SWITCH CAREER ditulis oleh njawani

Dulu tahun saat awal awal bekerja di sebuah BUMN, masuk divisi bidang IT, semua pekerjaan barkaitan dengan IT dikerjakan,berkutat dengan segala coding dan query system termasuk Networkingnya.

Tahun 2000an awal awal reformasi memang menjadi titik booming pekerjaan di IT, bisa loncat kesana kemari antar BUMN, bahkan bisa "menyewakan" tenaga ke BUMN lain.

Suatu saat, Aku dipanggil oleh GM ku dan diberi nasehat " Jika kamu ingin berkarir di BUMN, kamu harus mencoba sesuatu yang baru, karena IT di BUMN perkembangannya sangat lambat, sangat berbeda dengan pekerjaanmu dulu di IBM. Cobalah bidang baru yakni EBTKE yakni Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi,Jika kamu mau, saya bisa referensikan kamu untuk ambil sertifikasi bidang Energi "


EBTKE adalah istilah yang asing bagi telingaku bahkan juga sampai sekarang cukup asing dan ternyata sangat menarik. Dan mulailah "petualanganku" untuk mendapat sertifikasi dibidang energi dan konservasi energi, short cource di Kementrian ESDM,UI dan lembaga independent energi dari konservasi energi, risk management sampai Project management. Setelah bersusah payah akhirnya dapat juga semua sertifikasi dan timbul kebimbangan setelah ini mau bagaimana.Bimbang akan terus dibidang IT atau di Energi.


Kata pepatah,kesempatan emas hanya muncul sekali dan lainnya harus kita ciptakan sendiri dan kebetulan ada seleksi dan lulus penugasan di Satgas khusus di bawah RI 2 yang waktu itu bapak JK,satgas bidang energi ini bertugas mendesain, modeling dan merencakan penggantian minyak tanah ke LPG. Dua bidang keilmuan bisa diterapkan, basic ilmu di IT dan sertified di energi karena berkaitan dengan big data.


Switch career tidaklah harus meninggalkan keilmuan yg lama, bahkan dalam beberapa hal bisa saling bersinergi. Sebelum menentukan switch career haruslah dipikir matang karena berkaitan dengan karir kita,berbeda dengan istilah switch job.

Switch career erat kaitannya dengan masa depan, artinya kita punya pekerjaan tetapi masa depan pekerjaan itu yang menjadi pertimbangan.

Switch career dan switch job sekarang ini mulai trending karena saat ini begitu banyak banyak bidang baru untuk ditekuni. Jadi kalau ada yang mau switch career dan mumpung masih muda dan berkarya mengapa tidak ?




Karena ngga punya foto yg berkaitan dengan judul, Iseng buka2 koleksi minifigure preiser 1/87 scale dan jepret, jadilah foto ini.


Lho bidang fotografi kok ngga ada ceritanya ? Next post kalau ada waktu lowong hehehehe.




     Next post
     Blog Home

Dinding Komentar

nining77 VIP
Nov 20 '22
belum lanjut, belum ada waktu lowongnya ya mas
njawani VIP
Nov 20 '22
mau nulis lagi masih banyak kegiatan dan moodnya blm muncul juga
You need to sign in to comment

Kiriman

Oleh njawani
Ditulis May 25 '22

Tags

Nilai

Nilai kamu:
Total: 3.2 (5 penilai)

Arsip

advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo