⁣Cepat Nikah, Cepat Cerai, Kok Bisa? ditulis oleh Jayadiningrat


Menurut statistik perceraian itu banyak terjadi pada pernikahan antara 1-5 tahun. Nikahnya baru 1-2 tahun lalu cerai. Kenapa Cepet Nikah, Cepet Cerai?. Kalau saya sih jawaban pendeknya adalah: karena KAGET aja, tidak sesuai ekpektasi. Hehe.


Dibandingkan orang jaman dulu yah kakek nenek kita dimana mereka menikah dengan ekspektasi utama yaitu punya anak, banyak dari mereka menikah dalam keadaan ‘sedikit’ terpaksa malah, bahkan sebenarnya gak mau atau gak siap. Jadi mereka tidak berekspektasi bahwa Menikah = Bahagia. Jadi awal nikahnya aja sudah gak happy, sehingga saat ternyata hubungan yang terjadi tidak se-harmonis atau seenak itu maka mereka tidak terkejut, mereka gak NORAK. Ya udah lah, punya anak dan sama-sama membesarkannya aja.


Sedang dijaman kita yah di era modern ini menikah itu diasumsikan menikah untuk bahagia, seperti bisa ngobrol, bertukar cerita, bercanda, ketawa sepanjang hari yah kebayangnya seperti di film-film lah, kemudian menikahlah mereka, ditahun pertama mereka ketemu realitanya : Ternyata kagak bisa NGOBROL ha ha ha. Beda dengan dijaman dulu ayah ibu kita atau nenek kakek kita, kagak berharap bisa ngobrol, ibu saya tidak berharap bisa ngobrol dengan ayah saya. Sehingga dipernikahan modern di tahun pertama, kedua, bahkan berikutnya kebukalah realita bahwa “saya tidak dapetin apa yang saya harapkan” sehingga meraka gak siap dan akhirnya goyang. Nah kalau yang sudah melewati 5 tahun berarti itu orang-orang yang pasrah ya, bisa jadi, yo wes lah kadung ha ha. Atau mungkin yang lebih dari lima tahun ini ekspektasinya hanya ingin membangun keluarga, punya anak, yah seperti keluarga pada umumnya sang ibu jagain anak dan masak, ayahnya di luar kerja. Gitu aja. Pulang kerumah juga gak banyak ngobrol, ya tujuan utamanya partnership membangun keluarga dan membesarkan anak.


TAPI eh tapi untuk jaman sekarang mungkin beda karena pengennya happy, menggebu-gebu terus, pinginnya hubungan badannya enak terus, horny terus, juga jalan-jalan terus, bahagia terus, TAPI eh tapi ternyata sulit sekali dilakukan. Intinya ekspektasinya ketinggian. Itu tuh yang bikin orang-orang sekarang jadi akhirnya ngerasa dikecewakan sama pasangan, muncul keluhan “Pasangan gue gak membahagiain gue”, “ Pasangan gue gak memenuhi keinginan gue”, padahal sebenarnya itu karena “GUE DIKECEWAIN SAMA EKSPEKTASI GUE SENDIRI”, pasangan kita ya dari dulu gitu-gitu aja bukan Farah Quinn yang jago masak, Dian Sastro yang percaya diri, Ardi Bakrie yang kaya raya apalagi Bradpit hehe.


Ya memang kadang-kadang ekspektasi dipicu oleh pasangan kita sendiri seperti waktu pacaran janji A B C D tapi kan setelah menikah mosok most of time pasangan kita harus mendengarkan tiap malam atau berlaku romantis tiap malam, tapi kitanya dulu ngayal sebelum nikah bahwa si dia akan melakukan tiap DETIK ha ha. Padahal, wajar lah saat menggebu-gebu saat pacaran, pasangan kita bilang “aku akan selalu nemenin kamu, aku akan selalu sabar, aku akan menerima kamu apa adanya…” istilah saya itu semua adalah DUSTA TERBESAR ha ha ha makanya buat anggota AN terutama cowok tuh jangan suka janji-janji begitu karena gak realistis. Misalnya “aku akan selalu sabar sama kamu” menurut saya itu bullshit karena kita bisa ngomong gitu karena lagi menggebu-gebu, lagi dibutakan oleh hormon cinta, bahkan jeleknya sidiapun kayak seolah-olah cute. Tapi setelah kemudian nikah agak lama, ternyata si dia ngambek maka kita bawaannya pengen noyor, kesel, pingin marah balik. Dan janji kita tidak bisa kita pegang sendiri, intinya kalau kebanyakan janji = tidak realistis. Apa yang terjadi selanjutnya??? si dia merasa dibohongi, dikianati, “kok lu kagak seperti janji lu dulu”. Akhirnya masing-masing menyalahkan pasangannya, kemudian menyebabkan collapse dan ujungnya Cerai. Yah, ini yang penyebab terbesar cepat cerai lebih sering terjadi di pernikahan modern.


Walau saya akui bahwa faktor penyebab cepat cerai bukan hanya karena faktor Ekspektasi yang berlebih, tapi multi faktor. Di jaman dulu, perceraian sedikit padahal niat cerai ya ada aja tapi sulit terjadi karena istri-istri (ibu-ibu kita) tidak punya penghasilan jadi tidak ada backup untuk hidup mandiri. Sehingga kelihatannya dijaman dulu itu langgeng tapi sebenarnya mereka juga kurang happy. Namun jaman sekarang karena perempuan sudah berdaya dan punya kekuatan finansial serta iklim politik dan budayanya agak berbeda maka perempuan punya kekuatan untuk mengajukan cerai. Statistik juga bilang gitu, sekitar 75% yang mengajukan cerai wanita.

Ya kalau saya sendiri disatu sisi mendukung perempuan yang kalau dipernikahan tidak happy, kdrt, atau dalam hubungan toxic untuk keluar dari situ, kadang perceraian adalah jalan terbaik. Cuman yang jadi concern saya adalah “Kok lu bisa MARRIED sama cowok itu ???????. Itu kan artinya saat awalnya ada something wrong tapi diabaikan, mungkin dipaksakan, mungkin udah tahu toxic tapi diterjang. Makanya kita harus hati-hati menikahnya. Noted ya…..


Ada cerita seorang wanita ke saya, “aku dulu udah cerai resmi dpt akte cerai jg lalu berpikir demi anak lalu balik lg nikah resmi akad ke penghulu. Akhirnya 1,5th ada kdrt aku gugat untuk cerai – capeeekkk… dituduh2 selingkuh”. Ini salah satu contoh : Mudah Nikah, Mudah Cerai. Cerita ini disatu sisi sedih, disisi lain yang membuat saya marah dan kesel ada orang-orang yang terburu-buru nikah. Yah kita tahu realita seperti itu banyak, itu menyedihkan dan menyakitkan sekali. Jadi sebagai pelajaran bahwa pernikahan itu bukan sesuatu yang sepele. Istilahnya jangan asal aja. Sehingga saya sangat mengagungkan pernikahan adalah hal yang mulia, ikrar sehidup semati jadi tidak sembarangan seperti beli mobil ha ha ha.


Kembali ke mengapa orang jaman sekarang berekspektasi terlalu tinggi, juga karena SOSIAL MEDIA. Setiap hari kita melihat di instagram, Fb, Twitter, Tiktok segala macam tentang indahnya Couple2, Selebgram2 yang relationship goals, yang unyu2 uwu2, yang romantis segala macem. Sehingga kita jadi berfantasi dan berekspektasi “ oh gue maunya yang kayak gitu”, “oh itu to yang benernya”, “oh yang begitu yang ideal”. Makanya orang pada kaget saat tau selebriti cerai, “kok bisa ya padahal di sosmed kayaknya mesra banget” hello emang lu pikir mereka kagak pernah berantem, yah yang namanya foto/video ya pasti bagus. “Padahal kan kelihatan cocok banget ya”, itu karena kita gak liat realita ‘dapurnya’ seperti apa. Jadi menurut saya Medsos itu mengipas gairah kita yang pengen nikah cepet-cepet bakal makin dikipas lagi. Kemudian, bukan tentang selebriti saja tapi juga temen-temen kita juga, sering kita liat publikasi temen2 kita yang lagi happy jadi kita ngerasa terdesak oleh lingkungan sekitar. Kalau seleb paling cuman membuat kita terinspirasi menikah cepet, tapi yang membuat kita terdesak untuk segera menikah karena temen ada taroh foto begini begitu bersama pasangannya, abis prewed, abis jalan2, atau temen lain udah punya anak, anak kedua, hamil lagi sedang kita masih disini-sini alias mantengan AN aja haha. Jadi ueforia yang difasilitasi medsos itu bukan hanya merasa nafsu pingin cepat nikah namun juga KETAKUTAN fomo (fear of missing out) tidak seperti mereka yang ‘sudah bahagia’ versi kita.


Yah intinya kalau mau menikah, cobalah untuk mengenal si dia lebih dekat, bukan karena terdesak atau ketakutan ketinggalan kereta. Namun coba selami apakah pribadi dia cocok dengan kita, apakah dia baik, obrolan nyambung gak, jangan hanya terbius oleh ketampanan/kecantikan atau janji-janji si dia. Juga lihat realita, dianya makan aja masih minta orang tua, kemudian si dia janji2 bilang nanti setelah menikah akan bekerja keras dan jadi kaya, saran saya lihat realita saat ini dulu aja deh. Di jaman covid, saran saya untuk wanita pertimbangkan sisi finansial si dia karena bekerja atau usaha di jaman ini tidak mudah, siap gak menerima kondisi finansial terburuk, jika siap ya go ahead. Kalau saya sendiri yang saya cari adalah calon istri yang baik dan tepat, karena istri yang baik, apapun keadaan yang tidak baik bisa bersama-sama diubah menjadi baik eaaaa……


Kang Jay



Post Sebelumnya     
     Next post
     Blog Home

Dinding Komentar

Belum ada komentar
You need to sign in to comment
advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo