akan lama karena dia cuman suka tantangan doang.

Kalau yang pertama itu adalah cowok cupu, kalau kamu jalan ama dia ya kamu bakal stres sendiri. Kerena ya dia cowok cupu, lossy, dan ngarep banget sama kamu. Ntarnya kamu bakal stres sendiri seperti diposesifin, dicemburuin dan segala macem. Ya begitulan yang tersisa ya cowok2 begini aja. Coba kamu cek sekarang yang ngejar2 kamu.

Nah lucunya, saya pernah tau cerita dari seorang cewek, dia pacaran gitu, tapi ternyata cowoknya kurang baik. Ketika ditanya, kenapa kamu pilih cowok itu kalau kamu tidak percaya cowok itu. Kenapa kamu jadian sama cowok itu? Jawabannya "Karena dia yang paling gigih ngejar aku". Hello knok knok. Jangan menilai cowok dari yang paling gigih ngejer. Karena yang paling gigih ngejer itu artinya cowok yang loosy banget. Ga ada pilihan yang lain. Atau dia penyuka tantangan seperti yang kedua. Saya (rada) jamin kalau udah jadian pasti dia gak sebaik seperti ketika masih gigih mengejar. Dan yang gigih mengejar itu capek. (Saya pernah di usia 20than, capek). Butuh energi banyak. Jadi ketika dia sudah dapetin kamu. Aaaaaaahhhhhhhhh sama seperti baru olahraga berat, caaappeekkk. Udah. Udah habis semua energinya. Dan sikap dia yang mungkin setiap malam neleponin kamu, berjam2 nelponin, tiap jam nelponin maka saya jamin bakal drop. Siuuuffffhhhh. Drop, lemes dia dah. Akhirnya ketika udah selesai misi dia berhasil mendapetin kamu. Energinya terkuras abis sudah.

Dan sementara cowok2 keren yang kamu suka, cowok2 yang percaya diri, asyik enak diajak ngobrol, nyambung, baik, mapan, sholeh, dia gak akan berjuang gigih2an ngejer kamu. Karena apa? satu, dia punya gebetan lain yang bisa dipilih. Dua, dia gak buang2 waktu untuk mengejar wanita yang cuman diam menunggu bahkan yang sok jual mahal, secara dia ngerasa cowok keren gitu loh.

Jadi kalau kamu mau dapetin cowok yang oke, maka kamu harus maju duluan. Kamu lihat ada cowok yang keliatannya oke nih dan terasa sepertinya naksir sama kamu, maka kamu maju, kamu deketin, kamu samperin, kamu ajak ngobrol. Ok. Itu yang perlu kamu lakukan, bukan hanya duduk menunggu.

Jika tulisan ini ada bikin kurang nyaman, maafin ya, namun otak manusia itu kadang perlu di brain wash agak termotivasi dan segera berhasil mendapatkan pasangan yang diidam2kan. Yang hanya dipisahkan oleh ajal, dan bertemu kembali di pelataran surga, bukan untuk gelar sajadah tapi gelar tiker sambil nimbel. Amiin. Haaaaaahhhhhh cita2 idaman.

Kang Jay.


Adakah harimu merasa sunyi tatkala alunan zikir hanya bergetar di bibir? Jika tidak, ada baiknya kau perbaiki pikir. Mungkin telah lama kasih Tuhan tak hadir.


Adakah kau merasa hampa saat tilawah lama tak menyapa? Jika tidak, ada baiknya kau perbaiki jiwa. Mungkin telah lama hidupmu hanya dipenuhi oleh sibuknya dunia.

Adakah rasa damai saat rakaat demi rakaat shalat kau semai? Jika tidak, baiknya kau perbaiki hati. Mungkin sudah lama Tuhan tak kunjung kau dekati.

Orang beriman, tatkala kalimat Tuhan dikumandangkan, hatinya sejuk oleh mata air hidayah. Orang beriman tatkala zikir beralun dari bibir, alunan itu meresonansi hingga ke pikir. Orang beriman, saat rakaat shalat dilaksanakan, lahirnya tenang dalam tumakninah, batinnya damai dilingkupi rahmah.

Sudah berapa lama Al-Qur'an tak terjamah oleh tanganmu? Sudah berapa lama shalat sunah tak dikerjakan oleh ragamu? Sudah berapa lama zikir tak terlantun oleh jiwamu?

Jika ini jadi pengingat, segera wudhu, dan ambil Qur'anmu yang telah berdebu. Baca, ayat demi ayat. Lantunkan dengan khusyuk, kau sedang membaca firman Tuhanmu.

Jika ini jadi pengingat, sempatkan rawatib, itulah pelengkap lubangnya wajibmu. Jika ini jadi pengingat, zikirkan Asma mulia Tuhanmu, di sanalah akan hadir tenangnya jiwamu.

Katakan, Tuhan, kami rindu menatap “Wajah-Mu' yang Agung. Kami rindu mensyukuri nikmat-Mu yang tak pernah berhenti. Kami rindu meraih cinta-Mu yang abadi.

Di sepertiga malam yang indah ini, semoga kami bisa merenungi kehadiran diri, agar sisa usia yang ada makin berkah, makin bahagia, makin bermanfaat bagi sesama.

Kang Jay

Eehhm menikah dimasa Pendemi ada susah dan senangnya, susahnya kita harus hati2 menentukan tanggal nikah jangan sampai berbarengan dengan lockdown yang tentu akan mengakibatkan diundur acaranya, senangnya kita bisa meminimalisir budget untuk Resepsi tanpa banyak orang protes hehe.

Bahkan trend saat ini yaitu hanya akad sederhana dan mengundang beberapa keluarga inti saja ternyata tidak mengurangi syahdunya pernikahan, dengan tanpa banyak protes dari keluarga besar dan tetangga, "Kok saya tidak diundang?" "Jaga prokes Tante, maaf, juga kasihan Tante datang dari luar kota padahal lagi tinggi2nya Tan" ha ha ha.

Namun ada keluarga lain memutuskan menikahkan anak2nya dengan resepsi, atau pasangan itu sendiri tetap ingin ada resepsi namun tidak sampai ribuan cukup misal dihadiri 250 orang. Tentu di masa pendemi ini, jika lokasi Resepsi di DKI Jakarta atau Ibukota Propinsi rada susah terlaksana, mungkin contoh dibawah ini lebih ke di daerah ya, misal di Purwakarta, Cimahi, Purwokerto, Jombang dll


Lalu kalau misal kita nih punya budget dibawah 33jt namun masih ingin resepsi dengan 100 undangan plus keluarga inti kisaran 20-30 orang yah total 250 orang maka kira2 cukup kagak budget 33jt itu?

Saya punya temen terjun di bisnis Resepsi Pernikahan didaerah Bandung, dia sebelumnya adalah Wedding Organizer dengan budget diatas 100jt, namun karena pendemi dia memutar otak agar tetap laku dimana dia bikin paketan dibawah 20jt, ya murah meriah namun laris manis, tentu dengan budget segitu tanpa WO, catering dan printilan, hanya dapet yang ada List paketan saja.

Dengan paket murah ini, hampir setiap weekend kecuali sasi suro ada aja yang menggunakan jasanya 2-5 pernikahan sederhana.

Ketika saya baca selebarannya cukup menarik, ada paket termurah 15jt unt 250 orang terdiri dari:
- Pelaminan 5 meter berikut ornamennya
- Dekorasi bunga basah & kering
- Tenda 4 lokal
- Makeup pengantin dan baju pengantin 3 kali bisa pilih biasanya sih putih, mocca dan abu
- Foto 100 shoot.
- Pakaian ibu hajat & ibu besan.
- Seragam pagar ayu 4 & seragam parasmanan 4
- Meja parasmanan 6 meter, berikut alat parasmanan, piring-sendok-garpu 200 set.
- Kursi plastik 100 & Meja tamu 2, berikut cover kursi dan meja.
- Blower 1, Genset 1 dan penerangan.
- Sound system sederhana tanpa organ tunggal.



Namun saya yakin kadangkala harga segitu suka ada tambahannya, misal harus menyesuaikan dengan lokasi, atau dari keluarga ada tambahan2 yang kadang kita sendiri tidak bisa prediksi diawal. Misal ada tambahan tenda, kompor, terpal saat hujan, shooting video, nambah2 makeup keluarga dll. Sehingga dana cadangan perlu disiapkan. Oiya, lokasi diasumsikan di rumah dengan halaman atau jalanan rada luas, atau jika digedung tentu ada biaya tambahan untuk sewa gedung.

Dengan memilih paket 15jt dan ada dana cadangan 3jt tujuannya agar ada antisipasi over budget, dibanding ambil langsung paket 18jt. Menurut saya sudah lumayan low budget (minim banget) hehe.

Untuk Catering parasmanan, bisa pilih2 dari vendor yang dirasa menarik,murah,enak & berkualitas, sebagai gambaran aja salah satu vendor chatering menawarkan 40rb/porsi untuk 250 tamu dengan konsep masakan nusantara. Perlu diingat bahwa jangan hanya ngejar murahnya aja tapi juga harus memperhatikan kualitasnya, coba tanya2 ke teman, saudara dll. Jika sudah sreg harga cuocok bisa kita minta coba rasa saat si vendor ada acara atau bisa didapurnya. Ini penting, jangan sangan undangan kecewa dengan makanan yang kita sajikan. Untuk 40rb/porsi untuk 250 orang, menu yang ditawarkan nasi putih, ayam lada hitam, mie goreng, capcay, kerupuk, buah, dan air gelas, plus gubuk ice cream 100 porsi dan gubuk siomay 100 porsi. Biaya catering sebesar 10jt + dana cadangan 1jt sehingga Total catering 11jt.



Selain biaya diatas ada biaya printilan hehe, misal:
- Undangan 100 bisa beli online 2bln sblm hr-H 350rb
- Souvenir 100 500rb
- Buku tamu 1, masker 2box & Hand Sanitizer 4 250rb
- Backdrop Foto Instagramable unt tamu dgn hiasan2nya 900rb
- Hiasan janur kuning berikut tiangnya 200rb
- Doa bersama dan pembentukan panitia 800rb
- dll seperti kain putih untuk akad 500rb
Total printilan 3,5jt



Mari kita total=
Total Paket + Catering + Printilan = 18+11+3,5 = 32,5jt.

Jadi kapan nih???? Ditunggu kabar baik dan undangannya ya teman-teman warga AN. Kalau saya sudah pernah, jadi berikutnya cukup akad dan acara sederhana keluarga inti saja.

Kang Jay


Kenapa cewek seringkali menolak cowok yang menurut dia itu adalah sosok pria idamannya? Kita ambil contoh ya misal wanita pingin pria yang setia, yang mau menunjukkan keseriusannya, laki2 yang sabar, yang mapan dan kerja keras, yah A B C sampai Z. Jadi ketika pria melakukan A sampai Z yang sudah dibilang wanita itu kenapa seringkali wanita itu menolak, mengabaikan bahkan bilang "kamu terlalu baik buat aku".

Itu pertanyaan besar yang selalu ada disepanjang zaman dan saya ingin coba menjawab atau penjelasan akan hal itu, yah sebagai salah satu penjelasan. Karena seringkali kita pria berpikir bahwa kalau kita berusaha keras memenuhi standar kriteria2 pasangan idaman seseorang maka seseorang itu akan jatuh hati. Misal nih dia bilang pingin pria mapan punya rumah dan mobil, maka karena rasa cintanya kita pria maka kita bekerja keras bahkan bertahun2 berjuang agar mapan, karena kita pria suka pikir bahwa itu kunci untuk membuka hatinya dengan memenuhi kriteria dia yaitu mapan, namun setelah mapan kenapa ditolak juga?.

Ingat bahwa dalam relasi cinta itu ada 3 fase:
- Fase Pertama: Pre-Relationship
- Fase Kedua: In-Relationship
- Fase Ketiga: Post- Relationship

Nah ketika seorang wanita menceritakan sosok pria idaman maka wanita tersebut sedang membayangkan pria yang di FASE KEDUA In-Relationship. Misal ingin pria yang sholeh, yang mapan, yang bertanggung jawab, yang dewasa, yang sabar, yang mengalah, yang romantis dan segala macamnya. Jadi memang benar dia sedang menceritakan sosok idaman dia. Tapi ada fase utama yang terlewat yang tidak disebutkan dia, bahkan seringkali dia tidak sadar. Jadi ada FASE SATU Pre-Relationship yang harus membuat di TERTARIK dulu sebelum masuk kedalam Fase Kedua NYAMAN. Jadi jika dia belum merasa tertarik dulu maka hampir percumah kita pria mengisi Fase Kedua In-Relationship. Berusaha menjadi baik, terlihat mapan, menjadi hangat, mau memberikan solusi, memotivasi, ini agak percumah kalau wanitanya belum tertarik.

Jadi ada dua hal yang kurang dipahami pria, yaitu hal2 yang membuat NYAMAN (Fase2) dan hal2 yang membuat wanita TERTARIK (Fase1). Kita pria suka terfokus untuk membuat wanita nyaman, nyaman, nyaman. Berusaha membuktikan diri kita bahwa kitalah yang terbaik buat dia. Tapi kita lupa membuat dia tertarik.

Nah, hal2 ketertarikan itu bertumpah tindih dengan hal2 yang membuat dia nyaman. Tapi ada hal2 yang spesifik yang membuat dia tertarik misalkan bikin dia PENASARAN. Penasaran ini bertentangan dengan nyaman. Contoh, kalau kita pengen berusaha membuat seorang wanita nyaman atau membuat dia kayak kagum sama kita maka apapun pertanyaan dia akan kita jawab. Tapi sebaliknya kalau penasaran, misal ditanya 10 hal maka yang kita jawab cuman 6 sedang 4 lainnya tidak kita jawab. Bisa kita pria becandain, bisa kita puter2, bisa kita suruh dia ngelakuin sesuatu dulu buat kita. Jadi rasa penasaran ini ada di Fase Pertama: pre-relationship. Membuat dia tertarik dulu, membuat dia terpikat dulu. Kalo dia sudah terpikat. Baru menunjukan hal2 yang membuat merasa nyaman.

Tapi kalau dia belum tertarik, dia belum merasa kayaknya penasaran sama kita, dia belum banyak berpikir tentang kita, dia belum mau diajak ngobrol langsung cuman mau chat doang, dia belum mau diajak video call atau keluar sama kita maka percuma jika kita terlalu banyak memberikan INVESTASI dalam hidupnya. Kenapa? Ok, saya kasih tahu, kalau dia cewek muda cantik semampai mapan berpendidikan maka ada banyak pria diluar sana yang langsung memberikan yang nomer 2 itu. Ada banyak pria yang menumpahkan segala perhatian, kasih sayang, Uang, hadiah, waktu, tenaga untuk yang nomer 2 ini kepada wanita tersebut. Jadi apapun yang anda pria berikan itu tidak spesial. Apapun yang anda serahkan pada dia dengan ketulusan hati dengan keseriusan pun, itu tidak spesial. Karena semua pria yang mendekati wanita yang anda sukai itu kemungkinan besar melakukan hal yang sama. Masuk akal ya.

Jadi ketika si wanita ini melihat, ah si pria A memberikan ketulusan, si pria B memberikan ketulusan, pria C sama, terus sampe pria kesekian, semuanya memberikan ketulusan maka apa bedanya. Tidak ada rasa , tidak ada hal yang spesial, anda pria jadi seperti sama saja. Tapi bandingkan misal ada pria 1 sampai 10, yang 1 sampai 9 memberikan ketulusan, kebaikan dll yang memang semua itu positif. Tapi itu boring banget. Sementara anda pria ke 10, ketika dia ketika dia minta tolong, anda sibuk ngeledekin dia, anda bercandain dia, anda mainin dia, anda buat dia merasa kesel, gregetan sama Anda. Saya jamin, eh saya agak jamin.....pasti dia akan lebih memikirkan anda, dia akan berusaha ngeledekin dia balik, dia akan kesel, geregetan sama anda, jadi chatting dengan anda itu akan lebih diladenin. Nah setelah dia Tertarik sama anda, maka anda bisa tunjukan ke dia bahwa ternyata anda sopan, baik, berkharisma, mapan, bertanggung jawab dll. Jadi itu bisa ditunjukan belakangan, namun hal2 yang membuat ketertarikan itu harus ditunjukan didepan. Hal2 yang menciptakan kenyamanan itu boleh datang belakangan.

Inilah yang terjadi dengan badboy, atau PLAYBOY, laki2 yang istilahnya brengsek. Karena laki2 brengsek ini terkenal dengan keresehannya, tapi note ya Playboy bukan berarti orang2 penjahat. Minimal bandel. Jadi laki2 ini terkenal dengan kebandelannya, kenakalannya. Susah diduga, suka2 aja, egois tapi setelah kelihatan semua hal2 negatifnya yang membuat wanita tertarik, ternyata laki2 bandel itu punya sisi yang baik, mau mendengarkan, ramah, suka mengalah, bahkan mahir untuk romantis. Jadi sisi2 pria idaman di nomer 2 tadi itu munculnya belakangan. Itu yang membuat perempuan akhirnya jadi kayak "Ahhhh, aku mau yang kayak gitu". Selesai tertantang penasaran akhirnya tertarik eee ternyata endingnya masuk kriteria idaman, ahhhhh nyesss, takluk deh.

Walau saya akui cowok Playboy yang famous karena ke-playboy-annya itu punya keuntungan yaitu dia diingini banyak wanita karena terbukti berkualitas memacari banyak wanita, jadi ketika ada wanita yang dideketi dia maka si wanita bilang "Masa sih, dia kok suka sama aku, kan aku gak cantik, padahal banyak yang ngantri bahkan lebih cantik2" ini artinya dia mau bilang aku lho yang paling cantik dari lainnya, ini membangkitkan sisi ketertarikannya untuk langsung menerima si Playboy. Walau si wanita sadar 100% bakal dicampakkan, tapi sensasi jadi Ratu sejagat tuh membanggakan dan sulit ditolak. Makanya kita cowok jangan terlihat culun2 banget didepan cewek, pas dia tanya "Pernah pacaran?" Dijawab "Belum", "Siapa temen2mu cewek?" Dijawab "Gak ada", haha berat bro segera perbanyak jam terbang kita, setidaknya perbanyak temen2 cewek yang kita kenal agar cewek yang kita taksir merasa seakan berkompetisi mendapatkan kita, itu nilai plus agar si dia cepat tertarik.

Beda ama cowok melihat cewek Playgirl malah cenderung dijauhi, apalagi jika ingin cari wanita yang diseriusi misal buat dijadikan istri, di pikiran kita cowok kebayang gak sih bekas lebih dari lima cowok lebih ha ha, apalagi sepuluh cowok, tinggal ampasnya doang, maaf beribu maaf bukan merendahkan wanita tapi itu kenyataannya dibenak cowok. Cowok playboy pun akan berusaha mencari wanita cantik namun masih lugu yah yang pertama atau jam terbangnya masih rendah he he. Itu naluriah.

Balik lagi. Jadi wanita tertarik pada pria di fase pertama, bukan karena sisi romantisnya. Bukan karena sisi bertanggung jawabnya, bukan karena sisi baiknya. Yah kayak di film drakor sisi perjuangannya seperti menunggu di luar rumah si wanita sambil hujan2an membawa bunga ha ha, maka wanita langsung menerima dia sebagai pacarnya, tapi realnya ha ha yang ada wanita itu stres gimana menolak anda la wong dia belum tertarik, yah namanya juga film, co cwet. Ya off couse hal2 itu penting agar wanita nyaman, tapi itu di fase 2 misal saat dia marah ke anda maka untuk meredam kemarahannya dengan hal2 romantis, dengan syarat dia udah tertarik dulu. Walau ada wanita yang akhirnya menyerah yang penting dia nyaman karena cuman anda yang ngede ketin dia, namun hati2 jika ada pria lain yang bikin dia tertarik (timbul chemistry) bisa2 anda pria dicampakkan/putusin.

Jadi tetap ada satu fase yang tidak bisa dilompati, Fase 1 Pre-Relationship yang harus buat hatinya tertarik dulu, harus buat hatinya terpesona dulu, terpikat dulu dengan sesuatu yang sifatnya berbeda, intrik, sesuatu yang sifatnya menyenangkan, sehingga memunculkan chemistry nya, nah chemistry itu ada di Fase pertama.

Chemistry itu tidak ada di Fase Kedua (Kenyamanan), chemistry itu bicara soal masalah asik, seru, greget, penasaran, sensasional. Jadi sebagai pria itu yang harus kita lakukan ketika ingin mendekati wanita. Jangan fokus pada apa yang dia bilang, apa yang dia mau. Jangan fokus pada kriteria2 pria yang menurut dia sexy. Fokus aja yang membuat dia ketawa, kesel, bikin dia geregetan sama anda.

Pada Fase pertama alias pedekate, jangan fokus pada kenyamanan, jangan fokus pada mengisi kebutuhan dan kriteria idaman dia. Karena semua pria yang deketin dia melakukan hal yang sama, jadi otomatis anda tidak akan dilihat oleh dia. Buat dia tertarik dulu, buat anda beda dari yang lain. Sekian. Udah panjang bener ternyata, biarin deh, bingung nge-cutnya.

Love better, Life better.

Kang jay


Kamu cewek sebaiknya harus bikin saat kopdar atau kencan pertama seramah mungkin, se-fun mungkin, senyaman mungkin, kenapa coba? Biar ada second date? tapi jika anda wanita tidak demen2 banget atau bahkan merasa dibohongi tidak seperti di foto misal ternyata pendek atau kelihatan tua, tapi tetep ya harus dibikin fun juga, kenapa? Menurut saya alasan paling benar adalah menghargai DIRI SENDIRI.


Karena saat kopdar sama dia kan kamu wanita sudah buang waktu. So why do your time dengan garing ring? Why? Ketika kamu sudah NGABISIN WAKTU mau pergi sama orang artinya bisa 3-5 jam kebuang dijalan dan ditempat ketemuan. Kalau kamu diem, garing, main hape gara2 ngerasa dipandangan kamu ternyata dia bukan tipe kamu, atau kamu coba jaim dulu ah, itu wasting time, ngapain keluar, gak usah keluar dirumah aja nonton drakor liat cowok2 cute lihat kisah romantis mereka.

Tapi kalau udah mau keluar ama cowok, please have fun. Bukan buat dia tapi buat diri sendiri karena diri kamu berharga, waktu kamu berharga, jangan disia2in dong. Enjoy aja ketawa ketiwi ngobrol bercanda segala macem abis itu ternyata ga ada feel atau gak mau pergi sama dia lagi ya udah. No problem, tapi jangan disia2in waktu kamu, apalagi kamu ditraktir si cowok tersebut maka hargai uang dia. Jangan sampai udah jaim jutek eee ngebungkus ha ha.

Lain cerita jika kamu tertarik dengan dia, kamu pingin jadian, maka bukan hanya have fun tapi kasih moment yang enak buat dia, yang pasti dia juga memorable. Habis pulang dari kopdar, jangan lupa bilang "Terima kasih ya, I had a good time, thank you". Dijamin dia bakal kontek lagi.

Pun bukan yang kamu sukai, setidaknya kamu memberi kesan kamu wanita ramah dan fun, walau jawaban klasik berikutnya kamu maunya temenan aja hehe. Menjadi ramah fun itu juga akan melatih kamu dalam pergaulan sehari-hari, dan siapa tahu kesan kamu yang ramah dan fun menyebar ke seantero penjuru dunia AN (misalnya) sehingga menarik cowok2 kece badai dan mapan. "Eh si A ramah, fun, rame, bakal asyik dijadiin istri gak ngebosenin, tapi sayang dia gak tertarik sama gua." Laki-laki juga punya otak bakal sadar diri alias mau undur diri, tapi di memori dia tuh kamu ramah fun rame, suatu saat jika kamu mentok dan dirasa dia adalah pilihan yang tersisa ha ha, maka gampang aja kamu hubungi dia lagi, pasti dia welcome kok.

Ingat wanita ramah, fun dan baik itu banyak temennya. Kebaikan kamu juga bakal dihargai sebagai tabungan kebaikan yang bisa dicairkan untuk membantu kamu disaat susah dalam relationship nantinya. Banyak manfaatnya deh, selain kamu berusaha menghargai diri kamu sendiri.

Begitupun juga buat pria, jadilah pribadi yang ramah dan fun. Jangan karena lihat dia ternyata tidak sama dengan difoto atau saat vcall doi pake hape jadul jd ga keliatan jelas, atau saat ketemu pertama itu kamu gak nemu feel ke dia lalu cuek selama kopdar bahkan pura2 diem atau ketoilet saat pelayan mau kasih bill. Janganlah, kita pria harus lebih menghargai wanita siapapun dia, itu sudah kodrat kita pria.

Kang Jay
Pages: 1 2 3 Next
advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo