bouquet' />Menikah Bukan untuk Bahagia ditulis oleh Dina52

Kenapa?
karena kalau hanya untuk bahagia saat kamu tidak bahagia pernikahan mu bisa saja kandas,
akan tetapi bila tujuannya untuk ibadah, kamu akan saling melengkapi dan saling menerima
sedangkan bahagia adalah bonusnya..
blush
karena berumah tangga adalah ibadah terlama maka carilah pasangan yang siap untuk selalu belajar dan berbenah. Begitu nasehat dari guru .. hehe upside_downhugging

Pembicaraan beberapa hari terakhir ini sangat menarik terutama mengenai niat ingin menikah jd spt mereview niat diri selama proses pencarian ini, jodoh memang ketetuan Allah dan akan di pertemukan pada waktu yang tepat, Tapi tak ada salahnya mereview Niat .
Niat apa selama ini yg ada di hati bisa jadi ada yg salah sehingga masih belum menemukan jalan untuk bertemu jodoh dan segera melangkah ke jenjang pernikahan terutama mengenai niat hati yg benar.
Tidak ada salahnya ingin menikah untuk berbahagia tp kehidupan kadang tdk selalu selaras dgn harapan dan keinginan krn hidup bukanlah tempat menetap tapi persinggahan yg hanya sementara ,

Balik lagi yang perlu di niatkan Menikah untuk beribadah kepada Allah subhanahu wa ta'ala, pernikahan itu merupakan bagian dari misi ibadah kepada Allah suhanau wa Ta'ala maka dalam pernikahan kebahagiaan hanyalah makmum diatas syariat islam yang kelak di tegakkan bersama. eaaasmile
ketika pernikahan dilakukan sebagai bentuk ketaatan kepada Allah. Pastilah ia akan langgeng karena yang diharap adalah ridha Allah semata. Selama kedua insane itu mau, ketaatan kepada Allah tersebut tidak akan pernah sirna. Karena pernikahan itu ibadah, tentu godaan dan cobaannya banyak. Ini konsekuensi keimanan seorang Muslim.
dengan menikah maka kita sudah meraih separuh nilai keagamaan kita, dengan kata lain, ibarat sebuah gelas, jika ada orang sudah sholat, sudah puasa, berzakat dan berhaji tapi belum nikah, berarti dia baru dapat separuh dari nilai agamanya ( belum sempurna ), nah ini dia ibadah .
so… tetap semangat meski berseliwerin kekhwatiran setelahnya , tapi katanya sih lebih banyak menentramkan krn segala masalah akan di hadapi bersama cieeeeeespeak_no_evilsmiley

apa sih arti , ibadah artinya patuh , tunduk. Ubudyah artinya tunduk dan merendahkan diri. Menurut Al’azhari, kata ibadah tidak dapat disebutkan kecuali untuk kepatuhan kepada Allah. Di dalam syara’, ibadah mempunyai banyak definisi, tetapi makna dan maksudnya satu. Definisi itu antara lain adalah :
• Ibadah ialah taat kepada Allah dengan melaksanakan perintah-Nya melalui lisan para rasulNya. • Ibadah adalah merendahkan diri kepada Allah Subhannahu wa Ta’ala yaitu tingkatan tunduk yang paling tinggi disertai dengan rasa mahabbah (kecintaan) yang paling tinggi. • Ibadah ialah sebutan yang mencakup seluruh apa yang dicintai dan diridhai Allah Subhannahu wa Ta’ala , baik berupa ucapan atau perbuatan, yang zhahir maupun yang batin. Ini adalah definisi ibadah yang paling lengkap.

Karena pernikahan adalah ibadah pengalaman tentang pernikahan dari beberpa kisah kadang menjadi inspirasi pengalaman baik dan buruk ttg pernikahan, dimana Tidak jarang juga yg menyebakan perpisahan/ masalah dalam pernikahan berupa masalah ekonomi , suami bekerja gk jelas, ekonomi memburuk sementara kebutuhan meningkat hal ini akan menjadi ujian terberat bagi pasangan yg baru nikah, bhkn yg sdh lama menikah tdk hnya di kalangan biasa tapi juga di pasangan yg berpendidikan,paham agama dan satu visi dan misi di awal , dll

Ada juga kisah pasangan yang hidup sederhana, ekonomi pas2 an , bahkan tergolong kurang mampu ,namun mereka terlihat tdk ada masalah dgn pernikahannya bahkan anak2 mereka menjadi orang yg berhasil jd dari keterbatasn justru melahirkan kturunan yg luar biasa tak jarang pula ada anak mereka yg sukses menjadi pejabat atau pemimpin.

Ada kisah juga pasangan yg memilki suami beristri lbh dari satu, terlihat bahagia meski ekonomi mereka tdk kaya2 banget yaa cendurung berkemampuan sj, istimewanya istri-istrinya mencarikan istri baru utk suaminya alasanya dgn punya bayak istri bisa lbh nyaman beribadah krn tdk selalu full mengurus dan melayani suami jd bisa bergilir berarti istri dapat jatah libur hehehe, paling resikony jk butuh suami untuk kepentingan mendadak harus sabar menunggu , tp yg ter parah harus bisa menahan rasa cemburu hiiiisee_no_evil. Memang yang terlihat indah adalah pernikahan yang level sama , baik pendidikan , ilmu , status social, kemampuan ekonomi, memilki anak yg pinter sholeh dan sholeha.
hmmmm tapi itulah hidup tidak semua sama dan sesuai pesanan belum tentu yg indah terlihat enak bisa jadi sdg di uji juga, bentukny tidak berupa harta, bs jd datang dari anak atau dari pasangan tapi bs jd dr mertua atau kesehatan.. subahanallahrelaxed

maknanya ibadah bukanlah beban yang memberatkan tapi dengan ikhlas kita menjalankan ibadah pada Allah sebagai kebutuhan utama.
memilih pasangan untuk mengurangi resiko2 kedepan sah2 saja krn jodoh itu bagaikan rejeki yg harus di ikhtirkan dan dipilih namun jika sdh memilih hrs siap dgn konsekwensi dan tanggung jawabnya smiley
Kalau kedua-dua pasangan suami-isteri itu dapat memahami konsep ibadah dalam pernikahan, maka sudah tentu masalah rumahtangga akan bisa teratasi dengan baik. Kerana setiap pasangan itu sentiasa berusaha memenuhi kehendak-kehendak dan tuntutan-tuntutan ibadah. Di antara tuntutan ibadah dalam perkahwinan ialah kesetiaan, iltizam (komitmen), tanggungjawab, kasih sayang, hormat menghormati, amanah, jujur, ikhlas dan sebagainya.

Sholat yg 5 menitan aja harus pake persiapan
puasa yg 12 jam-an aja mesti kuat siaga
Haji yang 40 harian juga harus matang
Apalagi Nikah yg ibadah seumur hidup, harus lebih matang lagi persiapannya


keep spirit ..musclemuscle
( Note: sumber hasil study kasus ala2 jomblo wati )

Post Sebelumnya     
     Next post
     Blog Home

Dinding Komentar

Jopriatna VIP
Jan 26
dina;."dinafkahin"
Jopriatna VIP
Jan 26
lu mah ngerecokin chyeee
Dina52 VIP
Jan 26
duh... mas joe bs aja..sweat_smile
Dina52 VIP
Jan 26
itu pertanyaa kk achyee gk di jwb mas sweat_smilejoy
Jopriatna VIP
Jan 26
tuh kan... luh sih chyee... jadi nanya beneran kan tuh dina nya...triumph
Jopriatna VIP
Jan 26
harus dijawab yah mba dina pertanyaan si achyee
Dina52 VIP
Jan 26
slight_smile huumm memangnya jwbny apaansmile
achyee VIP
Jan 26
kaaaannn...gw kan salah lg kan...sleepy
Jopriatna VIP
Jan 26
sy ga punya gantungannya..yg sy punya koncinya aja, itupun cuma 1..stuck_out_tongue_winking_eye
Dina52 VIP
Jan 27
thinking gk paham sy bangsmile mksdny gmn
You need to sign in to comment

Kiriman

Oleh Dina52
Ditulis Jan 23

Nilai

Nilai kamu:
Total: (0 penilai)

Arsip

advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo