BLOG TULISAN Dwipa_Nusa

Nuzulul Qur'an
Maaf aku bedah dari sisi teknologi dan bahasa pemrograman.

Apa sih Alqu'an ..????
Pasti banyak jawaban, kitab suci, sebuah mu'jizat, Firman Tuhan, dll.
Kalau boleh ngomong kasar... kalian dan saya pecundang !!! Kenapa.... ??? Loh kok tanya... akui dulu... bahwa Qur'an kita sekarang FB, Twitter, WA, dll, yang selalu kita baca setiap hari. Bahkan Alqu'an asli cuma jadi pajangan di lemari bahkan kadang berdebu, apakah itu kitab suci ???

Kita skip .. fokus pembahasan.

Apasih Alqur'an dalam kacamata teknologi...??
Alqur'an adalah kumpulan source code dari Tuhan kepada manusia, atau dalam bahasa sederhananya yaitu sebuah software untuk manusia menjadi lebih baik.

Apa kandungan Alqur'an dalam perspektif bahasa pemrograman ... kandungan atau isi Alqur'an adalah sebuah masterpiece maha karya yang berisi larangan dan perintah serta hikmah yang tidak akan lekang oleh perubahan zaman dan teknologi, atau saya sederhanakan sebagai sebuah program yang visioner.

Para System analis atau perancang program masa depan, banyak sekali menggali kaidah dan hikmah dari isi Alqur'an milik kita... sedang kita sendiri yang paling berhak masih ribut dan berebut cari pengakuan.

Saya ambil contoh surat Qof , menjelaskan tentang urat bumi, dan para analis meneliti akhirnya menemukan alat pendeteksi kekuatan gempa.

Ayolah.... jangan terlalu kebanyakan membaca novel melow dan nonton film Romantika sesekali buka "kitab suci" milik kita, dan belajar memahami isi Alqur'an. Cari Para Ustadz yang sanad keilmuannya jelas, bukan melulu menggunakan sunan Google dan kiai youtube.
Tentu saja agar kita tidak sesat dan menyesatkan dalam memahami kaidah Al Qur'an dan ilmu kita semakin bertambah.
Aku perhatikan....
Aku cermati....
Aku Analisa.....
Ternyata setiap manusia punya source code dari Tuhan itu berbeda, bahkan penduduk bumi yang 7,2 Milyar itu termasuk kamu berbeda sidik jarinya.
Maka lahirlah barcode lalu di mutahirkan dengan Qris.

Pertanyaannya...
bagaimana teknologi itu di temukan, maka aku coba bedah dari sudut matematika terapan.

Untuk mendapatkan angka 1, apa yang harus di lakukan, mudah....yaitu membuat suatu yang tidak ada menjadi ada, maka lahirlah angka 1.

Rumusnya bagaimana....
Berusaha dan berdoa.

Dan untuk mendapatkan angka 2 maka bukan 1+1 tapi di balik logikanya menggunakan rumus pengurangan dan pembagian serta akar kuadrat.

Rumusnya apa
Balance dan pertimbangan.

Itulah Rumus yang aku baca ketika Tuhan menciptakan seorang mahluk. Dan jangan pernah mengatakan Tuhan tidak adil kalau aku dan kalian gak paham tentang awal terjadinya angka 1 dan 2.

Allahu akbar.... La khaula wala quwwata illa billahil 'aliyyil adziiim.

Wahai dzat pembuat warna putih pada kapur aku takluk padamu.
Terik itu sayat sebuah kisah
Kusamnya matahati menyapa dunia
Menginduk pada jalanan rindang.
Padamu aku menyepuh massa.
Oh ...iya aku mau ceritakan sebuah labirin takdir yang mengusik nurani.
Rasa bersalah ini mengintip perih pada pandora, menyisakan maaf yang tak terjawab, sedangkan jejak dosaku padamu sungguh melekat sampai akhir menutup mata.

Bukan di ranjang jiwa aku menggurat dosa, tapi di sisi iga matahari menyapa lemah. Jujur saja bahwa lelahnya jemari untuk berdoa membawa singgasana aku, dia dan dirinya, sampai kapanpun tak akan bisa menghapus peluh nista.

Awan itu berarak bali, tepi hujan saksi bersama lembayung senja aku jatuh dan menjatuhkan mu. Pernah mengalir dalam nadi ingin kembali tapi sorot sendu lentik matamu membuatku mencium kaki langit .....aku harus tegak berjalan sendiri meski tertatih.

Jejakmu meski samar masih bisa ku baca dalam monarki nada, menyisakan senyum keabadian tepat di palung jiwa.
Lailtul Qodar
Ibadah Satu malam lebih baik dari ibadah seribu bulan.

Di kisahkan dalam kitab masyhur
- Yahudi kitab Tanakh
- Nasrani kitab perjanjian lama
- Islam kitab musyafaqul qulub atau Qishosul anbiya

Bahwa Sam'un Al Ghozy memang tidak terkenal, tetapi kalau menyebut nama samson maka kita pasti kenal, tapi bukan samson band. Dia lah wali Allah yang punya kekuatan super, yang ceritanya banyak di putar balikkan oleh sejarah.

Bagaimana dia beribadah selama 1000 bulan, tapi karena kesombongan nya maka Tuhan membuat sebuah Cross Over khusus kepada umat baginda Nabi Muhammad, bagaimana kita cukup beribadah selama 1 malam tapi pahala nya sama dengan Sam'un Al Ghozy, orang yang beribadah selama 1000 bulan, tujuannya bukan tentang ibadah saja tapi keikhlasan juga harus wajib di sertakan.

Dan inilah sebab utama atau asbabun nuzul surat Al Qodr.

Data dan Fakta
Lailatul qodar punya ciri
- Jatuh di tanggal ganjil
- Malam lailatul Qodar langit pasti cerah bertabur bintang, bahkan yang biasa tertutup pun akan terlihat.
- Pagi hari setelah malam lailatul Qodar pasti mendung
- Kalau jatuh di minggu terakhir Ramadhan itu masih ikhtilaf para ulama.

Banyak contoh di sekitar kita bahwa orang yang tidak kita anggap ternyata bisa melebihi kita, karena mungkin tanpa sengaja dia berdoa menggunakan kaidah lailatul qodar tanpa dia sadari, dan doa nya di ijabah.

Ini bukan tentang meningkatkan ibadah, tapi tentang sudut pandang lebih luas yaitu bagaimana kesombongan yang sering kita banggakan, itu seperti memberi garam pada lautan atau mengajari ikan berenang. Sesuatu hal yang sia-sia.

Apa kolerasinya dalam kacamata berbeda menggunakan dalil teknologi dan bisnis tentang Lailatul Qodar.

Clue nya
- kartu kredit
- Kartu Debet
- Algoritma Luhn
- Teknik Man In The Middle
- Human Error

Kalau di bedah sekarang terlalu panjang dan momennya kurang pas, next time aku share Lailatul Qodar dari sudut teknologi .
advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo