⁣Jangan membenci ditulis oleh Ahmad_alfadhl

Jangan membenci

Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah berkata :

‎لا تكره شيئا اختاره الله، قد يختار الله شيئا فيه مصلحة عظيمة لا تدري عنها أنت

“Jangan sampai engkau membenci sesuatu yang telah Allah pilihkan untukmu. Karena terkadang Allah memilih sesuatu karena padanya terdapat suatu manfaat yang besar yang tidak diketahui olehmu.

Kita manusia memang bersifat materialistis (kebendaan),segala sesuatu dinilai dengan kebendaan.Jika tidak merasakan apa yang kita ingin secara kasat mata kita cendrung mengabaikan sesuatu itu bahkan membuangnya.Padahal jika kita mau berprangsangka baik pada Allah,bisa jadi dengan adanya sesuatu itu Allah hilangkan segala masalah yang siap menerkam kita,Allah hindarkan kita dari berbagai Bala’ atau dihilangkannya berbagai penyakit,dsb.Itulah kita lebih memilih berpikir materialistis ketimbang berprasangka baik pada Allah.

‎وَعَسَىٰ أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۖ وَعَسَىٰ أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.(Al Baqarah.216)

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata,

‎من أراد صفاء قلبه، فليؤثر الله على شهوته

"Barang siapa yang menginginkan kesucian hatinya, hendaklah dia lebih mengutamakan Allah daripada hawa nafsunya."
[Al-Fawaid hlm. 122]

     Next post
     Blog Home

Dinding Komentar

Belum ada komentar
You need to sign in to comment

Kiriman

Oleh Ahmad_alfadhl
Ditulis Oct 30 '22

Nilai

Nilai kamu:
Total: (0 penilai)

Arsip

advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo