Rehat ditulis oleh Jayadiningrat


Bicara keseharian kita. Mungkin kita suka merasa hebat punya banyak kegiatan ini itu, memulai proyek-proyek baru dan selalu punya kesibukan untuk dikerjakan. Kita merasa berarti, sibuk, dan bertanggung jawab atas sesuatu.

Bahkan kita sering menilai diri sendiri dari seberapa sibuk kita. Begitu pula dengan orang lain. Bila kita melihat orang lain tidak melakukan apa pun, kita berasumsi bahwa orang-orang itu sedang tidak menjalani hidup yang memuaskan dan menyenangkan. Mereka tidak menjadikan diri mereka berguna atau memberikan sumbangan kepada masyarakat dan dunia ini.

Karena itu, berdiam diri, bahkan dalam situasi yang mengizinkan kita untuk tidak bekerja terlalu keras atau terlalu lama, adalah situasi yang tak tertanggungkan dan tidak kita inginkan. Kita merasa lebih baik bekerja berjam-jam, selalu mengerjakan sesuatu, dan menggarap lebih banyak lagi proyek hingga kita tak lagi punya waktu dan tenaga untuk mengerjakannya.




Dan di dalam yang demikian itu sungguh banyak nilai kebajikannya. Mempunyai pekerjaan dan mengembangkan karier memberi kita tujuan dan makna hidup serta menyediakan jalan bagi kita unt mencari nafkah. Kita berbangga hati karena bergabung dengan suatu perusahaan dan atau menjalankan bisnis atau membuka usaha jasa.

Kita mengisi hari-hari kita dengan berbagai kesibukan. Agenda harian kita penuh dengan rapat, tenggat, dan berbagai target capaian. Pikiran kita penuh dengan ide, rencana, dan strategi. Juga merupakan sarang rasa frustrasi, penyesalan, dan kekesalan.

Sejak pagi hingga malam, kita terus-menerus sibuk. Bahkan di rumah pun pikiran kita masih sibuk dengan sisa-sisa masalah di kantor. Sementara akhir pekan kita gunakan untuk mengejar ketinggalan berbagai proyek yang belum selesai atau untuk mereka proyek-proyek baru.

Dan kita tidak berhenti sampai kita merasa kelelahan dan dipaksa untuk istirahat, mau atau tidak mau. Karena tubuh sudah amat lelah dan pikiran tak lagi berfungsi.

Seorang teman dari Australia, mengatakan kepada saya bahwa musuh terbesar orang-orang yang sibuk bekerja adalah stres.Yang dimaksudkan stres bukanlah dari pekerjaan itu sendiri, melainkan stres dari proses bekerja yang terus-menerus tanpa membiarkan diri beristirahat sesekali.

Memang, banyak pegawai yang ingin berprestasi tinggi merasa perlu terlihat bekerja keras dan lembur. Itu membuat mereka tampak profesional dan merasa penting. Mereka bangga bila tidak menyempatkan istirahat, serta menganggap orang-orang yang pulang lebih awal dan menikmati liburan sebagai orang-orang yang tidak memiliki ambisi dan komitmen terhadap pekerjaan mereka.

Namun, menurut dia, mereka yang tahu cara berdamai dengan diri sendiri sesungguhnya bisa bekerja dengan lebih baik dan dengan hasil yang lebih baik. Mereka juga bertahan lebih lama dalam pekerjaan mereka karena mereka tidak mudah kalah oleh penyakit dan masalah-masalah kesehatan yang berkaitan dengan stres dan ketidakmampuan menyeimbangkan kehidupan. Mereka yang gila kerja mungkin terlihat tak terkalahkan sekarang, tetapi ketika mencapai usia empat puluh atau lima puluh, mereka akan membayar adiksi mereka dengan kesehatan yang buruk dan tubuh yang aus akibat terlalu lama disalahgunakan. Saya teringat dengan sepupu saya hampir seusia, seorang akuntan di depkeu, meninggal karena kelelahan dan serangan jantung. Sebenarnya dia sudah lama merasa jantungnya sakit namun suka diabaikan karena kesibukan. Bekerja dan pulang jam 10 malam, menjalani bertahun-tahun.




Kita mungkin merasa bahwa kita kuat dan bisa menanggungkan stres dan tekanan sebanyak apapun. Namun tak lama beban itu pasti menjadi semakin berat dan semakin sulit dipikul.

Teman saya menyamakannya dengan mengangkat sebuah cangkir. Cangkir itu ringan dan mudah dipegang. Tapi cobalah menahan cangkir itu di udara selama beberapa menit, maka tangan kita akan mulai terasa pegal. Setelah beberapa saat lengan kita akan mulai bergetar. Cangkir itu makin berat dan makin berat saja setiap menit. Mustahil seseorang dapat menahan memegang cangkir selama sejam tanpa merasa pegal atau semacamnya.

Karena itu, kendati cangkir itu ringan. adalah konyol untuk memegang dan menahannya terus-menerus . Dan kita tak perlu mencobanya pula. Begitu bebannya terasa terlalu berat dan mulai membuat pegal, yang terbaik yang dapat kita lakukan adalah meletakkan cangkir itu sejenak dan rehat. Dengan begitu kita membiarkan lengan kita relaks sejenak dan menghimpun kembali tenaga kita. Bila sudah siap, kita dapat mengangkatnya lagi, dan cangkir itu akan terasa ringan dan mudah diangkat.

Pada waktu kita rehat dari apa pun yang sedang kita lakukan atau khawatirkan, itu sama dengan meletakkan cangkir sejenak. Alih-alih menambah beban dan stres, kita memberi kesempatan pada pikiran dan tubuh kita untuk merasa relaks dan melepaskan diri kita dari beban maupun stres.




Jadi ketika kita kembali menekuni pekerjaan kita, kita dapat menanggungnya lagi dengan mudah dan dengan pikiran yang jernih. Dengan demikian bukan hanya kualitas pekerjaan kita yang akan meningkat, kita pun akan tetap jauh lebih sehat sampai masa-masa mendatang.

Kang Jay


Post Sebelumnya     
     Next post
     Blog Home

Dinding Komentar

Belum ada komentar
You need to sign in to comment
advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo