⁣Biaya Nikah Dibawah 33jt Untuk 250 Tamu ditulis oleh Jayadiningrat


Eehhm menikah dimasa Pendemi ada susah dan senangnya, susahnya kita harus hati2 menentukan tanggal nikah jangan sampai berbarengan dengan lockdown yang tentu akan mengakibatkan diundur acaranya, senangnya kita bisa meminimalisir budget untuk Resepsi tanpa banyak orang protes hehe.

Bahkan trend saat ini yaitu hanya akad sederhana dan mengundang beberapa keluarga inti saja ternyata tidak mengurangi syahdunya pernikahan, dengan tanpa banyak protes dari keluarga besar dan tetangga, "Kok saya tidak diundang?" "Jaga prokes Tante, maaf, juga kasihan Tante datang dari luar kota padahal lagi tinggi2nya Tan" ha ha ha.

Namun ada keluarga lain memutuskan menikahkan anak2nya dengan resepsi, atau pasangan itu sendiri tetap ingin ada resepsi namun tidak sampai ribuan cukup misal dihadiri 250 orang. Tentu di masa pendemi ini, jika lokasi Resepsi di DKI Jakarta atau Ibukota Propinsi rada susah terlaksana, mungkin contoh dibawah ini lebih ke di daerah ya, misal di Purwakarta, Cimahi, Purwokerto, Jombang dll


Lalu kalau misal kita nih punya budget dibawah 33jt namun masih ingin resepsi dengan 100 undangan plus keluarga inti kisaran 20-30 orang yah total 250 orang maka kira2 cukup kagak budget 33jt itu?

Saya punya temen terjun di bisnis Resepsi Pernikahan didaerah Bandung, dia sebelumnya adalah Wedding Organizer dengan budget diatas 100jt, namun karena pendemi dia memutar otak agar tetap laku dimana dia bikin paketan dibawah 20jt, ya murah meriah namun laris manis, tentu dengan budget segitu tanpa WO, catering dan printilan, hanya dapet yang ada List paketan saja.

Dengan paket murah ini, hampir setiap weekend kecuali sasi suro ada aja yang menggunakan jasanya 2-5 pernikahan sederhana.

Ketika saya baca selebarannya cukup menarik, ada paket termurah 15jt unt 250 orang terdiri dari:
- Pelaminan 5 meter berikut ornamennya
- Dekorasi bunga basah & kering
- Tenda 4 lokal
- Makeup pengantin dan baju pengantin 3 kali bisa pilih biasanya sih putih, mocca dan abu
- Foto 100 shoot.
- Pakaian ibu hajat & ibu besan.
- Seragam pagar ayu 4 & seragam parasmanan 4
- Meja parasmanan 6 meter, berikut alat parasmanan, piring-sendok-garpu 200 set.
- Kursi plastik 100 & Meja tamu 2, berikut cover kursi dan meja.
- Blower 1, Genset 1 dan penerangan.
- Sound system sederhana tanpa organ tunggal.



Namun saya yakin kadangkala harga segitu suka ada tambahannya, misal harus menyesuaikan dengan lokasi, atau dari keluarga ada tambahan2 yang kadang kita sendiri tidak bisa prediksi diawal. Misal ada tambahan tenda, kompor, terpal saat hujan, shooting video, nambah2 makeup keluarga dll. Sehingga dana cadangan perlu disiapkan. Oiya, lokasi diasumsikan di rumah dengan halaman atau jalanan rada luas, atau jika digedung tentu ada biaya tambahan untuk sewa gedung.

Dengan memilih paket 15jt dan ada dana cadangan 3jt tujuannya agar ada antisipasi over budget, dibanding ambil langsung paket 18jt. Menurut saya sudah lumayan low budget (minim banget) hehe.

Untuk Catering parasmanan, bisa pilih2 dari vendor yang dirasa menarik,murah,enak & berkualitas, sebagai gambaran aja salah satu vendor chatering menawarkan 40rb/porsi untuk 250 tamu dengan konsep masakan nusantara. Perlu diingat bahwa jangan hanya ngejar murahnya aja tapi juga harus memperhatikan kualitasnya, coba tanya2 ke teman, saudara dll. Jika sudah sreg harga cuocok bisa kita minta coba rasa saat si vendor ada acara atau bisa didapurnya. Ini penting, jangan sangan undangan kecewa dengan makanan yang kita sajikan. Untuk 40rb/porsi untuk 250 orang, menu yang ditawarkan nasi putih, ayam lada hitam, mie goreng, capcay, kerupuk, buah, dan air gelas, plus gubuk ice cream 100 porsi dan gubuk siomay 100 porsi. Biaya catering sebesar 10jt + dana cadangan 1jt sehingga Total catering 11jt.



Selain biaya diatas ada biaya printilan hehe, misal:
- Undangan 100 bisa beli online 2bln sblm hr-H 350rb
- Souvenir 100 500rb
- Buku tamu 1, masker 2box & Hand Sanitizer 4 250rb
- Backdrop Foto Instagramable unt tamu dgn hiasan2nya 900rb
- Hiasan janur kuning berikut tiangnya 200rb
- Doa bersama dan pembentukan panitia 800rb
- dll seperti kain putih untuk akad 500rb
Total printilan 3,5jt



Mari kita total=
Total Paket + Catering + Printilan = 18+11+3,5 = 32,5jt.

Jadi kapan nih???? Ditunggu kabar baik dan undangannya ya teman-teman warga AN. Kalau saya sudah pernah, jadi berikutnya cukup akad dan acara sederhana keluarga inti saja.

Kang Jay


Post Sebelumnya     
     Next post
     Blog Home

Dinding Komentar

Belum ada komentar
You need to sign in to comment
advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo