User blogs

Seps VIP

السلام عليكم

*PHYLOSOFY ttg BOBOT,BIBIT DAN BEBET*
Bobot, bibit, bebet. Tiga kata ini sering kt dengar. Terutama dalam kaitannya dalam mencari menantu atau pasangan. Lalu, apa sebenarnya maksud ketiga kata ini? *maaf sy pernah hidup di Yogyakarta* Maksud Bobot, Bibit, Bebet
Bobot, bibit, bebet adalah tiga hal atau kriteria yang umum diperhatikan ketika mencari jodoh atau pasangan. Semacam alat kalibrasi bagi orang Jawa dan sdh menjadi suatu yg td asing ditelinga masyarakat nusantara untuk menentukan calon menantu yang baik bagi anaknya. Orang tua memang cenderung pemilih dalam urusan jodoh. Setidaknya demikianlah yang nampak dalam tradisi. Pasalnya, memilih pasangan hidup merupakan bagian penting dalam perjalanan berumah tangga dan berketurunan. Ada lima perkara, yang dalam perjalanan hidup manusia, tidak dapat diketahui secara pasti. Kelima perkara itu adalah *siji pesthi (satu, mati), loro jodho (dua, jodoh), telu wahyu (tiga, anugerah), papat kodrat (empat, nasib), dan lima bandha (lima, rezeki).*
Meskipun jodoh termasuk dalam lima hal yang yg merupakan preogatuf الله, namun sebagai manusia dan tentunya orang tua tetap berharap untuk memilah dan memilih pasangan bagi anak-anaknya. Dari sinilah muncul istilah bobot, bibit dan bebet yang kemudian dipegang sebagai kriteria. *1.Bobot* Bobot artinya kualitas diri, baik secara lahir maupun batin. Termasuk keimanan, pendidikan, pekerjaan, kecakapan dan perilaku si calon yang bersangkutan. Inilah hal-hal yang perlu ditanyakan orang tua atau yg mau *komitmen* sebelum menyerahkan anak perempuannya atau mempersunting/menerima suntingan. Tujuannya adalah untuk memastikan, bahwa si calon mempelai terutama pria siap meminang sepenuhnya. *Sanggup menafkahi, sanggup mengimami, serta sanggup mengasihi.* Tidak akan baik jadinya bila bobot si pria dikesampingkan, hingga anak sendiri sampai tidak terurus dan hidup menderita. Pertimbangan bobot ini meliputi:
*Jangkeping Warni (Lengkapnya Warna).* Merupakan istilah yang merujuk pada sempurnanya fisik seorang calon menantu/pasangan Kiranya tidak bisu, buta, tuli, lumpuh atau impoten.
*Rahayu ing Mana (Baik Hati). Bisa diartikan sebagai ‘inner beauty’* dalam bahasa sekarang. Termasuk di dalamnya adalah kecakapan agama seseorang.
*Ngertos Unggah-Ungguh (Mengerti Tata Krama).* *Wasis (Ulet).* Menantu yang baik haruslah rajin dan siap bekerja keras demi masa depan rumah tangga yang dinahkodainya/dipimpinnya
*2.Bibit* Makna dari bibit adalah asal usul atau garis keturunan. Bukan berarti bahwa seorang calon menantu harus berdarah biru. Tetapi bermakna bahwa orang tersebut harus jelas latar belakangnya. Dari mana ia berasal, dengan cara apa dan oleh siapa ia dididik. *Karena meski bagaimanapun, watak atau karakter adalah sesuatu yang berpotensi diturunkan dalam keluarga.* Sehingga watak seorang calon menantu/ pasangan dapat dilihat secara kurang lebih dari watak orang tua yang membesarkannya. *3.Bebet* Bebet memiliki asal kata bebedan, atau cara berpakaian. Setiap orang wajar dinilai berdasarkan caranya berbusana. Karena cara seseorang menampilkan dirinya merupakan ۨgambaran dari apa yang ada dalam sejatinya orang tersebut. Terlebih, jaman dulu cara berpakaian menunjukkan status sosial seseorang. Harkatnya, martabatnya. Kriteria ini sengaja diletakkan terakhir, pada posisi ketiga, karena bukan dianggap hal yang paling penting. Istilahnya, ‘Aja ketungkul marang kalungguhan, kadonyan lan kemareman’. Artinya, ‘Janganlah terobsesi atau terkungkung oleh keinginan untuk memperoleh kedudukan, kebendaan dan kepuasan duniawi’.
وَاللهُ اَعْلَمُ


اَلدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِهَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ.


Artinya: “Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah isteri yang shalihah.” [HR Muslim].


“إِذَا صَلَّتْ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا، وَصَامَتْ شَهْرَهَا، وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا، وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا؛ قِيلَ لَهَا ادْخُلِي الْجَنَّةَ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ”.


Artinya: “Jika seorang wanita menunaikan shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluan/ kehormatannya dan taat kepada suaminya, niscaya akan dikatakan padanya: “Masuklah ke dalam surga dari pintu manapun yang kau mau”. [HR. Ahmad].

Seps 1 jam lalu
CHORIY7 VIP
kenapa ruang blog isinya member senior semua ya ?? thinking

member yg lain pd kemana nih??

klo dilihat dalam 1 bulan trakhir, jumlah member baru cukup fantantis..

tp knapa mreka cuma jd Silent-Reader ?? rolling_eyes


WAKE-UP....


tunjukanlah kreasi & karya-mu.

hadirlah di ruang blog ini, agar kalian punya bnyak kesempatan utk menggapai harapan-mu.

berkaryalah, jangan terpengaruh dg suara² bising & sumbang yg ada di sekeliling-mu. anggap sj mreka itu adalah hanya angin-ribut yg sedang berlalu.


hayoo tunjukan dirimu.. jgan kebanyakan ngintip. nti matanya Bintitan Loh... smilesweat_smile


bosan nih, lihat isi blog yg hadir cuma para member-bulukan.. uupss salah.. nerd maksudnya para member kawakan ..

peace ahh... vpray




jazaakumullah khairan katsiiran wa barakallahu fiikum....


.

CHORIY7 1 jam lalu · Nilai: 5 · Komentar: 3
Tristanto VIP

Tetangga samping kiri kosku punya rumah mewah, di kontrakin 30jt/thn, luama gak laku laku.

Kutanya, blm laku bro, jawabnya dah banyak sih yg mau, tapi cuma 10jt an berani nya, daripada segitu yg mending gak ku kontrakin, biarin aja.

Akhirnya genteng pada geser, plafon rembes air hujan, rumput liar tumbuh tinggi, dinding pada retak rambut dan jadi keliatan angker.


Sedangkan samping kanan rumahku ada juga yg ngontrakin rumahnya sederhana, tiap tahun gak pernah kosong.

Kutanya, resepnya apa kang, dijawab nya, gue sih yg penting ada yg ngisi aja, murah gak papa, idep2 sedekah pada mereka yg blm mampu beli tempat untuk berteduh dan istirahat, sebab klo kosong justru aku malah rugi, harus beberes tiap minggu, bayar tagihan listrik air, pompa air harus sering dipanasin, capeknya nyapu ngepel tiap 3 hari.


Posisi mana yg pandemen pilih, rusak hancur dimakan usia karena ego, atau berkah barokah lancar karena berpikir dowo.


Upgrade your brain baby's..


Sukses terus dalam cinta dan kehidupan pandemen sekalian mugi rahayu ingkang sami pinanggih.


Hmmm yeachhh..


Tristanto 5 jam lalu · Tags: #sometimesi❤u, ❤blues
Tristanto VIP
Let's jogging


Hehehe

Jayadiningrat VIP


Trend Drama Korea mulai era 2005an sampai sekarang membuat bocah-bocah laki2 perlahan-lahan bisa bertransformasi setelah dewasa menjadi pria Softboy. Banyak pelajaran2 diperoleh dari drama Korea, gimana cara menjadi romantis, mengambil hati cewek dsb. Kebayang puasnya menaklukkan wanita seperti di Drakor, melihat wajah wanita yang klepek2 seperti kerbau. Hobby yang menantang dibanding bola atau otomotif.


Kalau dulu jadi pria Buaya Darat itu dianggap mengasyikkan bakal sering dapet nikmat RAGA, namun nikmat jaman now bertransformasi bukan raga lagi namun HATI ya kepuasan menaklukkan hati wanita buat memuaskan hati si Softboy. Karena RAGA sudah gampang didapat, modal 800rb (UMR aja udah 4,5jt) lalu cari open BO, dari model seperti Nia sampai emak2, instant hari itu juga bisa COD. Beres. Hwahahaha dosa besar menanti.


Softboy ini kalau saya bilang lebih bahaya dari Buaya Darat, kenapa? Kalau Buaya Darat tujuannya jelas mau bobok-bobok manis namun tidak melibatkan perasaan, sedangkan Softboy bikin wanita hanyut, pandai berbuat hal2 manis yang melibatkan perasaan, dibikin jatuh hati, dibikin klepek2, dibikin melayang sama dia.


Sebenarnya Ciri-ciri Softboy mudah ditebak yaitu Pertama, kalau ditanya keseriusan, jawabannya, "Mengapa kita tidak jalan aja dulu toh kita sama2 merasa nyaman menjalani hubungan seperti ini". Beda dengan Buaya Darat bisa bilang Commit karena belum bobok bobok manis, tapi langsung Ghosting jika udah dapet. Kedua, dia cenderung sangat tertarik pada wanita2 disekitar Anda, apalagi ada temen Anda yang cantik, pelan2 dia berusaha gali informasi dari Anda, itu adalah naluriah si Softboy, sama sih bagian ini dengan Buaya Darat.

Tapi pada akhirnya biasanya sih si Softboy bisa Ghosting (ngilang) juga setelah dia bosan. Ngerinya Softboy, saat si cewek dekat dengan cowok lain yg kemudian si cewek terima, maka si Softboy merasa tertantang lg, dia akan datang lagi dengan manisnya. Jadi lebih bahaya kan ketemu Softboy, kalau Buaya Darat jelas ketahuan belangnya susah mau balikan lg. Makanya Softboy sering di juluki MANTAN TERINDAH, yang akan selalu bermain cantik (memberi nutrisi keseruan) walau sudah jarang kontak2an.

Ya itulah kehebatan Softboy, banyak menawarkan hubungan penuh keseruan seperti roller coaster. Jadi saat cewek udah nemu pria lain yang Niceguy atau Goodboy, yang baiknya minta ampun atau sholehnya minta ampun. Namun cewek tetap cewek, cewek alimpun tetap cewek, yah gitulah cewek (apaan sich), yang butuh keseruan dalam percintaan, seperti keseruan yang bisa diperoleh saat jalan ama Softboy. Saat jalan ama Niceguy atau Goodboy, yang ada lurus2 aja datar2 aja yah menjalani hubungan biasa, yah rutinitas kencan biasa, nonton film, makan2, ngobrol2 tanpa bumbu2 penyedap seperti sanjungan, rayuan, surprise2, hadiah2, sentuhan2 nakal walau hebatnya Softboy adalah dia gak butuh bobok bobok manis seperti Buaya Darat jadi terlihat seperti Niceguy, dia hanya ingin menaklukkan wanita dan dia cenderung baik kepada semua wanita agar makin banyak wanita yang bisa dia taklukkan. Pada akhirnya biasanya si cewek ini bisa meninggalkan si Niceguy atau Goodboy demi Softboy walau sebelumnya sudah di Ghosting ama si Softboy. Takluk "kembali" pada Softboy karena dia pintar untuk mainin perasaan untuk digantung tanpa kejelasan status. Ada lho yang bertahun-tahun. Tau lah wanita kalau sudah Cinta, gelap mata. Pun Softboy juga punya nafsu juga, maka bukan tidak mungkin terjadi bobok-bobok cantik.

Ini nih pelajaran buat cewek, saya kasih tau ke cewek nih kalau belum ada kejelasan status bahkan di Islam sampai Akad, maka jangan mau digantung bertahun2 atau bahkan jor2an nyasih semua sampai bobok2 indah hanya karena ngerasa dia the only one, yang terbaik, kagak nemu keseruan kalau dengan yang lain. Cewek harus pintar nempatin diri, pintar tarik ulur, pintar melihat effort dia apa saja. Intinya walau cewek sudah klepek2 tetap jaga jarak, jgn malah balik ngejar pria, karena dgn ada jarak maka pria akan terus penasaran dan berusaha kasih effort sampai Akad untuk memilikimu seutuhnya. Lalu buat tahu batasan cewek saat mabuk cinta, maka peliharalah sahabat karib sesama cewek, dia yang bakal masih WARAS kasih masukan, coba resapi nasehat2nya.

Ini juga sebagai pelajaran buat kita2 pria haha, yang sudah menjalani hubungan sekian lama. Sama2 setia, namun sudah terlalu nyaman menjalani keseharian tanpa perubahan sehingga menjadi makin hambar karena pada lupa saling membahagiakan. Kita pria harus belajar dari Softboy ataupun Fuckboy (buaya darat) untuk terus berusaha berinovasi membahagiakan pasangan dengan hal2 baru, hal2 surprise, hal2 yang menyenangkan, rayuan2 maut dll. Jangan melakukan hal2 yang sama terus-terusan pada pasangan. Patokannya jangan hanya jadi Niceguy atau Goodguy saja, munculkan jiwa liarmu sebagai Softboy atau Fuckbuy dengan syarat SETIA. He he.

Kang Kay

Jayadiningrat Kemarin, 08:04PM · Nilai: 3 · Komentar: 1
Tristanto VIP
Ayo buko...


Hehehe


Tristanto Kemarin, 05:08PM · Tags: puasa pora cah ayu
Ganterbaindo VIP
person_with_blond_hair

Sholat itu enggak lama kok.

Cuma sampai meninggal saja.

Kalau kamu meninggal maka sholatnya selesai

Ganterbaindo Kemarin, 06:36AM · Nilai: 5 · Komentar: 2 · Tags: ayo nikah
eferel VIP
Dalam 3 blog saya sebelumnya, saya mengulas dari keadaan/kejadian di blog...tp jauh sebelumnya saya sudah mengenal kepribadiannya termasuk keadaan "kekayaannya"


Bagaimana capernya d grup WA kemudian kluar grup

Setelah itu menghilang dlm aktivitas AN

Buat blog reliji tp diabaikan para komentator blog

Hingga akhir-akhir ini membuat blog "gaya baru" dg pemikiran akan dapat perhatian dan terbukti sukses dapat perhatian para komentator blog dari capernya


Apa perlu saya bongkar-bongkar yg sebenarnya dibalik "hebat" yg di tampilkan ???


Apa perlu saya bercerita berdasarkan interaksi langsung bukan hanya interaksi dari membaca blog ???

eferel Kemarin, 02:16AM · Komentar: 12
eferel VIP
Boleh-boleh saja caper (cari perhatian) dalam pencarian dg menampilkan daya tarik yg ada pada diri sendiri....tapi mbok ya secukupnya


Jangan sampai ada kesan bawelnya kayak mak-mak padahal bapak-bapak (skalian aja ikutan arisan mak-mak biar ngeplong ngocehnya)


Blom lagi ditambah bantah sana sini agar terlihat hebat (kalau menang debat bisa dapat piala kali ya)


Selain itu, tulisannya pun di ulang-ulang tentang kehebatan diri....what for ??? (ga punya ide/tema tulisan lain tp ingin tetap eksis...ya jadinya begini)


Kalau keadaannya seperti diatas....bukan menampilkan daya tarik tp sebaliknya menampilkan kekurangan daya "good personality"


Yg brani bicara, akan bicara di blog....yg malas bicara hanya nyimak dg bentuk rasa yg sama, rasa eneg, rasa ketidaksukaan, rasa "ada jg orang yg kayak gini"




eferel Kemarin, 02:01AM · Komentar: 4
eferel VIP

Ada orang yg bodoh bahasa inggris dan mrasa malu menggunakan bahasa inggris karena khawatir salah saat penulisan sehingga hanya gunakan bahasa yg dikuasai saja


Ada orang yg bodoh bahasa inggris dan berusaha menggunakan bantuan google translate agar penulisan sesuai (agar tidak terlihat bodoh)


Ada orang yg bodoh bahasa inggris tp karena tipe "mrasa hebat", penulisannya tidak gunakan bantuan google translate sehingga salah-salah, menggunakan bahasa inggris dg ejaan bahasa yg dikuasai



eferel Kemarin, 01:39AM · Komentar: 5
Pages: 1 2 3 4 5 ... Next »
advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo