BLOG TULISAN Dhewi4na

Tadi, sempet baca profil seorang lelaki yang dikriteria calon pendamping dia tertulis yg penting nyambung.

Dan ini mengingatkan aku sama perbincangan di grup WA dengan sekumpulan teman sekerjaan lama tentang apa yang bikin kamu naksir sama seseorang. Naksir disini kearah yg romansa lho yah. Sebagian besar mengatakan hal yg sama, yang penting ngobrolnya nyambung. Intinya mah yg penting nyambung!


Terus aku mikir, emang nyambung itu gimana sih ?


Apakah yg bisa diajak ngomongin apa aja?

Apakah bikin betah ngobrol berjam-jam sampai berbusa karena kamu merasa dia bisa menyahuti topik-topik yg lagi dibicarakan. Tapi bisa aja kan krn wawasannya luas atw kebetulan dianya tertarik dg isu yg sama dg mu.


Apakah tektok'an ngobrolnya lancar alias ngga ada jeda awkward?

lancar bener kayak jalan tol tanpa macet, ngga ada dead space atau awkward silence? Bisa aja krn dia biasa ngobrol sm orang, karakternya supel atau kerjaan sehari-harinya emang ya ngehandle manusia pake komunikasi verbal.

Apakah bisa mendengarkan dg baik? Bisa aja krn km ngomong mulu ngga ngasih dia kesempatan atw dianya ngga ngerti km ngomong apaan jadi dia he-eh,he eh aja biar cepet. Wow maruk,


Ati-ati lho kalo km tipe orang yg gampang naksir sama orang yg ngobrolnya nyambung. Bisa kejebak ntar. Kalo udah keburu naksir padahal karakternya dia complicated terus kamunya ngga bisa keep up ya selamat. Iya, bener, in the end of time saat kamu tua dan udah ngga bisa ngapa-ngapain, kamu cuma bisa ngobrol sehingga punya pasangan yg nyambung ngobrolnya is a thing, sebagai teman diskusi. Ya tapi,'nyambungnya' harus yg gimana dulu. Sekedar bisa nyautin kamu ngomong apa mah, bot google assistant juga bisa.


Meskipun ya emang sih, buat aku pribadi indikasi tepat atau tidaknya seseorang menjadi pendamping hidup bisa dilihat dari cara ngobrolnya dg kita.


Tapi skill 'Enak diajak ngobrol' tuh bisa dipelajari kok. I mean, bisa diusahakan. Aku meyakini bahwa seseorang yang diajak ngobrol nyambung tuh bisa dibuat asalkan ada faktor lain yg sejak awal sudah membuat orang lain tertarik sampai mau ngajak ngobrol.


Well, FYI, aku pernah berada bersama orang yg kalo ngobrol sama aku tuh dia ngga ada nyambung-nyambungnya. Hobi dan interest kita udah beda jauh, sudut pandang memandang sesuatu juga udah beda banget. Dia ngga suka apa yg aku suka dan aku juga ngga suka apa yg dia suka. Kami kalo ngobrol kebanyakan bahas hal-hal yang umum, terkesan receh atau bahkan kadang isinya curhatan dia soal pacarnya yang ku iya-iyain aja, atau pas aku ngeluh dianya iya-iyain aja. Atau seputar yes-no-question about crisis life. Boring ? Sometimes.


Tapi, aku betah-betah aja berada disekitar dia. Karena apa? karena dia bikin aku damai dan nyaman bener, kayak balkon rumah sore-sore. Semilir sepoi-sepoi, hening dan lembut. It makes you know it feels to be hold dearly, not that kind of insecure one, not lustful one or in hurry one. Damai aja gitu, merasa dibutuhkan, merasa jadi orang paling penting yang dihubungi pertama kali saat dia galau ada permasalahan.


Apakah aku naksir? Maybe not in romantic way, but i still sometimes long for that conversation. Dalam banyak hal kami emang blass gak nyambung, tapi ada dua hal persamaan kami, yaitu selera musik dan sesama penyuka anime.


Aku menceritakan ini untuk menjelaskan bahwa nyambung ngobrolnya tuh bisa bias kalo dijadiin patokan utama penyebab suka. Akan sangat banyak faktor yg kemudian terintegrasi sampai bisa membuat kamu jatuh cinta sama seseorang. Dan kadang faktor-faktor ini ada di luar prediksi, lalu berubah seiring berjalannya waktu. Pada akhirnya, kita tertarik ketika kita ingin tertarik aja gitu, yang kita juga seringnya juga ga tau kenapa dan ngga bisa ngejelasin kenapa kita bisa tertarik atau cinta. Aku udah sampe di masa aku males mencari pola, yg seperti apa yg membuat orang lain tertarik atau naksir in romantic way. Karena emang belum ada rumusan pastinya. Bisa aja kamu naksir orang hari ini, besoknya ilfeel. Atau suka hari ini, besoknya bosen. So for me, just let whatever your interest want to express. Selama itu tidak bersifat mesum, melecehkan atau pun merendahkan.


Perlu diingat bahwa naksir tidak harus berlaku 'saling'. Jadi bisa aja kamu merasa nyambung sama orang, tapi orangnya penuh usaha demi nyambung sama omongan kamu, atau sebenarnya ngga nyambung tapi iya-iya aja demi menghargai kamu. Kalo ngobrol aja bisa ngabisin banyak energi terus udahannya kesel sendiri mah, aduh kasihan kesehatan mentalmu lho.


Gak harus nyambung kok untuk jadi orang yang disukai.


Tapi ya udahlah, preferensi masing-masing aja deh, bebas!


Dah. Wassalam. Aku gak akan menghalangi kamu lagi. Semoga bahagia ya sama calon barumu!

Berantakannya aku harus worth sama bahagianya kamu. Kalo ngga, sia-sia dong sakit hati aku!

Setidaknya, aku sudah mencintai kamu sebisaku. Memperlakukan kamu sebaik-baiknya yang aku mampu. Tapi kalo itu menurutmu masih kurang, ya udah. Kamu berhak memilih calon istri yang terbaik untukmu. Aku tahu diri kok!



Sebenarnya, ada beberapa hal yang aku kurang setuju dengan pernyataan cinta dalam diam; terutama ketika itu menyangkut hubungan antara cinta seorang laki-laki kepada seorang perempuan yang sama-sama statusnya lajang.


Menurut pendapat ku gini, kalo emang kamu laki-laki lebih baik jangan mencintai perempuan dalam diam. Kecuali kalo itu perempuan udah punya pasangan dan berkeluarga, maka mendingan sih emang dikubur aja tuh cinta, jangan jadi orang ketiga atau perusak hubungan rumah tangga orang.

Kalo kamu emang laki-laki jangan hanya mencintai perempuan dalam diam, sebab yang namanya dalam diam tidak ada upaya mengupayakan. Tidak ada keberanian dalam mewujudkan.

Cinta dalam diam itu hanya untuk mereka yang ragu, hanya untuk mereka yang semu.

Maaf ya, bukan maksudku untuk meremehkan laki-laki yang lebih memilih mencintai dalam diam. Tapi bagiku, bahasa diam adalah bahasa menunggu.

Apalagi untuk seorang laki-laki, jelas bahasa diamnya adalah bahasa ragu.

Jadi kalo kalian itu laki-laki, JANGAN MENCINTAI DALAM DIAM SAJA!


CINTAILAH SEORANG PEREMPUAN DENGAN SEBUAH TINDAKAN.


Karena yang namanya cinta yang baik itu bukan cuma bersedia, tapi juga bersetia.

Cinta juga bukan cuma soal tubuh dan butuh, tapi juga soal betah dan tabah.

Cinta itu juga saling menuntun, bukan saling menuntut.

Jangan terus-terusan cuma berbenah diri, yang namanya cinta juga butuh berbenih hati.

Jangan cuma mau dikuatkan, itu mah urusan mengawani. Lebih asyik ya di KUA kan, urusannya sampai mengawini.


Lagi pengin ngeluarin uneg-uneg setelah sekian lama gak pernah nulis di website AN. Udah lama sebenarnya gak buka ini website, ya dikarenakan memang aku pribadi tengah ta'aruf sama seorang lelaki yang ku kenal dari website ini. Kami sama-sama dari Jateng, jadi pikiranku kenapa aku menjatuhkan pilihan ke dia karena ku pikir dia bakalan bersedia jika meet up. Toh jarak dan ongkos menurutku sih gak seberapa, yang terpenting sebenarnya seberapa besar ia berusaha.


Nyatanya nihil.

Gak ada usaha, untuk suatu pembuktian. Ketemuan utamanya!

Beberapa kali kami chat di WA (itupun selalu aku yang ngechat duluan dan dia seperti ga punya inisiatif buat komunikasi telpon atau sms nanya kabar) ngebahas soal kepastian keseriusan dia tanpa bermaksud memaksa, tapi jawabannya sibuk kerja, belum ada waktu. OKe, fix! Aku maklumi, lebih tepat berusaha ngertiin.


Tapi akhir-akhir ini aku mikir(setelah 2 bulan aku sengaja menghilang pengin tau dia merasa kehilangan atau gak, paling ga sms kek tanyain aku lah tapi nyatanya dia blass gak peka)arah ta'aruf ini sebenarnya kemana ya?!.

Kok aku merasa, cuma aku aja yang punya inisiatif soal komunikasi sementara dia entah. Aku merasa, aku gak bisa memahami jalan pikiran dia gimana.

Kamu dan aku sama-sama kerja, kita tau sesibuk apapun kalo emang menurutmu aku penting dalam hidupmu ya kamu pasti akan ngehubungi aku. Basa-basi telpon, ngobrol nanyain kabar paling gak seminggu dua kali kek, gak nuntut aku harus tiap hari chat kirim kabar. Tapi ini sama sekali gak. Kamu bahkan lebih pasif dari yang aku sangka. Disini aku mulai ragu.

Apa iya kita ini 'sama-sama'?


Apa sih makna sama-sama buat kamu?

Karena kalo aku nih memaknai "sama-sama" sebagai berikut:

kalo aku kenapa, aku pasti cerita. Kamu kenapa, sini cerita, kita sharing gitu lho; kalo aku bisa bantu, ya aku akan bantu. Kalo kamu kenapa aku gak tau, kamu naroh beban sendirian, aku buat apa bertahan selama ini sama kamu?


Hubungan dua orang manusia yang berbeda gender ini haruse sih timbal balik. Bukan timbalnya doang tapi ga dibalikin. Kalo aku nyaman, ku juga pengin kamu ngerasain hal yang sama. Kalo komunikasi sepihak kayak gini, dan kamu ngerasa gabisa luangin waktu buat ketemu orangtuaku, ya udah buat apa "sama-sama"?! Karena kayaknya kita udah gak sevisi.


Kamu lagi kenapa, aku gak tahu, karena kamu jarang ngomong terbuka soal diri kamu ke aku. Kamu lagi ngerasain apa, I have no Idea. Aku jujur ga tahu perasaaan kamu sekarang itu gimana. Kamu juga gak ada inisiatif buat cerita, padahal kamu tahu nomor teleponku.

Ini yang buat aku mikir ulang, apa cuma aku sendiri yang antusias sementara kamunya selow gampangin gitu aja. Buat apa sama-sama tapi aku merasa kita udah ngga "sama-sama"?




Bagi sebagian orang, makin tua (apalagi perempuan)kayak saya berarti makin panik perihal jodoh. Soalannya perihal waktu. Itu bener sih, tapi disaat genting kayak gini cemas boleh, tapi jangan sampai hilang akal.

Ikhtiar kudu, genit jangan.

Realistis boleh, banting harga jangan.

Karena biasanya orang panik cenderung hilang nalarnya. Bisa dilihat dari kata-kata yang tak terukur,bisa pula dari sikap yang tak tertakar. Maka, pandai-pandailah mengukur kepantasan diri.

Tentu orang berakal akan mengerti mana yang urgensi dan mana yang sekedar mencari atensi.


Kalo kamu sering ditanya-tanya kayak gini:

“Kok kamu belum… [isi dengan nyinyiran orang yang biasa kamu dapatkan]” atau 

“Kapan… [isi dengan pertanyaan basa-basi yang memang dasarnya basi]”. Berarti kita sama ! Sama-sama bosen dan eneg keseringan ditanya-tanya orang.

Pesanku cuma satu, jangan diambil pusing.  Mereka tidak tahu sudah seberusaha apa kamu untuk menggapai apa yang mereka tanyakan.  Mereka tidak tahu sesulit apa jalan yang sudah kamu lalui untuk sampai pada apa yang mereka tanyakan.  Mereka hanya bisa bertanya, tanpa memberi solusi terlebih motivasi. Biarkan!


#remind for myself

advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo