Copas ditulis oleh Deewii

5 RUKUN KEZALIMAN FIRAUN

Oleh Ustadz Muhammad Atim

.

Kisah Fir'aun adalah kisah kezhaliman penguasa. Ini adalah petunjuk dan isyarat bahwa umat Islam akan banyak berhadapan dengan penguasa-penguasa yang zhalim. Dan itu sudah terbukti dalam sejarah hingga saat ini. Terutama saat muslimin berada dalam rentang masa yang disebut dengan mulkan jabriyyah.


Mari kita pahami terlebih dahulu 5 rukun kezhaliman penguasa. Jika kita mentadaburi kisah Nabi Musa 'alaihissalam menghadapi Fir'aun, maka kita akan menemukan 5 rukun ini.


1. Penguasa yang zalim : FIR'AUN

"Sudahkah sampai kepadamu (Muhammad) kisah Musa? Ketika Allah memanggilnya (Musa) di lembah suci yaitu Lembah Tuwa; pergilah engkau kepada Fir‘aun! Sesungguhnya dia telah melampaui batas, Maka katakanlah (kepada Fir‘aun), “Adakah keinginanmu untuk membersihkan diri (dari kesesatan), dan engkau akan kupimpin ke jalan Tuhanmu agar engkau takut kepada-Nya?” Lalu (Musa) memperlihatkan kepadanya mukjizat yang besar. Tetapi dia (Fir‘aun) mendustakan dan mendurhakai. Kemudian dia berpaling seraya berusaha menantang (Musa). Kemudian dia mengumpulkan (pembesar-pembesarnya) lalu berseru (memanggil kaumnya). (Seraya) berkata, “Akulah tuhanmu yang paling tinggi. Maka Allah menghukumnya dengan azab di akhirat dan siksaan di dunia. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi orang yang takut (kepada Allah)." (QS. An-Nazi'at : 15-26).


2. Menteri yang munafik dan penjilat penguasa : HAMAN

"Dan Fir'aun berkata : "Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui tuhan bagimu selain aku. Maka bakarlah hai Haman untukku tanah liat kemudian buatkanlah untukku bangunan yang tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa, dan sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa dia termasuk orang-orang pendusta". (QS. Al-Qashash : 38).


3. Pengusaha dan pemilik harta yang menggunakan hartanya untuk kezaliman penguasa : QORUN

"Sesungguhnya Qorun adalah termasuk kaum Musa, maka ia berlaku aniaya terhadap mereka, dan Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat. (Ingatlah) ketika kaumnya berkata kepadanya: "Janganlah kamu terlalu bangga; sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang terlalu membanggakan diri". (QS. Al-Qashash : 76).


4. Pemuka agama dan ahli ilmu pencari dalil pembenaran atas kezhaliman penguasa : PARA PENYIHIR FIR'AUN (sebelum bertaubat)

"Maka tatkala ahli-ahli sihir datang, merekapun bertanya kepada Fir'aun: "Apakah kami sungguh-sungguh mendapat upah yang besar jika kami adalah orang-orang yang menang?"Fir'aun menjawab: "Ya, kalau demikian, sesungguhnya kamu sekalian benar-benar akan menjadi orang yang didekatkan (kepadaku)". (QS. Asy-Syu'aro : 41-42)


5. Awak media pendukung kezhaliman penguasa : AL-HASYIRUN (PARA PENYEBAR BERITA) PENGIKUT FIR'AUN

"Mereka menjawab: "Tundalah (urusan) dia dan saudaranya dan kirimkanlah ke seluruh negeri orang-orang yang akan mengumpulkan (ahli sihir), niscaya mereka akan mendatangkan semua ahli sihir yang pandai kepadamu". Lalu dikumpulkan ahli-ahli sihir pada waktu yang ditetapkan di hari yang maklum, dan dikatakan kepada orang banyak: "Berkumpullah kamu sekalian. semoga kita mengikuti ahli-ahli sihir jika mereka adalah orang-orang yang menang" (QS. Asy-Syu'aro : 36-40).


Sumber : https://www.fikroh.com/2020/12/5-rukun-kedzaliman-penguasa.html

.

♻ FREE SHARE ♻

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

.

Facebook | Ghuroba Id

Telegram | @ghurobaid

Instagram | @ghurobamedia

Youtube | Ghuroba Media

WhatsApp Grup |

https://chat.whatsapp.com/Lppaih9eUrI3lmC5eretaj

https://chat.whatsapp.com/JNbKIrLLux2D30jwPI98fF


Post Sebelumnya     
     Next post
     Blog Home

Dinding Komentar

Juliasmin VIP
Jan 1
Emang aku pikirin mba..mo zaman Firaun kek..buktinya aku msh bisa mkn..bisa kerja...bisa sholat..bisa pacaran.. Alhamdulillah..laughinglaughing
Beib01 VIP
Jan 1
ngefans banget sama firaun, ini bukan bunda firaun kan?
Juliasmin VIP
Jan 1
Masalah dia ga bisa makan..ga bisa kerja..itu masalah dia..sama keluarganya masing masing...laughingv
Juliasmin VIP
Jan 1
Happy New Year...Allpraypray
Juliasmin VIP
Jan 1
Kalau kita tidak success jangan salahkan negara..justru tanya diri sendiri apa yang sudah kita beri untuk negarapray
Juliasmin VIP
Jan 1
Kalau kita tidak mampu untuk memberi pada negara..cukup doakan supaya para pengurus negara diberi kesehatan agar bisa menjalankan tugasnya dgn baik..
Juliasmin VIP
Jan 1
Masalah dia menjalankan dgn tidak amanat...itu kembali kepada pribadinya masing masing..pasti ada konsekwensinya...entah itu didunia dibukakan aibnya didunia atau terbuka diakherat kelak
Juliasmin VIP
Jan 1
Sekian episode Mamah Lenjeh...Bye...pray
Ning272 VIP
Jan 1
happy new yeartadatadatadatadatada
You need to sign in to comment

Kiriman

Oleh Deewii
Ditulis Jan 1

Tags

Nilai

Nilai kamu:
Total: (0 penilai)

Arsip

advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo