BLOG TULISAN Dina52

Jika kita sedang menunggu seseorang untuk menjalani kehidupan menuju ridhoNya,
bersabarlah dengan keindahan.
.
Demi ALLAH, dia tidak datang karena kecantikan, ketampanan, kepintaran, ataupun kekayaan,
Tapi ALLAH-lah yang menggerakkan,
tak perlu tergesa untuk mengekspresikan cinta kepada dia, sebelum ALLAH mengijinkan.
.
Simpan segala bentuk ungkapan cinta & derap hati rapat-rapat,
bersabar dengan jawaban ALLAH di saat yang tepat, .

bouquet' />Menikah Bukan untuk Bahagiasmile
ketika pernikahan dilakukan sebagai bentuk ketaatan kepada Allah. Pastilah ia akan langgeng karena yang diharap adalah ridha Allah semata. Selama kedua insane itu mau, ketaatan kepada Allah tersebut tidak akan pernah sirna. Karena pernikahan itu ibadah, tentu godaan dan cobaannya banyak. Ini konsekuensi keimanan seorang Muslim.
dengan menikah maka kita sudah meraih separuh nilai keagamaan kita, dengan kata lain, ibarat sebuah gelas, jika ada orang sudah sholat, sudah puasa, berzakat dan berhaji tapi belum nikah, berarti dia baru dapat separuh dari nilai agamanya ( belum sempurna ), nah ini dia ibadah .
so… tetap semangat meski berseliwerin kekhwatiran setelahnya , tapi katanya sih lebih banyak menentramkan krn segala masalah akan di hadapi bersama cieeeeeespeak_no_evilsmiley

apa sih arti , ibadah artinya patuh , tunduk. Ubudyah artinya tunduk dan merendahkan diri. Menurut Al’azhari, kata ibadah tidak dapat disebutkan kecuali untuk kepatuhan kepada Allah. Di dalam syara’, ibadah mempunyai banyak definisi, tetapi makna dan maksudnya satu. Definisi itu antara lain adalah :
• Ibadah ialah taat kepada Allah dengan melaksanakan perintah-Nya melalui lisan para rasulNya. • Ibadah adalah merendahkan diri kepada Allah Subhannahu wa Ta’ala yaitu tingkatan tunduk yang paling tinggi disertai dengan rasa mahabbah (kecintaan) yang paling tinggi. • Ibadah ialah sebutan yang mencakup seluruh apa yang dicintai dan diridhai Allah Subhannahu wa Ta’ala , baik berupa ucapan atau perbuatan, yang zhahir maupun yang batin. Ini adalah definisi ibadah yang paling lengkap.

Karena pernikahan adalah ibadah pengalaman tentang pernikahan dari beberpa kisah kadang menjadi inspirasi pengalaman baik dan buruk ttg pernikahan, dimana Tidak jarang juga yg menyebakan perpisahan/ masalah dalam pernikahan berupa masalah ekonomi , suami bekerja gk jelas, ekonomi memburuk sementara kebutuhan meningkat hal ini akan menjadi ujian terberat bagi pasangan yg baru nikah, bhkn yg sdh lama menikah tdk hnya di kalangan biasa tapi juga di pasangan yg berpendidikan,paham agama dan satu visi dan misi di awal , dll

Ada juga kisah pasangan yang hidup sederhana, ekonomi pas2 an , bahkan tergolong kurang mampu ,namun mereka terlihat tdk ada masalah dgn pernikahannya bahkan anak2 mereka menjadi orang yg berhasil jd dari keterbatasn justru melahirkan kturunan yg luar biasa tak jarang pula ada anak mereka yg sukses menjadi pejabat atau pemimpin.

Ada kisah juga pasangan yg memilki suami beristri lbh dari satu, terlihat bahagia meski ekonomi mereka tdk kaya2 banget yaa cendurung berkemampuan sj, istimewanya istri-istrinya mencarikan istri baru utk suaminya alasanya dgn punya bayak istri bisa lbh nyaman beribadah krn tdk selalu full mengurus dan melayani suami jd bisa bergilir berarti istri dapat jatah libur hehehe, paling resikony jk butuh suami untuk kepentingan mendadak harus sabar menunggu , tp yg ter parah harus bisa menahan rasa cemburu hiiiisee_no_evil. Memang yang terlihat indah adalah pernikahan yang level sama , baik pendidikan , ilmu , status social, kemampuan ekonomi, memilki anak yg pinter sholeh dan sholeha.
hmmmm tapi itulah hidup tidak semua sama dan sesuai pesanan belum tentu yg indah terlihat enak bisa jadi sdg di uji juga, bentukny tidak berupa harta, bs jd datang dari anak atau dari pasangan tapi bs jd dr mertua atau kesehatan.. subahanallahrelaxed

maknanya ibadah bukanlah beban yang memberatkan tapi dengan ikhlas kita menjalankan ibadah pada Allah sebagai kebutuhan utama.
memilih pasangan untuk mengurangi resiko2 kedepan sah2 saja krn jodoh itu bagaikan rejeki yg harus di ikhtirkan dan dipilih namun jika sdh memilih hrs siap dgn konsekwensi dan tanggung jawabnya smiley
Kalau kedua-dua pasangan suami-isteri itu dapat memahami konsep ibadah dalam pernikahan, maka sudah tentu masalah rumahtangga akan bisa teratasi dengan baik. Kerana setiap pasangan itu sentiasa berusaha memenuhi kehendak-kehendak dan tuntutan-tuntutan ibadah. Di antara tuntutan ibadah dalam perkahwinan ialah kesetiaan, iltizam (komitmen), tanggungjawab, kasih sayang, hormat menghormati, amanah, jujur, ikhlas dan sebagainya.

Sholat yg 5 menitan aja harus pake persiapan
puasa yg 12 jam-an aja mesti kuat siaga
Haji yang 40 harian juga harus matang
Apalagi Nikah yg ibadah seumur hidup, harus lebih matang lagi persiapannya


keep spirit ..musclemuscle
( Note: sumber hasil study kasus ala2 jomblo wati )

.."Gundah gulana kian menghimpit sekeping hati yang sedang merana.

Sementara pekatnya malam kian lama kian mencekam menganyam tirai penghalang

Keraguan untuk melangkahkan kaki kian hari kian kuat menghantui..."


Masa penantian adalah masa-masa yang sungguh sangat membosankan lagi melelahkan , apalagi yang di nanti sdh sangat rindu utk segera bersua dengannya. Sehingga waktupun terasa lebih lama dari yang sebenarnya . Bahkan kadang tak jarang pula hati hampir putus asa karena terlalu lama menanti. Sementara yg dinantipun tak jelas siapa orangnya. Kalau demikian apa yang sebaiknya dilakukan di saat saat spt ini??

Yaitu memanagement penantian dgn langkah;

cherry_blossomSebaiknya lagi2 perlunya kembali utk meluruskan Niat terlebih dahulu,

cherry_blossomperdalamlah ilmu untuk itu

cherry_blossomMemaksimalkanlah langkah ikhtiar dalam penantian yaitu berupa ikhtiar batin dan lahir


writing_handIkhtiar batin

* Jaga kesucian Diri Kesucian dirimu

* Rajinlah dalam berdoa

* Istikharah

* Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu

*Tingkatkan Nilai taqwa dan Tawakal


writing_handIkhtiar Lahir

*Tampil menarik, dlm arti kata sewajarnya tdk berlebihan, yaitu penampilan agar terlihat rapi sehingga menambah keindahan dirinya.

*Tidak ada salahnya jika berani menawarkan diri, yaitu memulai perkenalan atau taaruf lbh dahulu.

*Minta tolong di carikan jodohnya kepada ortu, pemuka atau Guru Agama, Teman dekat,


Setelah semua ikhtiar di lakukan maka persiapkanlah kematangan diri Dalam....


pushpinEmosional

Yaitu dengan mendewasakan Emosional krn sangat penting bagi pasangan yg akan menikah terutama mengontrol emosi ketika marah, dan mandiri scr emosional misal melepaskan keterikatan atau ketergantungan secara emosional kd org tua dan kerabat dekat lainnya.


pushpinSosial

Kematangan sosial secara sederhana dapat di def sebagai kemampuan dirinya untk beradaptasi dan menjalin hubungan yg sehat dan memuaskan dgn org lain. Dikatakan matang secara sosial apabila ia mampu memahami kondisi org lain baik kekurangan maupun kelebihan yg di milikinya, selain itu dirinya jg hrs bs menerima kelebihan dan kekurangan yg ada pd dirinya sendiri.


pushpinFinansial

Utk yg satu ini tdk kalah penting yaitu kematangan finansial (ekonomi) intinya berusaha utk memperbaiki keadaan ekonominya terutama utk laki2 krn dia mempunyai kewajiban dan tnggung jawab menafkahi. .



Sedangkan utk mengobati hati yg dilanda resah, maka sejukanlah ia dgn banyak dzikurllah dan selanjutnya isilah seluruh waktumu dgn banyak beramal shaleh, niscaya segala kegundahan hati akan hilang dan akan menemukan kedamaian bersama-Nya.


Semoga yg sedang menghadapi ujian ini diberi kesabaran dan senantiasa di bimbing -Nya dalam kebaikan .

Aamiin




-+ ref tulisan di olah dari berbagai sumber kajian dan buku yg di rangkum dan di olah sendiri oleh penulis blog

Menikah adalah sebuah fase kehidupan yang amat sakral dalam kehidupan seseorang. Di mana terjadi sebuah perjanjian antara sepasang hamba dengan Allah SWT, untuk saling mencintai, setia, dan bersama seumur hidup. Karena pernikahan bukanlah sebuah permainan, yaitu menyangkut masa depan dunia akhirat, menyangkut masa depan anak-anak kelak, dan juga hubungan dua keluarga. Maka, kita tak bisa main-main pula dalam menjalani prosesnya. Termasuk dalam melangkah memilih calon pendamping hidup atau menetapkan kriteria pasangan kita kelak.


Nah, bagi Temen2 AN yang masih sendiri dan merindukan kehadiran sosok pelengkap dalam hidup ini, jangan pernah menikah hanya karena usia telah sangat matang, atau karena banyak teman sudah menyalip dahulu, atau karena dipaksa.


Alangkah baiknya menikah karena alasan berikut ini:


rosetteMenikahlah dengan Dia yang Kau Rasa Surga Allah Teramat Dekat

Dalam Al-Qur’an surat An-Nur ayat 26 Dari ayat tersebut, Allah memberikan sebuah peringatan bagi kita agar jangan sampai salah dalam memilih pasangan halal untuk masa depan kita.

Menikah dengan seseorang yang membawa kita dekat dengan Allah SWT Jika alasan kita menikah hanyalah karena hawa nafsu duniawi bisa berupa harta atau kecantikan atau ketampanan , ya hanya itu yang akan Allah berikan. Allah tak akan pernah mendekatkan kita dengan Surga-Nya, bahkan mencium baunya saja tidak mampu kita lakukan. Maka, pilihan utama dalam menikah adalah dengan dia, yaitu seseorang yang mampu membuat kita merasakan bahwa Surga Allah amat dekat.

Dalam artian, dia mampu menjadi imam atau makmum yang baik dalam manjalankan semua perintah Allah selama hidup. Dengan bersamanya kita semakin dekat dengan Allah, dan semakin mencintai jalan Allah. Sehingga kehidupan akan terasa sakinah atau nyaman, dan segala permasalahan bisa dihadapi bersama dengan penuh kesabaran dan ketangguhan karena yakin Allah selalu dekat dengan kita.


rosetteMenikahlah dengan Dia yang Menerimamu Apa Adanya

Ya, seseorang yang benar mencintai kita karena Allah, akan serius menerima semua kekurangan dan kelebihan kita, sebagai bentuk syukur dia kepada Allah yang telah mempertemukan dengan jodoh dunia dan akhirat, jodoh terbaik yang Allah takdirkan. Bukan seseorang yang mencintai kita karena ada apanya kita. Karena itu bukan cinta, namun hawa nafsu.

Menikah dengan seseorang yang menerima kita apa adanya Jika alasan menikah kita adalah siap membangun rumah di dunia dan di surga Allah, maka kita harus menyadari bahwa ketika dua makhluk bersatu dalam ikatan pernikahan dan akan menjalani hidup bersama, maka segala ketidakcocokan akan mungkin sekali ditemukan. Berbagai ketidaksamaan bahkan perbedaan akan ditemukan pula.

Namun jika kita siap menerima apa adanya pasangan kita, sebagai bentuk syukur kita pada Allah yang telah mengirimnya untuk mendampingi hidup kita, maka hal itu bukanlah sebuah masalah besar. Justru menjadi sebuah seni, karena dua magnet yang berseberangan akan saling melekat lebih kuat, bukan kah begitu ?


rosetteMenikahlah dengan Dia yang Membuat Kita Siap Bersamanya Seumur Hidup

Tak hanya sekedar siap menerima kita apa adanya, namun bagaimana dengan dia kita bisa yakin kita siap mendampinginya di seluruh sisa hidup kita. Mungkin bisa menjadi sesuatu yang berat, apalagi saat bayangan bersama dengan satu orang yang sama terus, dengan karakter yang sama pada dirinya, dan ya begitu-begitu saja.

Menikah dengan seseorang yang siap membawa kita seumur hidup Namun, jika kita merasa nyaman dan yakin dia bisa membuat kita bertahan bersamanya di seluruh sisa hidup kita, pasti segala permasalahan rumah tangga akan bisa dihadapi bersama. Itulah mengapa, yakinkan diri kita bahwa dia adalah seseorang yang akan membuat kita nyaman berada di sisinya, selalu bersama kita, tak hanya di dunia namun juga di Surga Allah kelak.


rosetteMenikahlah dengan Dia yang Bisa Jadi Orangtua Terbaik Bagi Anakmu

Tak bisa dipungkiri bahwa menikah tak hanya menjadi masa depan dua insan, namun terlebih adalah masa depan anak-anak kelak dan bagaimana orangtua mendidik. Maka, hak anak pertama yang harus kita tunaikan adalah memilihkan orangtua terbaik baginya, yaitu dengan memilih pasangan yang mampu berpartner dengan kita untuk menjadi orangtua terbaik bagi anak-anak kelak.

Menikah dengan seseorang yang mampu melindungi dan mendidik anak.

dari ke empat alasan tersebut, Niatkan semua karena Allah, demi ridho dan keberkahan dariNya. Maka surga akan terasa dekat, bahkan amat sangat dekat, karena pernikahan yang kita bangun kelak.

ref.. kumpulan catetan kuliah pranikah , bulb

advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo