⁣Lebih Mulia Mencintai dari pada Cinta ditulis oleh Jayadiningrat


Kalau orang cinta kemudian mencintai itu tidak aneh. Tapi kalau orang kurang cinta tapi mencintai itu tangguh.


Misal nih banyak lah dari kita yang tidak suka sholat tapi kita menjalaninya rutin walau dengan dipaksa namun karena ikhlas maka kita tangguh. Lama2 kangen jg denger suara Adzan untuk segera sholat. Yang kagak rajin sholat, cuman masalah kurang dipaksa aja.

Kalau dalam ilmu psikologi, kalau kita ingin menjadi orang tangguh maka belajarlah melakukan sesuatu yang tidak kita sukai. Asal ukuran moralnya jelas ya, bukan hal negatif.

Misal nih seperti saya dulu tidak suka makan pare. Nah kalau ingin jadi orang tangguh ya makan pare. Tiga bulan makan pare terus. Kalau kita terbiasa makan pare yang tidak disuka maka kita akan jadi orang tangguh. Awalnya pahit namun setelah baca2 khasiatnya seperti menurunkan gula darah dll, kok merasa ada yg kurang alias ngerasa gula darah tinggi kalau kagak makan pare. Padahal jelas pare itu pahit tapi karena kebiasaan ngunyah ya pahit jg, eh intinya terbiasa.

Anda pikir tentara latihan itu seneng? Push-up, merangkak, lari keliling puluhan kali, itu tidak seneng. Tapi karena dia melakukan apa yang tidak dia sukai maka dia menjadi tangguh.

Maka kita cari suami atau istri jangan soal cinta atau seneng saja. Seneng bisa kita bangun dengan pengabdian dan tanggung jawab. Nanti cinta itu akan tumbuh, seperti tentara kebiasaan latihan fisik maka sehari tidak latihan badan pegal2 semua. Begitupun kita, sehari tidak ketemu serasa sewindu lamanya.

Jangan misal nih pedekate ama cewek kemudian 2 atau 3 bulan kagak jadi. Ditanya kenapa? Mulutnya telalu lebar hwahaha. Gagal deh, terus ketemu cewek lagi, tapi lho kok gak jadi lagi kenapa? Setelah dibuka jilbabnya ternyata jidatnya cenong. Nah, kita akan terus2an cari kelemahan aja. Terus ketemu lagi tapi kenapa gak jadi? Kakinya mbecak njebebeh. Ya gak dapat2 istri.

Jadi, berkaca pada salah satu kasus diatas, misal tidak suka karena jidatnya, jangan lantas segera memvonis putus. Biasakan kita memandangi jidatnya, bandingkan jidatnya dengan artis2 hollywood misal reese whitherspoon...sapa gitu lupa. Paksa mencintai, maka pelan2 cinta itu akan tumbuh dan menjadi hal biasa melihat jidatnya yang seperti manusia purba hehe. Pengalaman pribadi, itulah istri saya dulu kala, namun makin digali ternyata banyak sisi positif didiri istri seperti kesetiaan, pengabdian dll yang melebihi jidat cenongnya. Saya juga melihat paha istri saya dulu bercahaya seperti kenarok melihat paha kendedes, pak harto melihat paha ibu tien, ayah sy menikahi ibu sy sbg istri kedua. Yah mitos kejawen bahwa paha wanita yang bercahaya bisa membuat suaminya jadi penguasa atau orang sukses. Tapi jangan juga demi cari istri maka buka2 paha orang demi melihat bercahaya atau tidak. Maaf malam ini rada ngelantur. Sekelimut ketak-ketik.

Kang Jay

Post Sebelumnya     
     Next post
     Blog Home

Dinding Komentar

Belum ada komentar
You need to sign in to comment
advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo