BLOG TULISAN Deewii

KEPANIKAN FIR'AUN


Saat mengetahui Musa akan pulang ke Mesir, setelah sepuluh tahun berada di tempat pengasingan di kota Madyan,

Fir’aun dan pembesarnya mulai panik

dan gusar krn kehadiran Musa dinilai

akan membawa dampak sosial dan politik

yang sangat besar hingga berpotensi menggoyahkan singgasananya.


Fir’aun dan pembesarnya akhirnya menunjukan sikap panik mereka dengan menyampaikan provokasi hingga pelecehan kepada Musa, pengikutnya serta rakyatnya sendiri.


Fir’aun dan para pejabatnya mulai berkoar-koar di depan publik, dengan mengatakan bahwa Musa adalah manusia biasa dan pengikutnya hanyalah segelintir orang saja.


“(Fir'aun berkata): 'Sesungguhnya mereka (Bani Israel pengikut Musa) benar-benar golongan kecil”.

(Al-Syu'ara: 54).


Namun stlh mlihat fakta di lapangan, yg trnyata pengikut Musa sgt bnyak dn membludak, maka Fir’aun dn pembesarnya menjadi semakin panik.Mrk pun mulai brusaha mnimbulkan antipati publik kpd Musa dn pengikutnya lewat provokasi, dgn mengatakan Musa dn pengikutnya adl kaum yg fasik.


“Maka Fir'aun mempengaruhi kaumnya (dengan perkataan itu) lalu mereka patuh kepadanya. Karena sesungguhnya mereka adalah kaum yang fasik”.

(Al-Zukhruf: 64).


Ketika merasa gagal dengan provokasinya, karena ternyata simpati publik semakin besar dan tidak terbendung kepada Musa,


maka Fir’aun dan pejabatnya mulai mngancam kselamatan Musa serta mngintimidasi rakyatnya dengan mengatakan bahwa Musa mesti dibunuh,Krn punya niat dn maksud jahat kembali ke Mesir, yaitu hndak mengganti agama serta merusak tatanan sosial dan budaya kalian yg tlh mapan dan kokoh.


Dan berkata Fir'aun (kepada pembesar- pembesarnya): "Biarkanlah aku membunuh Musa dan hendaklah ia memohon kepada Tuhannya, karena sesungguhnya aku khawatir dia akan menukar agamamu atau menimbulkan kerusakan di muka bumi”.

(Ghafir: 26).


Dari Alquran kita tahu, akhirnya Nabi Musa berhasil menumbangkan kecongkakan dan tirani Fir'aun.


Lihatlah, sejarah selalu berulang. Dan itulah di antara kehebatan Alquran, senantiasa relevan dan aktual. Tidak seperti yang dikatakan orang-orang kafir, bahwa Alquran Tidak seperti yg dikatakan orang2 kafir bahwa Alquran isinya hanyalah dongeng masa lalu (Al-Furqan: 5-6).

LUAR BIASA,

Di depan sorotan Media, dg gagah diumumkan pembubaran FPI. Ada petinggi2 negeri lengkap dg jajaran pimpinan militer.


Sepertinya Negara sedang genting, disusul oleh pernyataan AM Hendropriyono yg bla bla bla ...


Segenting inikah Negara menghadapi FPI ? Imam besarnya dipenjara, organisasinya dibubarkan, kegiatannya diancam, dll. Padahal FPI dg tegas ada di barisan NKRI.


SEMENTARA kaum separatis diseberang pulau sana tertawa terbahak2, mrk menang. Para petinggi itu tak berani membubarkan, mencabut atribut & lengkap dg ancaman kepada mereka yg jelas merongrong kewibawaan negara di kancah internasional. Tak berkutik menghadapi musuh negara, rakyat sendiri dihinakan.


HAHAHAHA ..

Sikap & suasana tegang itu disikapi santai oleh para petinggi FPI, bhkan anggota FPI di Desa2 mensikapinya biasa saja, pernyataan2 pimpinan FPI di Daerah2 malah lebih asyik lagi, mrk sepertinya tak terganggu dg ketegangan Pembubaran FPI.


Sesaat setelah para petinggi masih masang kerutan kening, tiba2 di deklarasikan FRONT PERSATUAN ISLAM (FPI).


Deklarasinya biasa saja, seolah tidak terjadi apa2, disusul oleh Deklarasi di berbagai daerah di hari yg sama.

Jika ini perang psykologis, maka jelas & tegas, FPI menang telak !!!


MenkoPolhukham, Mahfud MD pun garuk2 kepala, lalu memberikan statemen bhw Pendirian FRONT PERSATUAN ISLAM itu sah & dibenarkan UU.


Sekali lagi, FPI menang di kancah politik psykologis, cerdas dalam mensikapi serangan pembubaran.

Inilah bukti, FPI bukan pejuang kaleng2, mereka tidak menjadikan organisasi sbg tujuan berjuang, dalam waktu sangat singkat & para petinggi negeri msih sibuk berstatemen, FPI mengganti baju perjuangannya dg senyum & santai saja ..


Sikap FPI ini menuai dukungan & empati yg luar biasa dari berbagai kalangan, akibatnya para petinggi negeri sepertinya sedang menepuk air di belanga. Maksud hati memukul FPI, muka sendiri tersiram malu.


Allah pasti punya cara sendiri menghancurkan penguasa dzalim ..


Anggota Front Persatuan Islam Diprediksi Akan Jauh Lebih Banyak Dari Front Pembela Islam


? https://www.faktakini.net/2021/01/anggota-front-persatuan-islam



In 2020


Coronavirus nggak jahat sama sekali. Dia cuma melakukan tugasnya, ngebatesin manusia dari ngancurin dirinya sendiri dan bumi. Karena ciptaan Allah itu nggak ada yang bathil, semua dicipta untuk tugas tertentu yang spesifik


Yang jahat itu manusia yang berbuat seolah nggak akan ada konsekuensinya. Serakah dan mengambil lebih dari yang dia perlu, hasilnya dia nyampah. Sombong dan arogan pada sesamanya, iri dan dengki, menumpahkan darah


Yang lebih jahat lagi, yang manfaatin wabah corona buat kepentingannya sendiri. Korupsi dana bantuan, bahkan korupsi tas buat bawa bantuan. Atau dengan dalih prokes mengkriminalisasi, mengamankan dapur uang dan jabatan


Coronavirus datang nggak membunuh, dia cuma datang ngingetin, banyak pola hidup kita yang ngawur, yang cepat atau lambat bakal buat kita mati atau setengah-mati, meskipun dia nggak ada


Kita jadi paham, pola hidup sehat itu sangat penting. Karena penyakit itu cuma pengingat bagi kita kalau kita punya pola hidup yang nggak pas. Kita jadi lebih menghargai kesehatan dan waktu luang, coronavirus ngajarin kita NORMAL sebenarnya


Yang bisa bunuh manusia yang lain ya manusia itu sendiri, dengan cara yang paling sadis, bisa juga dengan pongah lalu berbohong, menutupi semua dengan kekuasaan dan uang. Sesuatu kebengisan yang nggak bisa dilakukan coronavirus


Diantara semua makhluk ciptaan Allah, memang hanya jin dan manusia yang punya kemampuan membangkang dari arahan Allah. Malaikat nggak punya kemampuan itu, apalagi cuma coronavirus, semua aktivitasnya ya cuma arahan Allah aja


Sebagaimana dulu-dulu, selalu ada manusia yang pengen nunjukin, dia lebih hebat dari Allah, terang-terangan nantangin dan nunjukin benci ke agama Allah. Namrud, Fir'aun, Abu Jahal, dan belakangan ini nama-nama yang familiar disekeliling kita


Allah nggak perlu buktikan kalau dia bisa nyelesain orang-orang dzalim ini, ceritanya kita udah paham. Yang perlu buktiin itu ya kita-kita ini, bener nggak kita serius sama agamanya Allah


Lha apalagi kita, kita nggak perlu buktiin apapun ke orang-orang dzalim itu, wong urusannnya mereka bukan sama kita, tapi sama Allah. Terus kita ngapain? Teruskan dakwah, karena Allah


To 2021

Yang sering bikin ontran ontran yg merah

Eh

Yang dibubarin yg putih

5 RUKUN KEZALIMAN FIRAUN

Oleh Ustadz Muhammad Atim

.

Kisah Fir'aun adalah kisah kezhaliman penguasa. Ini adalah petunjuk dan isyarat bahwa umat Islam akan banyak berhadapan dengan penguasa-penguasa yang zhalim. Dan itu sudah terbukti dalam sejarah hingga saat ini. Terutama saat muslimin berada dalam rentang masa yang disebut dengan mulkan jabriyyah.


Mari kita pahami terlebih dahulu 5 rukun kezhaliman penguasa. Jika kita mentadaburi kisah Nabi Musa 'alaihissalam menghadapi Fir'aun, maka kita akan menemukan 5 rukun ini.


1. Penguasa yang zalim : FIR'AUN

"Sudahkah sampai kepadamu (Muhammad) kisah Musa? Ketika Allah memanggilnya (Musa) di lembah suci yaitu Lembah Tuwa; pergilah engkau kepada Fir‘aun! Sesungguhnya dia telah melampaui batas, Maka katakanlah (kepada Fir‘aun), “Adakah keinginanmu untuk membersihkan diri (dari kesesatan), dan engkau akan kupimpin ke jalan Tuhanmu agar engkau takut kepada-Nya?” Lalu (Musa) memperlihatkan kepadanya mukjizat yang besar. Tetapi dia (Fir‘aun) mendustakan dan mendurhakai. Kemudian dia berpaling seraya berusaha menantang (Musa). Kemudian dia mengumpulkan (pembesar-pembesarnya) lalu berseru (memanggil kaumnya). (Seraya) berkata, “Akulah tuhanmu yang paling tinggi. Maka Allah menghukumnya dengan azab di akhirat dan siksaan di dunia. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi orang yang takut (kepada Allah)." (QS. An-Nazi'at : 15-26).


2. Menteri yang munafik dan penjilat penguasa : HAMAN

"Dan Fir'aun berkata : "Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui tuhan bagimu selain aku. Maka bakarlah hai Haman untukku tanah liat kemudian buatkanlah untukku bangunan yang tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa, dan sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa dia termasuk orang-orang pendusta". (QS. Al-Qashash : 38).


3. Pengusaha dan pemilik harta yang menggunakan hartanya untuk kezaliman penguasa : QORUN

"Sesungguhnya Qorun adalah termasuk kaum Musa, maka ia berlaku aniaya terhadap mereka, dan Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat. (Ingatlah) ketika kaumnya berkata kepadanya: "Janganlah kamu terlalu bangga; sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang terlalu membanggakan diri". (QS. Al-Qashash : 76).


4. Pemuka agama dan ahli ilmu pencari dalil pembenaran atas kezhaliman penguasa : PARA PENYIHIR FIR'AUN (sebelum bertaubat)

"Maka tatkala ahli-ahli sihir datang, merekapun bertanya kepada Fir'aun: "Apakah kami sungguh-sungguh mendapat upah yang besar jika kami adalah orang-orang yang menang?"Fir'aun menjawab: "Ya, kalau demikian, sesungguhnya kamu sekalian benar-benar akan menjadi orang yang didekatkan (kepadaku)". (QS. Asy-Syu'aro : 41-42)


5. Awak media pendukung kezhaliman penguasa : AL-HASYIRUN (PARA PENYEBAR BERITA) PENGIKUT FIR'AUN

"Mereka menjawab: "Tundalah (urusan) dia dan saudaranya dan kirimkanlah ke seluruh negeri orang-orang yang akan mengumpulkan (ahli sihir), niscaya mereka akan mendatangkan semua ahli sihir yang pandai kepadamu". Lalu dikumpulkan ahli-ahli sihir pada waktu yang ditetapkan di hari yang maklum, dan dikatakan kepada orang banyak: "Berkumpullah kamu sekalian. semoga kita mengikuti ahli-ahli sihir jika mereka adalah orang-orang yang menang" (QS. Asy-Syu'aro : 36-40).


Sumber : https://www.fikroh.com/2020/12/5-rukun-kedzaliman-penguasa.html

.

♻ FREE SHARE ♻

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

.

Facebook | Ghuroba Id

Telegram | @ghurobaid

Instagram | @ghurobamedia

Youtube | Ghuroba Media

WhatsApp Grup |

https://chat.whatsapp.com/Lppaih9eUrI3lmC5eretaj

https://chat.whatsapp.com/JNbKIrLLux2D30jwPI98fF

Putih-Putih Tetap Di Hati


Saya nggak pernah liat anak-anak muda begitu bangga pake seragam putih-putih berlogo segitiga berwarna hijau kecuali setelah hari-hari itu, 411 dan 212, hari-hari bela Islam


Anak-anak SMP dan SMA, di umur-umur mereka banyak yang jatuh ke hal-hal kontraproduktif, tapi mereka sisihkan uang jajan, "Buat beli seragam Bang! Bantuin Habib!", begitu katanya


Begitu berseragam putih, mereka belajar shalawat, pastinya rame di mushala pas malem jumat, kalau ada kajian, mereka baris di awal, bubaran paling akhir, mereka bangga sama Islam


Jauh sebelum itu, seragam putih-putih ini juga jadi ormas paling banyak angkatin mayat pas musibah Tsunami di Aceh 2004, kebaikan yang pastinya rakyat Indonesia ga mungkin lupa


Saya inget, ketika masih kuliah di tahun 2003, temen saya ngasih buku judulnya "Amar Ma'ruf Nahi Munkar", dan disitulah saya berkenalan dengan sosok karismatik di balik seragam putih-putih


Islam itu istimewa, sebelum mulai dakwah, Rasulullah juga sudah diingatkan bahwa apa yang beliau bawa itu akan membuatnya diusir dan dimusuhi orang-orang dzalim


Melihat kiprah seragam putih-putih ini, alangkah banyak kebaikan yang mereka sudah buat. Tak terhitung generasi muda yang sudah diinspirasi, dijauhkan dari narkoba dan pergaulan bebas


Salahnya ya itu, dari awal pimpinannya sudah menggariskan, jalan ormasnya adalah "Amar Ma'ruf, Nahi Munkar", maka pasti akan bersinggungan dengan kedzaliman, kekufuran, kemunafikan


Liatin aja terus, gapapa korupsi, gapapa ngerusak generasi muda, gapapa dukung israel, gapapa dukung eljibiti, gapapa nista agama. Asal kamu bukan ormas yang dukung syariat, kamu bakal aman


Jadi makin tau kan, kalo selama ini memang yang dimasalahin cuma Muslim yang tegas pengen Islam diterapin, jadi makin terang kan kebenciannya ke Islam? Pengen pecah belah Muslim?


Mau fitnah apapun ke seragam putih-putih, ummat sudah jengah. Juga nggak ngarep ke yang fitnah untuk adil. Mereka punya keputusan hukum, kita punya doa dan pinta ke Allah


Di waktu-waktu nunggu buka, di waktu-waktu safar, dan tengah malam. Doain yang terbaik buat saudara kita yang sedang diuji, seragam putih-putih biar tetep sabar dan istiqamah


Dan buat orang-orang dzalim, saya punya doa-doa yang nggak saya tulis disini. Dan saya yakin temen-temen punya banyak aduan yang bisa kita kasitau ke Allah

? SEBAB WAKTU TERASA CEPAT BERLALU..

.

• Tak terasa ternyata hari sudah petang...

• Tak terasa tiba-tiba sudah seminggu berlalu...

• Tak terasa pula waktu yang menghampiri kita telah berjalan sekian tahun...

• Sungguh tak terasa, tiba-tiba...

• Semua terasa cepat berlalu...

.

.

? Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda :

.

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَتَقَارَبَ الزَّمَانُ فَتَكُونَ السَّنَةُ كَالشَّهْرِ، وَيَكُونَ الشَّهْرُ كَالْجُمُعَةِ، وَتَكُونَ الْجُمُعَةُ كَالْيَوْمِ، وَيَكُونَ الْيَوْمُ كَالسَّاعَةِ، وَتَكُونَ السَّاعَةُ كَاحْتِرَاقِ السَّعَفَةِ

.

"Tidak akan terjadi hari kiamat hingga zaman berdekatan (waktu terasa singkat), Setahun bagaikan sebulan, Sebulan bagaikan sepekan, Sepekan bagaikan sehari, Sehari bagaikan sejam dan Sejam bagaikan terbakarnya pelepah pohon kurma.” (HR. Ahmad, shahih oleh al-Albani dalam al-Jaami’ ash Shaghiir, 7299)

.

? Ibnu Hajar Al-Asqolani rahimahullahu Ta'ala berkata :

.

فإنا نجد من سرعة مر الأيام ما لم نكن نجده في العصر الذي قبل عصرنا هذا، وإن لم يكن هناك عيش مستلذ ؛ والحق أن المراد نزع البركة من كل شيء ، حتى من الزمان ، وذلك من علامات قرب الساعة .

.

"Sungguh kita telah mendapati cepatnya hari-hari yang telah berlalu dan ini tidak kita jumpai pada masa sebelum zaman kita sekarang ini. Walaupun di masa itu tidak ada kehidupan yang terasa lezat. Dan yang benar bahwa maksud dari semua hal itu adalah dicabutnya barokah dari segala sesuatu hingga perihal masa sekalipun. Dan itu merupakan tanda dekatnya hari kiamat." (Fathul Bari 13/19)

.

Subhanallah, diantara tanda terasa cepatnya waktu adalah dicabutnya keberkahan.. Maka sungguh merugi, jika kita tidak mensegerakan dan memperbanyak amal dalam kondisi ini.. Oleh karena itu benarlah perkataan Ibnul Qayyim rahimahullahu ta'ala agar kita tidak merugi tentang waktu yang amat cepat berlalu, beliau rahimahullahu ta'ala berkata : “Waktu manusia adalah umurnya yang sebenarnya. Waktu tersebut adalah waktu yang dimanfaatkan untuk mendapatkan kehidupan yang abadi dan penuh kenikmatan dan terbebas dari kesempitan dan adzab yang pedih. Ketahuilah bahwa berlalunya waktu lebih cepat dari berjalannya awan (mendung). Barangsiapa yang waktunya hanya untuk ketaatan dan beribadah pada Allah, maka itulah waktu dan umurnya yang sebenarnya. Selain itu tidak dinilai sebagai kehidupannya, namun hanya teranggap seperti kehidupan binatang ternak. Jika waktu hanya dihabiskan untuk hal-hal yang membuat lalai, untuk sekedar menghamburkan syahwat (hawa nafsu), berangan-angan yang batil, hanya dihabiskan dengan banyak tidur dan digunakan dalam kebatilan, maka sungguh kematian lebih layak bagi dirinya.” (Kitab Al Jawabul Kafi, 109)

.

? Aun bin ‘Abdillah rahimahullah berkata :

“Sikapilah bahwa besok adalah ajalmu. Karena begitu banyak orang yang menemui hari besok, ia malah tidak bisa menyempurnakannya. Begitu banyak orang yang berangan-angan panjang umur, ia malah tidak bisa menemui hari esok. Seharusnya ketika engkau mengingat kematian, engkau akan benci terhadap sikap panjang angan-angan.”

.

Beliau juga berkata :

.

إنَّ من أنفع أيام المؤمن له في الدنيا ما ظن أنَّه لا يدرك آخره

.

“Sesungguhnya hari yang bermanfaat bagi seorang mukmin di dunia adalah ia merasa bahwa hari esok sulit ia temui.” (Jaami’ul ‘Ulum wal Hikam, 2: 385)

.

Saya memohon kepada Allah Tabaraka wa Ta'ala bagi diri saya dan saudara sekalian keselamatan..

.

___________

.

? Penyusun | Abdullah bin Suyitno (عبدالله بن سيتن)

.

? Disusun 8 Sya'ban 1439 H / 24 April 2018, kursi 10A Kereta Api Argo Wilis Yogyakarta-Surabaya-Jember

.

? Web : shahihfiqih.com/tazkiyatun-nafz/sebab-waktu-terasa-cepat-berlalu/

.

? Youtube : youtube.com/shahihfiqih.

? Telegram : @shahihfiqih - bit.ly/1S3K8sW .

? Instagram : Instagram.com/ShahihFiqih

? Twitter : twitter.com/shahihfiqih.

? Facebook : facebook.com/shahihfiqih.

*ONE DAY ONE HADITS*

Rabu, 30 Desember 2020 / 15 Jumadil Awwal 1442


*Waspada Terhadap Fitnah Dunia dan Wanita*


عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبيّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : إِنَّ الدُّنْيَا حُلْوَةٌ خَضِرَةٌ وَإِنَّ اللَّهَ مُسْتَخْلِفُكُمْ فِيهَا، فَيَنْظُرُ كَيْفَ تَعْمَلُونَ، فَاتَّقُوا الدُّنْيَا، وَاتَّقُوا النِّسَاءَ، فَإِنَّ أَوَّلَ فِتْنَةِ بْنِي إِسْرَائِيلَ كَانَتْ فِي النِّسَاء


Dari Abu Sa’id al-Khudri Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , beliau bersabda, *“Sesungguhnya dunia ini manis dan indah. Dan sesungguhnya Allâh Azza wa Jalla menguasakan kepada kalian untuk mengelola apa yang ada di dalamnya, lalu Dia melihat bagaimana kalian berbuat. Oleh karena itu, berhati-hatilah terhadap dunia dan wanita, karena fitnah yang pertama kali terjadi pada Bani Israil adalah karena wanita.”*

[Hr. Muslim]


Pelajaran yang terdapat dalam hadits:


1- *Dalam hadits ini, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan tentang keadaan dunia dan isinya yang menakjubkan bagi orang-orang yang memandang dan merasakannya.*


2- *Kemudian Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga mengabarkan bahwa Allâh Subhanahu wa Ta’ala menjadikannya sebagai ujian dan cobaan bagi para hamba-Nya.*


3- *Lalu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan ummatnya untuk mengerjakan hal-hal yang bisa menjaganya agar tidak terjatuh dalam fitnah dunia.*


4- *Barangsiapa mengambilnya dari yang halal, meletakkannya sesuai dengan haknya, memanfaatkannya agar ia bisa beribadah kepada Allah, maka itu semua menjadi bekal baginya untuk pergi ke tempat yang lebih mulia dan kekal.*


5- *Dengan demikian, sempurnalah baginya kebahagiaan dunia dan akhirat. Akan tetapi sebaliknya, barangsiapa menjadikan dunia sebagai cita-cita terbesarnya dan tujuan ilmu serta keinginannya, maka ia akan mendapat dunia sesuai dengan yang telah ditetapkan baginya oleh Allah Azza wa Jalla. Lalu akhirnya, hidupnya sengsara, dia tidak merasakan kelezatan dan syahwatnya kecuali hanya sebentar saja. Kelezatannya sedikit, tetapi kesedihannya berkepanjangan.*


6- *Semua bentuk kelezatan dunia merupakan ujian dan cobaan. Tetapi yang terbesar dan terkuat yaitu fitnah wanita, karena fitnah mereka sangat besar. Terjatuh dalam fitnah wanita sangat berbahaya. Para wanita adalah perangkap dan tali-tali setan.*


7- *Betapa banyak setan telah menjerumuskan laki-laki yang menjaga dirinya dari fitnah wanita tersebut, namun akhirnya terikat dan terjebak dalam kubangan syahwat, terus-menerus berbuat dosa, dan sulit untuk melepaskan diri darinya.*


8- *Dalam hadits ini, Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga mengabarkan apa-apa yang telah terjadi pada ummat-ummat sebelum kita. Karena dalam semua peristiwa itu terdapat ‘ibrah (pelajaran) bagi orang-orang yang mau mengambil pelajaran, serta nasihat bagi orang-orang yang bertakwa.*


Tema hadist yang berkaitan dengan Al-Quran:


1- *Hendaklah seorang Muslim benar-benar waspada terhadap fitnah dunia. Dunia ini indah dan manis, maka jangan sekali-kali seorang Muslim tertipu dengannya, karena kehidupan dunia adalah kehidupan yang menipu.*


وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ


*… Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya.* [Ali ‘Imrân/3:185].


2- *Mencintai dunia berarti menjadikan dunia sebagai tujuan dan menjadikan amal dan ciptaan Allah yang seharusnya menjadi sarana menuju Allâh Azza wa Jalla dan negeri akhirat berubah arah menjadi mengejar kepentingan dunia.*


مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَزِينَتَهَا نُوَفِّ إِلَيْهِمْ أَعْمَالَهُمْ فِيهَا وَهُمْ فِيهَا لَا يُبْخَسُونَ﴿١٥﴾أُولَٰئِكَ الَّذِينَ لَيْسَ لَهُمْ فِي الْآخِرَةِ إِلَّا النَّارُ ۖ وَحَبِطَ مَا صَنَعُوا فِيهَا وَبَاطِلٌ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ


*Barangsiapa menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh balasan di akhirat kecuali neraka. Dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan.”* [Hûd/11: 15-16]

*ONE DAY ONE HADITS*

Senin, 28 Desember 2020 / 14 Jumadil Awwal 1442


*Kekhawatiran Nabi Terhadap Pemimpin yang Bodoh*


عن عوف بن مالك رضي الله عنه قال، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:

أَخَافُ عَلَيْكُمْ سِتًّا : إِمَارَةَ السُّفَهَاءِ وَ سَفْكَ الدَّمِ وَ بَيْعَ الْحُكْمِ وَ قَطِيْعَةَ الرَّحْمِ وَ نَشْوًا يَتَّخِذُوْنَ الْقُرْآنَ مَزَامِيْرَ وَ كَثْرَةَ الشُّرَطِ


Dari Auf bin Malik rodhiAllahu anhu berkata Rasulullah shalallahu alaihi wa salam bersabda:

*"Aku khawatir atas kalian enam perkara: imarah sufaha (orang-orang yang bodoh menjadi pemimpin), menumpahkan darah, jual beli hukum, memutuskan silaturahim, anak-anak muda yang menjadikan Alquran sebagai seruling-seruling, dan banyaknya algojo (yang dzolim)"* (HR. ath Thabrani dalam Al Mu’jamul Kabiir 18/57 no 105)


Pelajaran yang terdapat di dalam hadits:


1- *Yang dimaksud dengan imarah sufaha adalah para pemimpin yang memimpin umat Islam tidak menggunakan sunnah Rasul dan Syariat Islam.*

Dari Jabir bin Abdillah (ia berkata): "Sesungguhnya Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- pernah bersabda kepada Ka’ab bin ‘Ujrah: *“Ya Ka’ab bin ‘Ujrah! Semoga Allah melindungimu dari pemerintahan yang bodoh!”.* Ka’ab bin ‘Ujrah bertanya: *“Kenapa demikian ya Rasulullah, dan siapakah pemerintahan yang bodoh itu?”.* Beliau menjawab: *“Para umarah (penguasa) yang akan datang nanti sesudahku, mereka tidak mengikuti petunjukku dan tidak mengamalkan Sunnahku. Maka barang siapa yang membenarkan kebohongan mereka dan menolong ke dzoliman mereka, maka mereka itu bukan dariku dan aku bukan dari mereka, dan mereka tidak akan dibawa ke telagaku (pada hari kiamat). Akan tetapi barang siapa yang tidak membenarkan kebohongan mereka dan tidak menolong kedzoliman mereka, maka mereka itu dariku dan aku dari mereka, dan mereka akan dibawa ke telagaku (pada hari kiamat)."* (HR. Ahmad)


2- *Pemimpin itu punya potensi dan peran yang sangat strategis, bagaimana bila pemimpin itu bodoh?. Tanda tangannya itu bisa menentukan nasib banyak orang.*


3- *Sedangkan yang lain dikhawatirkan Rasûlullâh shallallah alaihi wa salam yaitu:*


a- *Menumpahkan darah. Saat ini tidak hanya membunuh yang darahnya tertumpah yang disebutkan disini, tetapi juga bisa meracuni orang atau bahkan dengan cara apapun bisa membunuh secara pelan-pelan misal lewat embargo dan sebagainya.*


b- *Jual beli hukum, salah satunya adalah suap menyuap dalam sebuah perkara.*


c- *Memutus silaturrahim itu adalah dengan orang yang memiliki hubungan kekerabatan, baik karena hubungan darah ataupun karena perkawinan.*


d- *Anak-anak muda yang menjadikan al-Qur’an sebagai seruling-seruling. Mereka menyuarakan al-Qur'an dengan dinyanyikan tanpa memperhatikan kaidah tajwid dan makhroj sehingga persis seperti suara nyanyian.*


e- *Banyaknya algojo yang merupakan lambang kedzaliman. Algojo masa kini adalah orang-orang yang dibayar bertujuan untuk merampas hak orang lain. Pihak ini bisa saja penguasa ataupun juga orang yang memiliki kuasa.*


Tema hadist yang berkaitan dengan Al Qur'an:


1- *Orang yang bodoh (kurang sempurna akalnya) tidak boleh mentasorufkan harta lebih lagi menjadi pemimpin pemerintahan*


وَلا تُؤْتُوا السُّفَهاءَ أَمْوالَكُمُ الَّتِي جَعَلَ اللَّهُ لَكُمْ قِياماً وَارْزُقُوهُمْ فِيها وَاكْسُوهُمْ وَقُولُوا لَهُمْ قَوْلاً مَعْرُوفاً


*Dan janganlah kalian serahkan kepada orang-orang yang belum sempurna akalnya, harta (mereka yang ada dalam kekuasaan) kalian yang dijadikan Allah sebagai pokok kehidupan. Berilah mereka belanja dan pakaian (dari hasil harta itu) dan ucapkanlah kepada mereka kata-kata yang baik.* [An-nisa:5]


2- *Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mengkhawatirkan adanya imarah sufaha, karena mereka tidak mau mengambil petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam peraturan, sehingga hukum Allah Subhanahu wa Ta’ala dikesampingkan. Akibatnya, rusaklah kehidupan, padahal hukum Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah kehidupan untuk manusia.*


وَلَكُمْ فِي الْقِصَاصِ حَيَاةٌ يَاأُوْلِي اْلأَلْبَابِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ


*“Dan dalam qishas itu ada (jaminan kelangsungan) hidup bagimu, hai orang-orang yang berakal, supaya kamu bertakwa.”* (QS. Al Baqarah : 179).Lr

*PETUNJUK DARI DR dr ERLINA BURHAN SpP (K)*

KETUA PDPI JAYA

SIE ILMIAH PDPI PUSAT


Petunjuk dari Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC USA)


*Bukti Ilmiah Terkini Perihal Penularan Virus Corona*


*1. Resiko tertular sangat rendah pada permukaan.*


*2, Resiko tertular sangat rendah pada aktivitas di luar rumah.*


*3. Resiko tertular sangat tinggi pada ruang tertutup seperti kantor, tempat ibadah, aula bioskop, gym atau teater.*


_Pertanyaan_ :


*Siapa saja yang berpotensi tertular Covid-19 ?*


~Orang bergolongan darah A akan mengalami gejala yang berat karena struktur Covid19 mirip dengan antigen B.


~Orang bergolongan darah AB bisa selamat bila terpapar jumlah virus yang tidak terlalu banyak, bila virulensi virus tinggi dikuatirkan tidak bisa selamat karena AB tidak memiliki antibodi.


~Orang bergolongan darah B dan O akan aman-aman saja, pemilik darah B cendrung menjadi OTG dan pemilik darah O pasti selamat karena memiliki antibodi yang paling kuat dari semua golongan darah.


*Seberapa banyak virus yang dapat menyebabkan seseorang terjangkit Covid19 ?*


_AGAR SEORANG TERJANGKITI DIPERLUKAN *1.000 VP* (VIRAL PARTICLES)_


Pada lingkungan umum tingkat penyebaran adalah sbb :

- *Bernapas* 20 vp per menit

- *Berbicara* 200 vp per menit

- *Batuk* 200 juta vp (bisa bertahan selama berjam-jam di ruang yang berventilasi buruk)

- *Bersin* 200 juta vp


*Jadi perhitungannya adalah Sebagai berikut :*


BERHASIL TERTULAR = jumlah virus X jumlah waktu


*BILAMANA ANDA :*


1. Berada di sekitar seseorang dalam jarak 2 meter : *resiko tertular rendah* bila kurang dari 45 menit.


2. Berbicara tatap muka dengan seseorang bermasker : *resiko rendah* bila kurang dari 4 menit.


3. Berpapasan dengan seseorang yang sementara berlari, naik sepeda atau joging : *resiko rendah*.


4. Berada di ruangan berventilasi bagus dengan jarak : *resiko rendah* bila waktu singkat.


5. Belanja di supermarket : *resiko sedang* (bisa menjadi rendah bila waktu belanja dipersingkat dan ikut prosedur sanitasi).


6. Berada di WC dan fasilitas umum : *resiko tertular sedang, terutama bila bersentuhan pada permukaan benda yang jarang disanitasi*.


7. Aktivitas dalam ruang tertutup ber-AC : *resiko tinggi*.


8. Restoran : *resiko tinggi* (bisa turun ke menengah bila berhati-hati dalam menyentuh permukaan benda).


9. Tempat kerja, sekolah (bahkan dengan menjaga jarak) : *beresiko sangat tinggi*, termasuk penularan lewat permukaan benda.


10. Pesta /acara pernikahan : *berisiko sangat tinggi*.


11. Konferensi /pertemuan bisnis : *beresiko sangat tinggi*.


12. Pertunjukan /bioskop : *beresiko sangat tinggi*.


_*Sumber Rujukan*:_

1.https://www.erinbromage.com/post/the-risks-know-them-avoid-them

2.https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/faq.html

Pages: 1 2 3 4 5 ... Next »
advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo