AUDIO / MUSIC PART I ditulis oleh njawani

Mari membahas sedikit tentang audio, bagi penggemar audio ikutan nimbrung yuk.


Kalau kita ingin mendapatkan suara music atau audio yang berkwalitas ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.


1. Player

Kita biasanya player ini pakai HP, paling tidak pilih hp yang sudah aptX atau lebih lagi aptX HD, kalau samsung biasanya sudah bundling supported by AKG, atau yang pakai iphone aac codec.

Ini berkaitan dengan kemampuan codex dalam mendecode jenis file audio yang berkwalitas misalnya audio 16 bit, 24 bit, 32 bit dan seterusnya.

Saya pakai hp yg support AptX HD dan support sampai 32 bit,jika bingung hp saya support codec apa, bisa dilihat spec hp di gsmarena.com.




2. Media player

Banyak media player di app store, atau bawaan HP itu sendiri. Tapi biasanya media player ini mempunyai standar memutar file audio di 16bit seperti youtube, file mp3.


Jika ingin yang lebih tinggi bit nya biasanya media player berbayar, saya pakai powermp yang berbayar karena bisa memsupport file audio seperti m4a dan file Flac 24 sampai 32 bit.




3. File audio/music

Seperti kita ketahui format paling populer file music adalah mp3, format mp3 ini di kompresi menjadi kecil sekitar 1 Mb atau bisa 80% berkurang dari file aslinya bahkan bisa lebih dan biasanya diberi catatan compression with lossy atau dikompresi dengan banyak bagian yang dihilangkan.


File audio lainnya adalah m4a atau mp4 audio, file ini lebih bagus tapi lebih ke pengguna apple akan berfungsi maximal, file ini berukuran cukup besar 1 file bisa sekitar 20-30mb.




Yang terbaru sekarang adalah file jenis FLAC atau free losses audio codec. Hasil kompresi file ini mirip suara aslinya, file audio ini cukup besar tergantung source audionya. Saya punya file flac ada yang 30mb, 75mb bahkan 150mb per filenya.

Suara music yang dihasilkan sangat jernih bahkan mirip dolby atmos 7.1 di home theater. File Flac ini dikompresi di 24bit sampai 32bit, jadi cukup lebar dibandingkan file mp3 yang 8bit maksimal 16bit.

Selain itu bitrate transfernya cukup tinggi, jika mp3 a max adalah 128kbps, file Flac dengan bisa 1024kbps ,jauh beda bukan ?


Sportify atau resso kenapa berbayar itu karena source music nya dari file flac dengan bitrate sekitar 350kbps dengan kwalitas suara yang dihasilkan lebih jernih, ini berbeda sama youtube yang source musicnya memakai mp3/wav dll sejenis dengan bitrate lebih rendah sekitar 128kbps.


Sampai sini kita break dulu pembahasannya sebelum ke bahasan berikutnya.


Sedikit gambaran bahwa suara yang dihasilkan manusia adalah analog, suara manusia direpresentasikan dengan gelombang suara. Perekaman analog sejak jaman dulu seperti piringan hitam yang merekam gelombang suara melalui jarum pemutar yang akan mengikuti gelombang suara yang telah terekam sampai dengan pita kaset adalah teknik rekaman analog.


Jadi walau sekarang adalah jaman digital suara tetaplah analog. Disinilah akan ada nama DAC atau Digital Analog Converter yang akan dilanjutkan dalam part II tentang peralatan audio.

Karena peralatan audio cukup panjang penjelasannya.


Tulisan ini hanyalah pemahaman saya, pengalaman saya dalam hal audio music.

Jadi CMIIW ya.


Post Sebelumnya     
     Next post
     Blog Home

Dinding Komentar

Belum ada komentar
You need to sign in to comment

Kiriman

Oleh njawani
Ditulis Dec 18 '22

Nilai

Nilai kamu:
Total: (0 penilai)

Arsip

advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo