Pacaran Islami ditulis oleh Jayadiningrat

Saya baru-baru ini dibuat senyum, ada anak management trainee dikantor saya, saya tanya sudah punya pacar belum, dijawab sudah, saya tanya lagi ya udah dilamar aja kan udah kerja, dijawab belum dulu pak toh kita pacarannya islami kok. Baiklah.

Well, pacaran islami. Saya pikir kagak ada pacaran islami. Saya tidak tahu mungkin pacaran islami itu, sebelum dimulai baca bismillah, setelah mencium baca alhamdulillah.

Didalam islam ada yang disebut Ta'aruf, ini lebih tepat dari pada pacaran. Namun ada suatu perkumpulan aliran di Jakarta yang sangat aneh bin unik di daerah kebayoran baru, anggotanya menikah hanya dengan dijodohkan oleh Ustad nya tanpa tau wajah, suara apalagi sifatnya. Pokoknya datang di hari H beserta keluarganya terus menikah ditempat sesingkat2nya. Titik. Kenapa tahu, soalnya paman saya ikutan dan percaya sama ustadnya 100% bahwa pilihan ustad pasti tepat haha, cuman dikasih tahu umur status dan pendidikan terakhir, paman saya asyik2 aja karena dia pengangguran waktu itu, tapi alhamdulillah sudah 30 lebih menikah rejeki dimudahkan punya rumah dua dan mobil serta masih harmonis.

Padahal di Islam sendiri tidak begitu juga. Di Islam tetap disuruh ta'aruf. Disuruh supaya saling mengenal. Karena di zaman Nabi Saw., ada orang yang mau nikah hanya dengar suaranya. “Enggak usah, ya Rasulullah. Saya sudah dengar suaranya.” “Lihat dulu.” “Enggak usah, ya Rasulullah.” “Lihat dulu.” “Enggak usah, ya Rasulullah, baru dengar suaranya saya sudah senang.” “Jangan, karena belum tentu orang itu.” Ya kan ada orang yang suaranya merdu, tetapi wajahnya tak sesuai harapan. Suaranya menarik, tetapi wajahnya mendorong. Penyiar radio itu suaranya sangat bagus tapi fisiknya tidak jelas. Mungkin kita bukan pemuja fisik namun setidaknya kenalilah agar passss ssu....... Di AN pun begitu, jangan cuman lihat foto dan chat nya aja udah mau diajak nikah, giliran video call atau ketemu tiba tiba lari tunggang langgang.

Jadi kenalilah dulu dalam koridor Islami, ada medianya yaitu Ta'aruf. Namun kalau pacaran, jangan deh.

Kang Jay

Post Sebelumnya     
     Next post
     Blog Home

Dinding Komentar

Belum ada komentar
You need to sign in to comment
advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo