BLOG TULISAN njawani

Mari membahas sedikit tentang audio, bagi penggemar audio ikutan nimbrung yuk.


Kalau kita ingin mendapatkan suara music atau audio yang berkwalitas ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.


1. Player

Kita biasanya player ini pakai HP, paling tidak pilih hp yang sudah aptX atau lebih lagi aptX HD, kalau samsung biasanya sudah bundling supported by AKG, atau yang pakai iphone aac codec.

Ini berkaitan dengan kemampuan codex dalam mendecode jenis file audio yang berkwalitas misalnya audio 16 bit, 24 bit, 32 bit dan seterusnya.

Saya pakai hp yg support AptX HD dan support sampai 32 bit,jika bingung hp saya support codec apa, bisa dilihat spec hp di gsmarena.com.




2. Media player

Banyak media player di app store, atau bawaan HP itu sendiri. Tapi biasanya media player ini mempunyai standar memutar file audio di 16bit seperti youtube, file mp3.


Jika ingin yang lebih tinggi bit nya biasanya media player berbayar, saya pakai powermp yang berbayar karena bisa memsupport file audio seperti m4a dan file Flac 24 sampai 32 bit.




3. File audio/music

Seperti kita ketahui format paling populer file music adalah mp3, format mp3 ini di kompresi menjadi kecil sekitar 1 Mb atau bisa 80% berkurang dari file aslinya bahkan bisa lebih dan biasanya diberi catatan compression with lossy atau dikompresi dengan banyak bagian yang dihilangkan.


File audio lainnya adalah m4a atau mp4 audio, file ini lebih bagus tapi lebih ke pengguna apple akan berfungsi maximal, file ini berukuran cukup besar 1 file bisa sekitar 20-30mb.




Yang terbaru sekarang adalah file jenis FLAC atau free losses audio codec. Hasil kompresi file ini mirip suara aslinya, file audio ini cukup besar tergantung source audionya. Saya punya file flac ada yang 30mb, 75mb bahkan 150mb per filenya.

Suara music yang dihasilkan sangat jernih bahkan mirip dolby atmos 7.1 di home theater. File Flac ini dikompresi di 24bit sampai 32bit, jadi cukup lebar dibandingkan file mp3 yang 8bit maksimal 16bit.

Selain itu bitrate transfernya cukup tinggi, jika mp3 a max adalah 128kbps, file Flac dengan bisa 1024kbps ,jauh beda bukan ?


Sportify atau resso kenapa berbayar itu karena source music nya dari file flac dengan bitrate sekitar 350kbps dengan kwalitas suara yang dihasilkan lebih jernih, ini berbeda sama youtube yang source musicnya memakai mp3/wav dll sejenis dengan bitrate lebih rendah sekitar 128kbps.


Sampai sini kita break dulu pembahasannya sebelum ke bahasan berikutnya.


Sedikit gambaran bahwa suara yang dihasilkan manusia adalah analog, suara manusia direpresentasikan dengan gelombang suara. Perekaman analog sejak jaman dulu seperti piringan hitam yang merekam gelombang suara melalui jarum pemutar yang akan mengikuti gelombang suara yang telah terekam sampai dengan pita kaset adalah teknik rekaman analog.


Jadi walau sekarang adalah jaman digital suara tetaplah analog. Disinilah akan ada nama DAC atau Digital Analog Converter yang akan dilanjutkan dalam part II tentang peralatan audio.

Karena peralatan audio cukup panjang penjelasannya.


Tulisan ini hanyalah pemahaman saya, pengalaman saya dalam hal audio music.

Jadi CMIIW ya.

Buat teman teman yang suka upload screenshot obrolan pribadi, hati hati dengan UU ITE, apalagi nama tercantum jelas disitu, Screenshot yang mengandung data pribadi, jika ada yg tidak berkenan dan keberatan bisa dilaporkan sebagai pelanggaran UU ITE.

Data pribadi bisa termasuk obrolan pribadi, apalagi nama tercantum jelas.




Lagian tidak etis juga obrolan pribadi di share ke publik. Obrolan pribadi emang bertujuan berdua saja tanpa harus orang lain terlibat atau mengetahui obrolan kita.

Apalagi ini blog Mencari jodoh yang sangat menjaga privacy seseorang.


Btw, gimana mau cepat dapat jodoh, kalau obrolan kenalan dan bersifat pribadi diumbar dipublik.

Apa ngga ilfil tuh cewek yang mau diajak kenalan, jangan jangan nanti obrolannya di upload dan jadi bahan omongan publik.


Masih banyak orang menganggap enteng dan remeh aturan main dan etika bermedia sosial, apa yang tidak berani dilakukan di real di apresiasikan di medsos tanpa melihat itu pantas atau tidak, beretika atau tidak, annoying terhadap pengguna lain atau tidak.

Kalau di real paling gampang adalah etika volume memutar music, annoying terhadap tetangga atau tidak, di dunia maya salah satunya adalah tulisan yang bersifat masif, apakah melanggar aturan ? Tidak juga, tapi secara etika tidak pantas.



Dulu di dunia chatting,forum diskusi online ada istilah flooder, istilah flooder itu adalah orang yang secara masif menulis, copy paste dalam sebuah obrolan/diskusi tulisan sendiri dengan frekuensi sering)masif tanpa mengindahkan pengguna lain, orang orang annoying seperti ini selalu berlindung dibalik aturan, dan paling sering jawabannya selama tidak di banned admin saya tidak melanggar aturan, atau jawabnya jika tidak mau baca tulisan saya silahkan diblokir saja.




Maka itulah pentingnya kita dibekali oleh akal, agar kita bisa bertenggang rasa, agar kita bisa berlogika, agar kita bisa ber etika dan tidak hanya sekedar bermain kata kata.


Foto hanya pemanis saja, original hasil foto sendiri,tidak ada hubungan dengan tulisan.

Tema bunga....Say it with flowers hehehehe.

Pandemi covid memang akhirnya membuat menjadi kreatif, ada yang merubah pola hidup yang biasa offline menjadi online, ada yang merubah sistem sentralisasi yang biasa bisnis besar menjadi desentralisasi retail.


Ceritanya, sekitar tahun 2020an dari obrolan dari pada nganggur, obrolan iseng tentang pariwisata yang tiarap total ada ide gimana cara mengembalikan industri kembali bergairah jika pandemi berakhir...muncullah revitalisasi dan digitalisasi desa wisata terdampak covid. Dari obrolan iseng, rencana, dituangkan dalam tulisan dan revisi sana sini jadilah proposal.


Proposal ini coba kita submit ke kementrian pariwisata, tidak terlalu berharap direspon cepat mengingat kondisi social distancing.

Beberapa bulan lalu pernah dihubungi untuk menjelaskan proposal yang disubmit tetapi belum ada kepastian tanggal kapan presentasinya.

Setelah "terlupakan" akhirnya dapat undangan untuk menjelaskan dan presentasi di Kementrian Pariwisata.

Itung itung sambil Jalan jalan ke Jakarta dibayarin hehhehe


Walau macet macet ria menikmati Jakarta yang sedang membangun.




Banyak hal yang kita diskusikan, mulai dasar hukum, prosedur, Dana Alokasi khusus, pendampingan sampai prosedur pelaksanaan dan kontinuitas program.




Menikmati malam, Jakarta yang mulai berhias menyambut Natal dan Tahun Baru.

Walau Gancit tinggal melangkah, kaki ini belum tergerak kesana hehehe.




Intinya sih, Jangan pernah meremehkan tentang ide, obrolan iseng karena semua itu bisa jadi serius jika kita memang menindaklanjuti secara positif.

So...selamat berkreasi dan berinovasi.

Kalau mau dicermati, akun akun bodong dan vulgar akan muncul jika beberapa orang menulis diblog, akun2 vulgar ini lebih cenderung memaki dengan bahasa kotor yang saya sebagai laki laki ngga akan bisa mengucapkan.

Ya silahkan saja sih, bagi saya ngga dirugikan, hanya perlu klik abaikan jika dia mengirim pesan/salam, cukup satu klik dan satu detik, dibandingkan sipembuat akun yang dengan susah payah mencari nama vulgar, baca blog terus like dan kirim salam dan selalu begitu hehehe.

Seperti kata member disini yang saya lupa siapa yg nulis, selama tidak dibanned dan ditegur admin AN berarti tidak melanggar aturan walaupun banyak yang komplain hehehehehe.

Pengecut selalu mencari celah pembenaran daripada etika moral.



Foto konsep distudio


Pembuat akun bodong ini, saya yakin dia punya akun terdaftar resmi di AN, karena dia aktif sekali mengikuti tulisan di Blog dan tentunya pemilik akun "berseberangan" pendapat penulis yang dia like dan dia kirim salam, dan tidak banyak orang yang aktif di blog AN.


Saya sih cuek aja, ngga pengaruh sama sekali, dan bersyukur tidak punya teman dan hubungan sama pembuat akun, ketaker sejauh mana tingkat pendidikannya, bahasanya dan sifatnya yang pengecut.

Sempat mikir..ini orang gentanyangan di AN, kalau sampai dapat pasangan, apa ngga miris itu pasangannya, didepan bermanis manis muka tapi dibelakang seperti psikopat yang tidak punya pendidikan etika moral.

Orang seperti ini, kayak split personalty ngga akan lama dalam berpasangan karena mempunyai 2 kepribadian yang sangat berbeda, mempunyai ketidakstabilan dalam emosi dan konsistensi.

Tidak mempunyai kemampuan berargumen dalam tulisan,mungkin juga mempunyai trauma dalam pernikahan dan finansial sehingga selalu menyerang kemapanan dan cenderung menyalahkan orang lain atau bahkan pasangannya.



Foto Sunset di tambak udang



Mungkin pembuat akun vulgar ini berusaha mendiskreditkan penulis dengan cara like tulisannya yang seolah olah penulis ini setipe/sealiran dan akrab dengan akun vulgar hehehehe...cemen sekali pola pikir seperti ini, logika yang bodoh.

Logika yang mudah dipatahkan, bisa aja yang nuduh ini pelakunya atau pemilik akun vulgar dan like tulisan orang dan tinggal tuduh aja bahwa penulis dan yg like itu sealiran...ngakak aja lihat cara kotor seperti ini.



Foto : Rusa Liar Taman nasional baluran


Saya tidak perlu mencari tahu siapa dia, wasting time dan kita lihat saja sejauh mana dia konsisten di kepribadian yang berbeda itu dan saya yakin menjadi orang yang pura pura baik itu lebih berat dibanding menjadi orang jahat sekalian hehehehe.


Foto foto hanya pemanis tidak ada hubungannya sama tulisan blog. Semua foto original milik penulis.


Jika kesempurnaan menjadi keharusan, aku masih menyimpan segudang kekurangan.

Kesempurnaan itu adalah sudut pandang dari sisi mana kamu melihatnya. kesempurnaan akan muncul jika kamu melihat dengan rasa cinta.


Dalam hari hariku, aku berusaha berdamai dengan diriku, sendiri bukan berarti sepi.

Sepi bukanlah representasi dari kesedihan yang akan membuatmu terpuruk yang akan menenggelamkan dalam jurang keputus asaan.


Hidup akan selalu melangkah maju, masa lalu bukanlah pahlawan yang harus dikenang dan janganlah mempersulit dirimu untuk melangkah ke masa depan.


Menikmati hidup dan bahagia itu tidaklah sesederhana seperti membuat status, hidup ini terlalu singkat jika hanya untuk menipu diri sendiri.

Siapapun kamu, kamu berhak untuk menjadi bahagia. Karena bahagia itu bukan dari strata, tapi dari cara pandang hati yang memandang secara terbuka.


Hidup terlalu merugi jika kita menghiba diri. Nikmatilah hidupmu....ciptakan bahagiamu sepanjang waktu.


Kalau aku.....




tiap hari lihat melon yang mulai berbuah, lihat greenhouse tomat cerry yang bisa dipetik dan makan langsung.



Kasih makan ikan dikolam, kadang dipancing untuk kebutuhan cafe sambil bermain sama burung dara yang jinak jinak merpati.






Sore hari bisa berinteraksi sama pengunjung cafe.




Kalau aku disebut tukang kebun ya memang aku berkebun.

Kalau disebut tukang foto ya memang aku bekerja dibidang fotografi.

Kalau disebut tukang narik kabel yang memang aku tak pernah meninggalkan bidang keilmuan dasarku sebagai orang IT.

Jadi itulah bahagiaku, Hablum minannas, hubunganku ke sesama manusia.


Tentang hubunganku dengan Allah, tidak perlu aku ceritakan seberapa taatnya aku, tak perlu pula bernarasi betapa aku juga menguasai ayat ayatNya, menjalankan perintahNya. Walau bagaimanapun Waktu SMA aku pernah menjadi juara 2 MTQ tingkat kabupaten. Hablum minallahku Cukup aku dan Tuhanku yang tahu.

Aku tidak mau Salah langkah yang bisa berujung ke Riya, Bukan karena ingin mendapat ridho Allah, ingin dipuji Allah. Tapi hanya karena ingin dipuji makhluk-Nya dan ingin mendapatkan tempat di hati manusia.


Pesanku, Janganlah Menyalahkan orang lain atas kegagalanmu, karena akan membawamu kegagalan yg lainnya


Nah itulah cerita kebahagiannku, kalau kamu ?

Dalam dunia fotografi, Identitas sebuah foto sangatlah penting, apalagi foto yang berkaitan dengan komersial karena itu adalah hasil karya, hak cipta seseorang.

Data Exif foto merupakan salah satu bentuk identitas foto bagi seorang fotografer.

Jadi mencantumkan Jenis kamera,Lensa kamera, Setting kamera sangat perlu dalam dunia fotografi. Bahkan filter atau lampu yang dipakai.


Jadi Bukan mau pamer kamera,lensa atau filter yang dipakai.

Justru kalau tidak mau "Pamer", jangan jangan foto asal comot punya orang lain karena tidak tahu kamera dan lensa apa yang dipakai foto...hehehe


Filter landscape pakai 2 Filter Merk Singray GND dan Reverse GND.













Btw foto ini original hasil karya sendiri, bukan kaleng kaleng nyomot foto orang lain.

Malang lagi dingin dinginnya...

Brrrrrr...Kalau mau uji nyali dingin sekalian ke Bromo, lagi ada embun es hehehehe






Cukup lama ngga aktif di blog, ternyata blog AN ngga banyak berubah, isinya itu itu saja, ada yang ngotot dengan tulisan tentang dalil dalil filsafatnya tanpa peduli bahwa di AN ini beragam agama yang dianut oleh anggota lain.

Mungkin ini juga yang membuat member lain males menulis,komen atau sekedar mengunjungi blog AN.


Mau berharap AN berubah ? Jangan harap deh, Bagi pengelola yang penting member bayar keanggotaan.

Malah mungkin pengelola memang menginginkan "keramaian" seperti yang ada di blog agar kelihatan bahwa AN hidup.

Ibarat pertunjukan seni lawak badut, bagi pengelola pertunjukan harus ada badut yang bisa menghibur, pembantu badut dan penonton.

Badut sebagai tokoh utama terlepas dia lucu apa tidak, ramai apa sepi dia tidak peduli.

masalah ramai itu tugas pembantu badut...hai penonton mana tepuk tangannya ? Kok sepi ? Begitulah kira kira teriakan pembantu badut,Kalau perlu penonton disindir sindir agar aktif kembali sebagai penonton.


Pertunjukan dianggap sukses jika penonton banyak tertawa dan memberi jempol dan tidak peduli walau jempolnya terbalik yang penting aktif tertawa.


Dan pertunjukannya berulang ulang seperti itu dengan lawakan dan kata usang yang diputar kembali. Badutnya peduli ? Tidak.

Yang penting bagi badut berperan sebagai badut. Karena bagi badut inilah duniaku dan aku menikmati peran sebagai badut.

Tugas pembantu badutlah untuk membranding badut seolah olah bahwa badut ini hebat dan pintar, kalau perlu pasang muka sedih agar penonton kasihan dan tertawa kembali.


Bagi pengelola pertunjukan ini sudah cukup, sudah ada keramaian seperti yang diharapkan.

Berkualitas ? Hehehhehehe

Lha wong tiket nontonnya aja 200rb per 5 tahun kok berharap lebih.




Dari pada saya heran, lebih baik ngisi waktu yg lebih bermanfaat di real life.

Berkebun hidroponik selain lebih sehat juga bisa dapat profit



Dan tetap bekerja dan menyalurkan hobby sekalian manasin peralatan agar tetap fresh hidup ini


Isilah hari kita dengan hal yang bermanfaat, jangan dibalik bahwa AN adalah duniamu




Dulu tahun saat awal awal bekerja di sebuah BUMN, masuk divisi bidang IT, semua pekerjaan barkaitan dengan IT dikerjakan,berkutat dengan segala coding dan query system termasuk Networkingnya.

Tahun 2000an awal awal reformasi memang menjadi titik booming pekerjaan di IT, bisa loncat kesana kemari antar BUMN, bahkan bisa "menyewakan" tenaga ke BUMN lain.

Suatu saat, Aku dipanggil oleh GM ku dan diberi nasehat " Jika kamu ingin berkarir di BUMN, kamu harus mencoba sesuatu yang baru, karena IT di BUMN perkembangannya sangat lambat, sangat berbeda dengan pekerjaanmu dulu di IBM. Cobalah bidang baru yakni EBTKE yakni Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi,Jika kamu mau, saya bisa referensikan kamu untuk ambil sertifikasi bidang Energi "


EBTKE adalah istilah yang asing bagi telingaku bahkan juga sampai sekarang cukup asing dan ternyata sangat menarik. Dan mulailah "petualanganku" untuk mendapat sertifikasi dibidang energi dan konservasi energi, short cource di Kementrian ESDM,UI dan lembaga independent energi dari konservasi energi, risk management sampai Project management. Setelah bersusah payah akhirnya dapat juga semua sertifikasi dan timbul kebimbangan setelah ini mau bagaimana.Bimbang akan terus dibidang IT atau di Energi.


Kata pepatah,kesempatan emas hanya muncul sekali dan lainnya harus kita ciptakan sendiri dan kebetulan ada seleksi dan lulus penugasan di Satgas khusus di bawah RI 2 yang waktu itu bapak JK,satgas bidang energi ini bertugas mendesain, modeling dan merencakan penggantian minyak tanah ke LPG. Dua bidang keilmuan bisa diterapkan, basic ilmu di IT dan sertified di energi karena berkaitan dengan big data.


Switch career tidaklah harus meninggalkan keilmuan yg lama, bahkan dalam beberapa hal bisa saling bersinergi. Sebelum menentukan switch career haruslah dipikir matang karena berkaitan dengan karir kita,berbeda dengan istilah switch job.

Switch career erat kaitannya dengan masa depan, artinya kita punya pekerjaan tetapi masa depan pekerjaan itu yang menjadi pertimbangan.

Switch career dan switch job sekarang ini mulai trending karena saat ini begitu banyak banyak bidang baru untuk ditekuni. Jadi kalau ada yang mau switch career dan mumpung masih muda dan berkarya mengapa tidak ?




Karena ngga punya foto yg berkaitan dengan judul, Iseng buka2 koleksi minifigure preiser 1/87 scale dan jepret, jadilah foto ini.


Lho bidang fotografi kok ngga ada ceritanya ? Next post kalau ada waktu lowong hehehehe.



advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo