Dunia ditulis oleh Ahmad_alfadhl

‎من كانت الدنيا همه فرق الله عليه أمره و جعل فقره بين عينيه و لم يأته من الدنيا إلا ما كتب له. و من كانت الآخرة نيته جمع الله له أمره. و جعل غناه في قلبه و أتته الدنيا و هي راغمة." 

"Barang siapa yang menjadikan dunia sebagai ambisinya, niscaya Allah akan hancurkan segala urusannya dan Allah menjadikan takut fakir (miskin) selalu membayangi diantara dua matanya, dan tidaklah dunia itu datang padanya kecuali apa yang telah ditakdirkan. Barang siapa yang ambisinya adalah negeri akhirat, niscaya Allah akan permudah urusannya dan menjadikan perasaan kaya selalu memenuhi hatinya,dan dunia mendatanginya dengan hina”.

(HR.Ibnu Majah Sunan-nya 2/1375, Ibnu Hibban dalam Shohihnya no. 72, At-Tirmidzi dalam Sunan-nya 2389 dari Anas bin Malik rodhiyallahu ‘anhu)

‎اجْتِهادُكَ فيما ضُمِنَ لَكَ وَتَقصيرُكَ فيما طُلِبَ مِنْكَ دَليلٌ عَلى انْطِماسِ البَصيرَةِ مِنْكَ

Kesungguhamnu mengejar apa yang sudah dijamin untukmu (oleh Allah) dan kelalaianmu melaksanakan apa yang dibebankan (kewajiban) kepadamu, itu merupakan tanda butanya mata hatimu.

(Syaikh Ibnu Atha'illah as-Sakandari-Al Hikam)

Semua menginginkan dunia,seberapa besar kedunian mendominasi dalam hati dan pikiran kita menjadi pijakan dimana posisi kita.Seberapa kognisi kita terhadap eksistensi Tuhan menjadi hal penting dalam memaknai dunia dan segala isinya.Wallahua’lam

Post Sebelumnya     
     Blog Home

Dinding Komentar

Belum ada komentar
You need to sign in to comment

Kiriman

Oleh Ahmad_alfadhl
Ditulis Nov 7 '22

Nilai

Nilai kamu:
Total: 5 (1 penilai)

Arsip

advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo