Sedekah Subuh ditulis oleh Jayadiningrat


Tolong dijaga sedekah subuh!


Kang, mengapa sedekah subuh?

Pertama, karena waktu subuh ada doa para malaikat yang mendoakan orang yang bersedekah, " Ya Allah, berilah ganti kepada orang yang berinfak atau bersedekah dengan yang lebih besar!".

Kedua, doa Rasulullah yang mendoakan ibadah kita diwaktu subuh. Diantaranya adalah sedekah.


Jadi masing-masing kita harus memiliki kotak amal, yah boleh kita namakan Tabungan Subuh. Jika sudah banyak bisa kita setorkan ke badan amil zakat, masjid, panti asuhan, atau langsung ke orang yang benar-benar membutuhkan.




Biasakan pula anak-anak kita dilatih juga walaupun dia masih bayi, kita buatkan tabungan subuh khusus atas nama anak kita. Tentu kita ayah atau ibunya yang mengisinya disaat waktu subuh. Sehingga saat nanti sudah besar atau bahkan sudah baligh, biar mereka yang mengisi sendiri menyisihkan dari uang jajannya. Selain melatih anak juga semoga mereka jadi anak sholeh-sholehah.


Sedekah subuh sungguh-sungguh sangat dahsyat!
Apapun masalah kita, baik utang, jodoh, rumah tangga, pekerjaan, anak, dan masalah lainnya insya Allah teratasi. Cobalah sedekah subuh, sungguh ini luar biasa.


Selama saya sampaikan sedekah subuh ini kepada orang lain baik saudara teman dll, sungguh subhanallah, hampir 80 - 90% dari mereka ketika menghubungi saya atau ketemu saya, alhamdulillah masalahnya sudah selesai. TUNTAS!!! Ini kehebatan dan keberkahan sedekah subuh!. Tentunya dengan ijin Allah.


Selain saat punya masalah, tabungan sedekah ini juga bisa kita manfaatkan setelah kita berbuat dosa. Nah kalau ini bukan hanya saat waktu subuh saja, tapi kapan saja saat kita berbuat dosa bisa langsung diisi sedekah. Atau baru niat saja mau berbuat dosa, bisa diisi juga heh.


Nah ini akan melatih kita. Tabungan kita akan makin banyak karena sering dosa heh. Tak usah banyak-banyak misal Rp 5000 untuk satu dosa.


Ketika mencaci maki atau ghibah seseorang, isi tabungan sedekah.

Ketika chat di grup nyinyirin atau comment jahat ke temen, isi tabungan sedekah.

Ngomong kotor atau ngumpat saat liat story IG atau FB temen/artis, isi tabungan sedekah.

Berkata kasar pada saudara, suami, istri, atau anak misal "bodoh" dll, isi tabungan sedekah.

Apalagi berkata kasar pada orang tua, wah isi tabungan sedekahnya harus berlipat-lipat Rp 100rb ya no nego heh.


Nanti kita akan tahu sendiri bahwa ternyata banyak sekali dosa kita. Terutama dosa mulut dan jari jemari kita yang lemes bermain comment atau chit-chat syantik.


Bagus juga diterapkan pada anak, walau dia usia balita. Saat misal dia berkata kasar, kita isi tabungan sedekah. "Kenapa ayah isi uang ke situ?", "Karena adek tadi bilang apa ayo, jadi ayah isi ini buat Allah". " Maaf ya yah, adek salah". Dengan keluguannya mulai belajar. Duh jadi pingin main dengan cucu.

Tapi sebaiknya jangan keras pada anak, seperti Rasullah lemah lembut didik anak. Karena lemah lembut adalah kunci keberhasilan pendidikan pada anak.


Banyak hikmah tabungan sedekah ini sebenarnya:

Pertama, terutama untuk sedekah subuh yaitu terselesaikan masalah kita tentunya dengan ijin Allah.


Hikmah kedua, dengan menjaga sedekah akan menjamin ampunan dosa. Bahkan terjamin husnul khatimah. Terjamin dari kematian buruk bahkan jauh dari kematian mendadak. Musim kan sekarang orang mati mendadak, nonton tv koit eh meninggal, lagi batuk meninggal, duduk jongkok meninggal, nyruput kopi meninggal eh ada gak ya. Ya sukur-sukur pas baca Al Qur'an, lagi sholat, lagi zoom majelis taklim, atau ibadah lainnya trus meninggal.


Hikmah ketiga, mendidik diri agar terlatih menahan hawa nafsu, dalam hati mikir "Kalau berbuat dosa lagi, kena denda Rp 5000 lho!". Kebayang sehari 10x berbuat dosa, 50.000, se-uang rokok bagi perokok berat, ga banyak sih. La kok ga banyak? Ya udah naikkan jadi Rp 20.000 heh, heeh ah. Kenapa 'heh' terus, kalau bahas serius ga boleh cekikikan.


Hikmat keempat, seakan kita sedang Tawassul, agar kita tidak terjerumus pada dosa itu lagi dan semoga Allah jauhkan dari dosa itu lagi.


Ya mungkin dari kita ada yang menganggap ibadah ini remeh temeh, kurang greget, kurang nendang, kurang pol, gak gue banget, ga gaul, ga online, ibadah anak kecil ngisi celengan. Dibanding semalaman sholat sunnah, puasa daud, tiap adzan lima waktu kemasjid pake jubah putih jenggot panjang jidad item pake sorban wangi2an bawa sajadah tasbeh siwak, atau sedekah besar seperti turut bangun masjid dengan sedekah puluhan juta.


Tapi kita tidak tahu amal sholeh mana yang yang menjamin husnul khatimah dan masuk surga. Bisa jadi amal sholeh yang remeh, yang kecil, ringan tapi nilainya sangat luar biasa disisi Allah. Sehingga melalui amal itu kita terjamin masuk surga dan terjamin husnul khatimah. Tentunya ibadah wajib ya tetap wajib ya, tauhid sholat puasa zakat, gak cuman ingin enak dan ringannya saja, khas orang Indonesia banget deh, heh.


Semoga kita dimudahkan menjadi manusia sholeh dan sholehah. Aamiin.


Kang Jay


Post Sebelumnya     
     Next post
     Blog Home

Dinding Komentar

Belum ada komentar
You need to sign in to comment
advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo