BLOG TULISAN Jayadiningrat


Sedikit terhenyak kata-kata paman saya, ketika dia yang Ustadz ingin menjodohkan saya dengan anak teman bisnisnya,


"Om sudah janji ke teman Om, supaya sopan ayo kamu datang aja dulu. Jadwalin ke Lampung, deket tinggal naik pesawat dari Halim atau naik travel. Datang, kenalan. Seterusnya terserah kamu."


"Jodoh memang ditangan Allah. Tapi Allah juga menghendaki jodoh yang sudah ditetapkan-Nya untuk kita cari, kita pilih. Karena yang berharga bukan yang menunggu. Yang berharga adalah usaha itu sendiri."


"Ini bukan soal penantian, tapi lebih pada pengorbanan kamu. Lebih pada perjuangan kamu untuk mendapatkan dia. Semakin besar usaha kamu....semakin baik jodoh dan pasangan kamu."


Dalem..............serasa menjadi muda lagi....on fire....

Semakin kusadari pentingnya keluarga dalam hidup....

...dan ceritaku tak harus sama dengan kisah papah.

Saatnya melangkah ke hari yang baru. Meski mungkin tertatih.



Teringat petuah kyai langitan yang bersahaja setingkat waliyullah, ngendiko:


"Yang namanya menikah itu mudah. Yang berat itu berkeluarga. Karena pengorbanan dalam berkeluarga itu cuma bisa diakhiri dengan kematian."

"Yang terberat dalam berkeluarga yaitu kita tidak bisa menjadi diri kita sendiri lagi. Semua pengorbanan nantinya untuk anak kita. Hidup sudah bukan untuk diri sendiri lagi."


Jadi saya tarik kesimpulan, pengorbanan adalah ibadah. Berkeluarga harus diperjuangkan sampai mati, seperti perjuangan para syuhada, semoga diberikutnya saya duluan agar tidak ada kesedihan menjadi yang tertinggal. Hiks.


Lanjut......


Tidak ada perempuan yang mau diajak susah. Tapi semua perempuan tahu bahwa hidup tidak selamanya penuh bunga dan pelangi. Akan ada badai dalam bentuk apapun. Tugas kita pria jika menjadi suami ada dua. Yang pertama, pastikan bukan suami yang bawa badai itu. Dan yang kedua, suami adalah yang membawa bunga dan pelangi untuk istri.


cuite.....


Kang Jay



"Saya seorang istri baru menikah 2 bulan ini dengan seorang duda beranak satu, sebelumnya saya adalah janda tanpa anak. Suami saya bekerja sebagai supir rental sedang saya sebagai resepsionis gedung, yang mau saya tanyakan adalah lebih berhak manakah Kang antara menafkahi istri atau anak kandung suami karena anak suami setiap minggu dikasih uang untuk sekolah dan semua keperluannya ditanggung oleh suami saya. Sedangkan suami makan dari uang saya, ya suami baru-baru ini aja memberikan nafkah kepada saya 1 juta sebulan, padahal keperluan suami seperti rokok dari dompet saya terkadang suami juga suka ngeluh tentang keperluan anaknya ke saya dan saya akhirnya membelikannya. Bagaimanakah saya bertindak Kang..."


Baik akan saya jawab, begini Teh, semuanya wajib harus diberi nafkah, anak harus diberi nafkah dan istri harus diberi nafkah. Nah sebaik-baik istri adalah membantu suaminya untuk melaksanakan kewajibannya, jangan dilarang suami untuk memberi nafkah anak-anaknya.


Namun seorang suami wajib berusaha bekerja keras mencari nafkah, tidak dibenarkan ongkang2 atau foya2 menghamburkan hasilnya. Seandainya memang suami mungkin tidak mampu dan menganggap anda sebagai istri mampu untuk berdiri sendiri, sementara anaknya masih sekolah dan tidak bisa makan kalau tidak diberi nafkah maka tidak ada salahnya jika anda dengan sukarela merelakan suami menafkahi anaknya. Bahkan anda bersyukur anda bisa membantu suami, maka itu akan menjadi amal baik. Seperti yang disebutkan dalam hadist Nabi bahwa seorang wanita yang memberi nafkah pada suaminya adalah hal yang baik. Lapangkan hati karena itu akan jadi pahala bagi anda, akan lebih baik anda menata hati semacam ini daripada anda terus dirundung kesedihan, capek, marah dan seterusnya.


Jangan sampai Anda malah menjadikan dia tidak baik. Misalnya Anda melarang dia ngasih anaknya, melarang sesuatu yang kewajiban adalah dosa.


Namun jika anda merasa tidak adil maka dalam Islam kan ada aturannya. Jika seorang istri tidak diberi nafkah oleh suami maka sang istri bisa mengajukan ke mahkamah untuk minta cerai. Karena kebutuhan seorang Istri yaitu makan kan gak bisa ditunda minggu depan bulan depan, juga kebutuhan pakaian dan tempat tinggal juga harus dipenuhi.


Kecuali, nah ada kecualinya nich, kecuali bagi seorang istri yang bisa memenuhinya sendiri dan sudah merelakannya ya itu indah.


Kadang nich seorang istri tuh mungkin hanya perlu pencerahan saja, anda bertanya mungkin anda sangat butuh perhatian suami anda bukan soal nafkah ke anak tapi nafkah perhatian ke anda yang dirasa anda belum cukup.


Tentu saya tidak menganjurkan perpisahan karena berpisah anda menjadi tidak punya suami. Coba dipikir lagi, punya suami masih lumayan anda mendapatkan walau 1jt perbulan. Daripada sudah tidak bisa suami tidak dapat 1jt perbulan. Sehingga sebagai wanita sebaiknya berpikir smart walau minus nafkah lahir namun dapat nafkah batin, masih lumayan daripada nggak punya suami enggak nafaqoh lahir dan bathin haha manyun kan. Tapi seorang suami jangan seenaknya naudzubillah ongkang2 tak ada tanggung jawab hanya memberi kebutuhan batin saja tanpa nafaqah dhohirnya ya haram kecuali suami adalah mencari nafkah lalu tidak mendapatkannya maka tidak dosa. Namun jika anda mentok juga artinya tanpa nafkah lahir maka anda tidak bisa makan dan anda tidak bisa mencari nafkah sendiri ya tentu seperti disuruh mati, ya silahkan mengajukan cerai.


Namun setahu saya, rezeki karena pernikahan itu luar biasa lho. Satu rezeki manusia digabung menjadi dua rezeki suami-istri itu perlahan2 meningkat. Mungkin karena baru 2bln, rezeki suami anda saat ini baru cukup untuk dia dan anaknya. Perlahan biasanya ada aja jalan rezeki, dimana rezeki anda akan masuk ke suami dan memberi jalan untuknya terus meningkat, dari nafkah 1jt jadi 2jt bahkan 5jt dst. Doa istri juga sangat mustajab, karena gaji saya naik 10x lipat lebih dalam kurun waktu 10th setelah nikah (1997-2007). Makanya sekarang terus terang rada merasa merugi, tanpa istri jadi kurang yang mendoakan, salahnya saya kagak nafaqoh anak yatim piatu, posisi stuck namun gaji naik sih ngikuti inflasi 5-7% hehe.


Semoga ini menjadi damai, setelah ini suami anda berusaha mencari nafkah dengan lebih baik, dan anda sebagai istri pun dengan penuh kelegaan bisa membantu suami. Subhanallah bertemu dalam cinta saling membantu dalam kebaikan, saling menolong dalam kebaikan. Semoga mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akherat. Aamiin.


Kang Jay


"Kang, kalau kita menikah dengan suami orang

termasuk jodoh atau bukan?"


Baik terima kasih atas pertanyaannya, jawabannya, selagi itu dengan cara yang halal ya jodoh. Hanya yang perlu diperhatikan yaitu agar berbekal ilmu. Jadi ilmu dari Allah yang diajarkan ke Nabi Muhammad itu perlu dimiliki oleh siapapun. Suami yang mau nikah lagi itu harus ada ilmunya karena kalau tidak masuk wilayah dosa sebab di situ ada tanggung jawab bukan sekedar main2 senang2 apalagi naudzubillah bangga2an istrinya banyak. Kalau menjadi istri kedua pun harus ada ilmunya, niatnya harus bener dan sebisa mungkin jangan merusak hubungan suami dengan yang sebelumnya, bahkan mungkin selalu mengingatkan suami agar tetap baik-baik dengan yang pertama dan seterusnya. Adapun di saat menjadi istri yang pertama juga harus berbekal Ilmu juga sebab kalau tidak akan jadi berantakan karena permusuhan pertikaian dan segala macam sehingga menikah yang semula menjadi kebaikan menjadi tidak baik.



Makanya saya menghimbau kepada para wanita kalau pengen menikah, ya sebisa mungkin carilah laki-laki yang tidak punya istri biar dia adalah untukmu saja. Cuman Jika ternyata Anda harus menikah dengan yang punya suami ini ya tetap jodoh akan tetapi anda harus berbekal akhlak yang tinggi Akhlak Yang Mulia dan poligami jangan bikin main-main.


Untuk kaum pria juga bukan sekedar urusan seks urusan suami istri akan tetapi ada tanggung jawab di balik itu semuanya, jangan coreng Islam. Poligami itu dihadirkan dalam Islam untuk solusi kemuliaan, solusi untuk menggapai kemuliaan dan kebaikan jangan menjadi ternodai dengan perilaku sebagian orang yang berpoligami karena tidak memenuhi rambu-rambunya atau bahkan poligami yang dipaksakan hanya karena bangga2an. Nikah bukan untuk bangga2an tapi punya anak sholeh itu yang dibanggakan atau membanggakan istri solehah.


Jadi mohon kepada kaum pria dan wanita jangan menjadikan poligami ini bahan guyonan. Suami kalau ngumpul bersama temen2 prianya itu omongannya dikit2 poligami. Kalau emang ternyata harus poligami maka jalankan dengan benar karena Allah dan dengan tanggung jawab selesai.



Ibu-ibu juga jangan dikit2 ingkar poligami. Awas nanti malah dihukum suamimu poligami, karena ini syariat dari Imam Muhammad cuman jika ibu tidak ingin suami poligami maka ikat suamimu agar tidak bisa berpoligami dengan cintamu, pengabdianmu dan seterusnya. Tapi jangan menantang poligami karena poligami itu ada dan poligami ada aturan mainnya yang ssehingga dari kedua pihak hendaknya menyadari itu syariat nabi, yang laki-laki jangan main-main yang perempuan jangan juga gampang ingkar poligami.


Kita suka lihat wanita ngomong ketika ada wanita yang mau dipoligami dianggap picik, mau rebut suami orang.

Trus jika ada seorang suami berpoligami maka dianggap istri pertama tidak bisa menyelesaikan problem atau tidak benar melayani atau gagal bla2 trus istri kedua dianggap pelakor. Memang repot model-model pandangan poligami kayak gini, jadi nih ya poligami ini syariat, jangan dibuat main-main yang jadi bahan guyonan.


Saya nggak tertarik dengan beberapa pria saat ngumpul trus tanya istri berapa ente. Saya mikir satu istri saja ngajak ngaji enggak bisa-bisa apalagi istri dua istri tiga. Mari kita jaga syariat nabi sebagai syariat jangan jadi bahan guyonan. InsyaAllah yang sudah yang bersuami maka istrinya hanya satu saja namun bahagia. InsyaAllah yang sudah terlanjur berpoligami maka diberi kebahagiaan juga. InsyaAllah bahagia semuanya. Aamiin.


#kesibukan_melambat_saatnya_bikin_blog


Kang Jay


Perkembangan teknologi begitu pesat, salah satu nya adalah Artificial Technology.


Saya mencoba suatu aplikasi di web yang dibuat oleh Elon Musk dan team, bisa diakses di :

https://chat.openai.com/chat


Cukup mengagumkan, mampu belajar dgn cepat mempelajari karakter saya dan menjawab dgn lumayan menghibur. Wajar jika kang Emil (RK) dalam membuat Naskah Pidatonya suka memanfaatkan AI, dgn beberapa kata kunci, dalam sekedip mata keluar naskah pidato empat lembar.


Iseng saya tanya ke OpenAI ini : "Coba buat karangan tentang 'Mencari Cinta'". Dijawabnya:


Mencari cinta adalah sebuah proses yang penuh dengan kegembiraan, tetapi juga penuh dengan rintangan dan kekecewaan. Setiap orang pasti pernah merasa seperti sedang mencari cinta, baik itu cinta romantis, cinta dari orang tua, atau cinta dari teman-teman dan saudara-saudara.


Mencari cinta memang tidak mudah, terutama jika kita tidak tahu harus mulai dari mana. Kita mungkin merasa ragu, takut, atau bahkan tidak percaya diri saat mencari cinta. Namun, jangan pernah menyerah. Mencari cinta adalah sebuah proses yang terus berlangsung, dan kita harus terus berusaha dan belajar dari setiap pengalaman yang kita dapat.


Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru, bertemu dengan orang baru, atau mengeksplorasi minat dan hobi kita sendiri. Semua itu akan membantu kita menemukan cinta yang tepat. Jangan lupa juga untuk memperhatikan orang-orang di sekitar kita, karena cinta mungkin datang dari tempat yang tidak terduga.


Akhirnya, jangan lupa untuk selalu percaya pada diri sendiri dan kemampuan kita untuk mencari dan menerima cinta. Cinta adalah sesuatu yang indah dan merupakan bagian penting dari kehidupan kita. Jadi jangan pernah menyerah dalam mencari cinta, karena cinta pasti akan datang kepada kita di suatu saat nanti.


Kang Jay


Masa depan sudah didepan mata.



Pabrik bayi sebentar lagi direalisasikan. Program memiliki bayi tanpa perlu mengandung, cukup pake sperma dan sel telur maka bayi bisa diproduksi dipabrik bayi dan siap dikirim setelah lahir dari rahim sintetis berteknologi AI (Artificial Technology) dikombinasikan dengan big data system dan machine learning. Anda bisa terus memonitor perkembangan janin via smartphone atau VR (Virtual Reality) handset, bahkan mengirimkan suara anda atau lantunan Al-Quran ke janin.



Kapasitas produksi satu pabrik bayi adalah 30 ribu pertahun, menerapkan green energi dgn tenaga surya dan angin. Nantinya setiap negara yang bersedia akan dibangunkan pabrik ini, dengan skema bagi hasil dengan pemerintah/swasta, terutama jepang dan korea yang makin sedikit jumlah kelahiran bayi. Sebelum diproduksi masal, rahim sintetis ini sudah diuji coba pada Maret 2021 dan sukses menghasilkan bayi sehat dan lucu.


Pemerintah juga bisa terlibat langsung jika pertumbuhan penduduk tetap lambat dengan membuat anak asuh negara, dengan kapasitas produksi 30rb maka bisa merekrut sukarelawan 10rb wanita 10rb pria untuk menghasilkan tiga embrio terbaiknya. Setelah lahir dibiayai negara dalam asrama dan setelah dewasa anak2 tersebut bisa bekerja untuk negara sebagai ASN, TNI, Polri dll. Metoda ini juga bisa diimplementasikan untuk membangun koloni baru di Mars, atau kota didalam samudera.



Kalian para wanita tidak perlu bingung misal rahim bermasalah bahkan rahim telah diangkat, faktor usia, atau takut kesakitan saat hamil dan melahirkan dsb. Ada rekayasa genetik dari gen anda bila tidak ada sperma atau sel telur karena mandul, walau kurang dari 30% adalah gen anda namun anda memiliki keturunan lho. Teknologi pembuatan sperma adalah teknologi lama sudah ada satu dekade yang lalu, dengan memanfaatkan sel pria yang ditemukan di testis, dinamai Spermatogonia, dirubah menjadi sperma matang. Begitu juga teknologi lama dalam membuat sel telur, dimana sel kulit atau sel darah dapat diprogram ulang menjadi sel induk kemudian menjadi sel telur.


Untuk pemilihan gender janin juga sangat mudah dengan teknologi era 80'an, jika ingin mempunyai bayi perempuan maka sperma akan dipisahkan dan hanya diambil kromosom X. Namun, jika ingin memiliki bayi laki-laki, tentunya sperma yang dipisahkan akan diambil kromosom Y-nya. Sederhana.



Anda juga bisa melakukan editing genetik dari embrio anda, teknologi editing yang digunakan adalah CRISPR-Cas 9 yang bisa edit sampai 30 gen, sudah banyak diujicoba walau akurasi masih dibawah 70%, yang mampu merubah warna mata/rambut/kulit, kecerdasan, kekuatan fisik, tinggi, bahkan memperbaiki penyakit bawaan. Ketakutan anda misal Anda pendek, maka anak anda bisa direkayasa agar berpotensi tinggi. Untuk mendukung pabrik bayi ini juga akan dibangun fasilitas bank sperma dan sel-telur, sehingga jika anda pingin anak bule maka anda bisa pilih sperma/sel-telur spanyol, jerman atau inggris namun hindari aborigin hehe.


Sebelum bayi dikirim dari pabrik, maka akan di test DNA dulu untuk memastikan secara genetik adalah bayi anda. Pengiriman bayi aman, cepat dan praktis bahkan anda diberi garansi pada beberapa bulan pertama. Manual book untuk merawat bayi spesial ini juga diberikan gratis. Cukup siapkan uang anda untuk memilih paket bayi apakah pilih standard atau customized. Tidak ada fasilitas buy back, buy 1 get 1, grup discount atau garansi seumur hidup. Kisaran paket standard sekitar 150jt dan akan semakin murah dengan subsidi dari pemerintah atau banyaknya pabrik bayi.


Apakah Anda tertarik ?


Beberapa tantangan berikutnya dalam pengembangan teknologi ini seperti memepercepat proses dirahim sintetis misal 9 bulan jadi 6 bulan, rahim sintetis portable yang bisa dibawa pulang, customisasi gen secara online, rekayasa kecantikan dan ketampanan, asupan makanan janin yang hemat ramah lingkungan namun tetap bernutrisi tinggi, memprogram otak bayi selama dalam rahim sintetis menjadi misal tipe penurut leader atau pekerja, transplantasi chip yg terhubung ke otak setelah lahir agar cepat belajar dan berbicara dsb. Semoga bukan hanya peneliti luar negeri namun ada peneliti dari Indonesia yang berkontribusi aktif. Colek neng cantik dari malang, penelitiannya jangan itu2 aja.


Kang Jay.

Nama2 Istri.............




advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo