Tanggung Jawab Suami ditulis oleh Jayadiningrat

Daripada sepi saya ngeblog lagi ah ha ha. Sore ini mendadak ada anggota wanita AN yang nanya ke saya, "Enak dong kang jadi suami, dilayani bak raja oleh istri agar bisa masuk surga. Karena ada juga wanita yang cari nafkah iya sebagai istri dan ibu iya".

Ya ada enaknya ada susahnya. Tugas suami itu sejatinya berat yaitu menjaga dirinya, menjaga keluarganya, supaya tidak masuk neraka. Wajar jika istri harus menghormati suami. Coba, gaji suami untuk istri tetapi gaji istri tidak untuk suami. Sementara dosa istri, suami ikut tanggung jawab. Tetapi dosa suami, istri tidak usah tanggung jawab di akhirat.

Intinya, suami dan istri bukan untuk dibanding-bandingkan melainkan semuanya punya porsi masing-masing.

Kadang-kadang saya perhatikan kalau suami yang dominan memang ada sisi negatifnya tetapi positifnya lebih banyak. Sedangkan, kalau istri yang dominan, itu negatifnya lebih banyak daripada positifnya hehe iya apa iya?. Maka, diperlukan saling pengertian. Bagaimana hubungan suami istri itu yang penting adalah saling pengertian.

Kalau ada suami kaya tetapi pelit, hadist-nya jelas, istri boleh mencuri harta suaminya. Suaminya gajinya banyak tapi jatah ke istri sedikit, hingga istri makannya yang menunya 5 K: Kara, Kubis, Kerupuk, Kangkung, sama Kecap terus. Ada istilah “setereo”. Sego Setengah Tempe Separo. Sampai kurang gizi. Tapi istrinya pengertian, ya keluarga bisa terus harmonis.

Ada kala istri punya dominasi dalam finansial atau keuangan rumah tangga? Ini juga tidak sepenuhnya si suami dipersalahkan, karena kondisi tertentu kadang aksesibilitas suami itu tidak semudah istri. Karena, ada bidang-bidang pekerjaan yang suami itu sulit untuk menembusnya tetapi istri justru lebih mudah mendapatkannya. Kadang-kadang kita tahu bahwa ada lamaran-lamaran pekerjaan malah yang diprioritaskan adalah wanita, apalagi kebetulan istri masih kutilang (kurus tinggi langsing) ditambah wajahnya menarik. Artinya, kadang-kadang enggak fair padahal pria tulang punggung keluarga. Terus terang aja saya perhatikan, negara kita ini kadang-kadang memberi peluang lebih kepada wanita di dalam bekerja, sementara suami kadang-kadang aksesnya kurang. Makanya banyak yang setelah cerai, eh malah si istri yang bisa survive, sedang sang suami gitu-gitu aja alias tetap melarat ha ha.

Di zaman Rasulullah. pernah putrinya yaitu Fatimah Al-Zahra juga bekerja. Karena, waktu itu Ali berdagang tapi keadaannya sepi, maka Fatimah bekerja pada orang Yahudi sampai mengadukan ke Rasulullah bahwa tangannya kapalan, kemudian Rasulullah menasehatinya "Kamu jauh lebih baik bekerja seperti itu untuk mendapatlan rezeki halal, untuk mengobati kelelahanmu ucapkan dzikir subhanallah 33x, alhamdulillah 33x, Allahuakbar 34x. Jadi genap 100x". Dzikir ini akhirnya terkenal dengan sebutan "Dzikir Fatimah". Dengar dzikir ini, kelelahannya bekerja diganti dengan segar bugarnya saat bangun tidur. Itu sunnah yang baik dari Rasullullah sebagai seorang ayah. Banyak kita lihat malah orang tua yang menjerumuskan anak perempuannya yang sudah menikah ke neraka. "Aduh kasihan kamu kelelahan sampai kapalan, suami seperti apa membiarkan istrinya bekerja keras, sudah kamu minta cerai saja ke suamimu ngapain ikut suami madesu, bapak masih bisa biayai kamu". Rusuh deh jadinya.

Jadi, kalau istri memang punya kelebihan maka boleh saja istri membantu. Tetapi, memang secara hukum yang namanya kewajiban cari nafkah ada di pundak laki-laki. Iya betul bahwa kalau wanita punya penghasilan hukumnya memang untuk dirinya sendiri. Tetapi yahhhhhhh namanya suami istri, “Wa‘asyiri hunna bilma‘raf’. Harus - saling pengertian. Yahhhhhhh namanya keluarga, susah senang ditanggung bersama, gimana baiknya diatur bersama. Kalau seumpama suami baru saja di-PHK, istri yang dapat penghasilan, yahhhhhhh bagaimana caranya agar bisa menghidupi bersama, jangan sedikit-sedikit istri bilang sambil marah-marah bahwa itu tanggung jawab suami padahal sikon lagi tidak mendukung, karena tanpa keikhlasan istri ujung-ujungnya cerai, kan kayak gitu kagak bagus. Beda cerita jika istri tidak bisa eh mau masak, ngurus anak asal-asalan, pekerjaan rumah tangga terbengkalai, berpenampilan ala kadarnya didepan suami tapi saat menghadiri resepsi didepan suami orang dandan 4 jam terus pakai parfum sekilo baju bagus bros kiri kanan bukan daster lagi daster lagi itupun digantung ga dicuci dipakai lagi dan lagi sampai kucel bau pesing, apa iya suami kasih talak cerai, saat suami kaya malah yang ada dikasih tiga pembantu plus satu madu ealahhhhh, bercanda he he he.

Ya intinya, sebagai suami memang harus paham betul agar semangat dan giat, kagak ngegampangin, karena Islam itu punya aturan, yaitu bahwa tanggung jawab nafkah lahir, nafkah batin, mengarahkan ke jalan yang baik dan benar serta diridhai Allah Swt, itu sepenuhnya adalah tanggung jawab suami.

Maaf belum sempet di edit, blog hura-hura eh ngalor-ngidul.

Kang Jay

Post Sebelumnya     
     Next post
     Blog Home

Dinding Komentar

Belum ada komentar
You need to sign in to comment
advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo