Hari Kasih Sayang ditulis oleh Jayadiningrat

Dulu, sering kita lihat ormas ataupun organisasi keagamaan melarang larang bahkan sweeping di hari kasih sayang atau valentine day. Dimaklumi sih kalau ke hotel-hotel ha ha ha.


Namun saat ini dimana era media yang sudah sangat masif, dunia Muslim pun sudah mulai menyadari dan bahkan merayakan kasih sayang atau cinta, karena kasih sayang adalah universal, tak terbatas hanya untuk non-Muslim.


Sebenernya tak usahlah dipaksa dihari itu, sayangnya mindset kita sudah terpatri dihari itu. Namun apa yang salah jika kita harus merayakan dihari yang sama karena semua hari adalah baik dan akan lebih indah jika kasih sayang itu hadir untuk diungkapkan dan dirasakan. So beautiful day.


Tahun 2018, Arab Saudi menyatakan bahwa Hari Valentine tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Menjelang Hari Valentine seperti saat ini, kata temen, atmosfer cinta terasa di negara kerajaan tersebut. Bunga-bunga dan ornamen berbentuk hati bisa dilihat di sejumlah tempat di Arab Saudi.


Hai saudaraku yang jombo, baik jomblo bahagia, jomblo hip-hip ceria, jomblo galau, jomblo halu, jomblo mager, jomblo bokek, jomblo koplo, jomblo gak laku-laku, jomblo pakai lotion formalin biar awet wet, jomblo settingan, maupun jomblo musafir. Percayalah, tidak ada yang akan cukup untuk mencintai kita, jika kita tidak mencintai diri sendiri. Hari kasih sayang bukan alasan untuk tetap murung jika tidak memiliki pasangan. Mulailah mencintai diri sendiri. Kasih sayangilah dirimu.


Untuk wanita pergilah ke spa atau salon dan manjakan diri. Atau dengan caramu sendiri semisal lihatlah jarimu, begitu banyak beban dijari itu, berilah kasih sayang pada jarimu, oleskanlah lotion dan pijat pijat rileks. Atau bahkan dapat pergi ke cafe bersama temen-temenmu dan bersenang-senang.


Untuk pria pergilah bersama teman-temanmu, segank atau temanmu yang lain. Saya mau main sama sapa ya....


Jika punya pasangan, lakukan quality time bersama, lupakan mawar, hadiah, dan malam romantis. Pergilah berlibur atau sekedar menikmati alam bersama dan bicarakan hubunganmu yang menyenangkan itu. Jadikan hari itu semata-mata untukmu dan pasanganmu.


DULU, saya suka lempar (bukan batu) sembunyi tangan, merasa malu untuk menyampaikan langsung sehingga lebih sering memesan rangkaian bunga mawar warna-warni, atau boneka beruang berdasi kupu-kupu, atau coklat belgia, atau perhiasan emas berlian dengan kartu ucapan penuh rangkaian kata-kata indah tentang kasih sayang. Namun semua itu dikirim via paket/kurir ke rumah, disetting pas dihari H pas saya dikantor pula. Yang saya rasakan bertahun-tahun, itu kurang berarti bahkan dibandingkan pelukan dan bisikan I love you yang jauh lebih sederhana namun berasa spesial. Unik wanita. Tapi tetep ya jangan telat transfer, ehhhh.....


Jika sudah memiliki anak libatkan dan doronglah mereka untuk membuat kartu untuk setiap anggota keluarga dan ajarkan bahwa kasih sayang adalah tentang nilai dan pentingnya saling mencintai antar anggota keluarga.


Orang tua kita juga bisa menjadi curahan kasih sayang kita. Cobalah telepon mereka jika kita jauh merantau karena dengan mendengar suara kitapun mereka sudah bahagia, atau berilah mereka hadiah sederhana, atau jika dekat dengan mengecup dahi kedua orang tua. Biarkan mereka tahu betapa kita sangat sayang dan menghargainya.


Terpenting dan utama, ucapkanlah rasa syukur dan hadiahkan ibadah sunnah kepada Allah, betapa sayang kita kepada Allah bahwa kita masih diberi kesempatan mendapat, merasakan dan bahkan memberi kasih sayang. Allah begitu sangat sayang kepada kita, maka sayangilah Allah. Fabiayyi aala 'i rabbi-kumaa tukadzdzibaan. Nikmat apa lagi yang mau kita dustakan.


Ayo berhentilah mengeluh apalagi menghujat di hari yang indah, ayo rasakan dan berilah kasih sayang, mulai dari sehari saja untuk memberi nilai dihari hari berikutnya. Indahnya hidup didunia ini dengan kasih sayang.



Teruntuk kekasihku di surga,

Kang Jay


Post Sebelumnya     
     Next post
     Blog Home

Dinding Komentar

Emma76 VIP
Feb 14
Waduuhh....so sweet pisan kang Jay...ulasannya....hatur nuhun pisan kang pray
Jayadiningrat VIP
Feb 14
⁣Teh achyee hehe urusan halal haram biarlah para ulama yang menentukan, kita mah ngikut aja. Namun mengungkapkan kasih sayang itu apakah haram. Dijaman nabi Isa pun tidak ada hari ini, hanya karangan orang saja dieropa. Hari ini hanyalah hari biasa layaknya hari yang lain, namun sedikit dibuat spesial dengan mengungkapkan kasih sayang, sebagai pengingat. Angpao apakah bisa sebagai ungkapan sayang atau cuman buat orang bahagia bisa buat belanja belanji xi xi xi. Emangnya teh achyee belum terima angpao.....⁣Teh achyee hehe urusan halal haram biarlah para ulama yang menentukan, kita mah ngikut aja. Namun mengungkapkan kasih sayang itu apakah haram. Dijaman nabi Isa pun tidak ada hari ini, hanya karangan ...See more
Jayadiningrat VIP
Feb 14
Sami-sami teh Emma, mugia aya manfaatna, haturnuhun katampi pisan.
Jayadiningrat VIP
Feb 14
⁣Ya kang Iskandar, jika itu dianggap bisa merusak akidah kita dan membelokkan keimanan kita maka dihindari saja. Yang utama ungkapkanlah kasih sayang kita pada orang-orang terkasih, setidaknya satu hari saja dihari apapun sesuka kita.

Jangan alih-alih menganggap haram namun tiada satu haripun di satu tahun untuk mengungkapkan kasih sayang. Buatlah setidaknya satu hari sebagai pengingat, misal hari kelahiran, hari pernikahan, atau bersamaan dengan hari keagamaan seperti Idul Fitri.
⁣Ya kang Iskandar, jika itu dianggap bisa merusak akidah kita dan membelokkan keimanan kita maka dihindari saja. Yang utama ungkapkanlah kasih sayang kita pada orang-orang terkasih, setidaknya satu ha...See more
Jayadiningrat VIP
Feb 14
⁣Kang Iskandar, nah tuh, orang ikhlas mau kasih duit dibilang haram, tapi emang sih rada seret tahun ini, biasa dulu si bigbos kasih angpao 1jt lebih disunat setengahnya aha ha ha, pantes kerasa tipis kirain pake pecahan 200rb eh udah ada belum ya.

Giliran ditanya anak buah mana angpao, dengan gembira saya bilang, gak ada tuh aturannya di islam xi xi xi. Taat aturan atau pelit beda-beda tipis.
⁣Kang Iskandar, nah tuh, orang ikhlas mau kasih duit dibilang haram, tapi emang sih rada seret tahun ini, biasa dulu si bigbos kasih angpao 1jt lebih disunat setengahnya aha ha ha, pantes kerasa tipis...See more
Aguz_Rifqy VIP
Feb 14
⁣Wah sekarang hari Valentine's Day iya,, pas sekali lah klo pny calon atw pacarnya, tapi ucapan itu boleh disebut yg pny pasangan masing², tapi gak boleh rayain, sedang beragama kristen saja gak boleh disebut hari rayanya, Selamat Hari Natal teman, sedangkan teman² kerja banyak beragama kristen atw buddha, klo sebut itu hukumnya haram⁣Wah sekarang hari Valentine's Day iya,, pas sekali lah klo pny calon atw pacarnya, tapi ucapan itu boleh disebut yg pny pasangan masing², tapi gak boleh rayain, sedang beragama kristen saja gak boleh...See more
achyee VIP
Feb 14
auto kaya raya lo mas is, bos, anak bos, cucu bos ngasih angpao tiap tahun hahahaaa
Jayadiningrat VIP
Feb 14
⁣Ayo kang Agus tunjukan cintamu. Iya kalau hari keagamaan, hindari pengucapan selamat, takutnya akidah kita membelok mempercayai hari keagamaan mereka. Kalau hari ini, alah cuma seperti hari lainnya, lebih ke makna kasih sayang, yaitu hari yang semua orang tau dan tepat untuk mengungkapkannya. Kebayang kan kalau diungkapkan di hari jumat kliwon bulan suro.⁣Ayo kang Agus tunjukan cintamu. Iya kalau hari keagamaan, hindari pengucapan selamat, takutnya akidah kita membelok mempercayai hari keagamaan mereka. Kalau hari ini, alah cuma seperti hari lainnya, ...See more
Jayadiningrat VIP
Feb 14
⁣Kang Iskandar, ha ha ha gokil juga si kakek melucunya. Ayo apalagi yang ditunggu, segera ungkapkan cinta pada salah satu inceran kang Is, atau sekalian lamar. Nasehat untuk diri saya juga sih ha ha ha.
Aguz_Rifqy VIP
Feb 14
⁣Bang jay!! Tiap hari udah aku buktikan cintaku ama dia, dan tidak luput dari kasih sayangnya..! Emg klo udah mengenal cinta bisa membunuhmu, tapi klo tujuan cinta ya kudu serius, bukan cinta monyet seperti anak SD... Tapi klo sekarang ya Alhamdulillah lah menemukan cinta sejati, mudah2an saja bisa menunjuk keluarga sakinah mawaddah warahmah...kissing_heart (Aamiin Yaa Robbal Aalamiin)⁣Bang jay!! Tiap hari udah aku buktikan cintaku ama dia, dan tidak luput dari kasih sayangnya..! Emg klo udah mengenal cinta bisa membunuhmu, tapi klo tujuan cinta ya kudu serius, bukan cinta monyet s...See more
You need to sign in to comment

Kiriman

Oleh Jayadiningrat
Ditulis Feb 13

Tags

Nilai

Nilai kamu:
Total: (0 penilai)

Arsip

advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo