Pria Sejati Yang Mempunyai Sifat2 Terbaik Yg Layak Jadi Imam Hidup Wanita Muslimah ditulis oleh nkholish

Semoga kaum pria yg ikut AN disini menjadi pria dengan sifat2 terbaik. Aamiin

Siapa yang gak mau sih punya calon suami yang soleh dan menjadi idaman wanita. Pasti hampir setiap wanita muslimah kalau ditanya pengen punya suami kaya apa, pasti jawabnya ingin punya calon suami yang soleh. Namun pertanyannya apakah masih ada pria beriman yang sejati di zaman sekarang ini? Kalau Kamu mengetahui ciri-cirinya tentu mudah banget, bahkan masih banyak loh. Yuk yang mau tau silahkan disimak ciri ciri apa aja sih pria sejati menurut islam

1. Lelaki sejati itu akan selalu ingat Sama Allah dimanapun berada



Keimananya yang kuat dan teguh bisa mengikat hatinya agar tunduk hanya kepada Allah, dan tidak pernah meninggalkan kewajibannya sebagai muslim. ciri pria seperti ini cenderung tidak akan menyimpang dari ajaran agamanya bahkan akan mengajarkan istrinya ke dalam hal kebaikan, selain itu pria ini tidak akan menjerumuskan istrinya ke hal perbuatan yang tidak baik, dia akan selalu mengingatkan istrinya sholat, serta akan membimbing istrinya ke jalan yang benar menurut islam, semua itu dia lakukan semata-mata karena Allah.

“Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku, semua bagi ALLAH tuhan semesta alam” (QS. Al-An’aam [6]:162).

Dalam riwayat Bukhari dan Muslim, dikisahkan dari Sahal, “Seorang laki-laki melewati Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Beliau berkata (kepada para shahabat), Bagaimana menurut kalian orang ini?

Mereka menjawab, Jika ia melamar diterima, jika merekomendasikan diterima dan jika bicara didengar.

Kemudian beliau diam.

Berikutnya lewat lagi seorang laki-laki dari kalangan orang-orang miskin. Beliau kembali bertanya, Bagaimana menurut kalian orang ini?

Mereka menjawab, Jika ia melamar, tidak akan diterima. Jika merekomendasikan tidak diterima dan jika bicara tidak didengar.

Rasulullah bersabda, Yang ini lebih baik dari sepenuh bumi orang seperti yang tadi (pertama),” (HR. Bukhari).

Ya, karena shahabat hanya melihat penampilan. Hanya karena miskin dengan penampilan seadanya dan tidak menarik, kemudian dianggap tidak layak. Jadi, semoga kisah ini tidak membuat kita mengulangi kesalahan yang sama.

Yaitu, melihat hanya dari penampilan dan kekayaan saja. Kalimat Nabi menjungkalkan penilaian para shahabat, “Yang ini lebih baik dari sepenuh bumi orang seperti yang tadi (pertama)”. Tak tanggung-tanggung, satu berbanding sepenuh bumi.

Maka, kita harus melihat lebih dalam langsung dari sabda Nabi. Laki-laki dengan ciri seperti apa yang layak menjadi suami, atau menantu.

“Jika ada yang datang kepada kalian yang telah kalian ridhoi akhlak dan agamanya, maka nikahkanlah ia karena jika tidak akan menimbulkan fitnah di bumi ini dan kerusakan yang luas. (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah) Tirmidzi berkata: Hasan Ghorib

Suatu saat, seseorang berkata kepada Imam Hasan al Bashri: Kepada siapa saya nikahkan putriku?
Imam Hasan berkata: Kepada yang bertakwa kepada Allah. Jika ia mencintainya, akan memuliakannya. Jika ia membencinya, tidak akan mendzaliminya

2. Pria Soleh selalu menghindari perbuatan dan perkataan yang kotor (Akhlak Mulia)


Akhlak yang mulia bisa mencegah seseorang dari perkataan dan perbuatan yang tidak menyenangkan, selain itu orang yang memiliki akhlak mulia cenderung selalu menjaga hubungan dengan baik terhadap seseorang maupun kepada sang Penciptanya, jadi tidak aneh jika orang yang punya akhlak mulia selalu disegani orang bahkan akan selalu lembut dan berusaha untuk membahagiakan pasangannya. Pasti mau kan dibahagiain terus sama pasangannya?

“Yang paling sempurna imannya di antara kalian adalah yang paling baik akhlaknya. Dan yang paling baik di antara kalian adalah yang paling baik kepada istri-istrinya.” (HR. Turmudzi)

Tetapi bagi wanita yg ingin mencari calon suami jangan menilai hanya berdasarkan sampulnya, tampilan luarnya. Jangan menilai dari penampilannya, foto2nya yg bagus2, statusnya yg kelihatan agamis, memperlihatkan dirinya sprti orang yg saleh, dengan mengunggah status2 kegiatan yg beragama, sprti sedang sholat, lg ngaji dsb. tetapi sering merayu menggunakan simbol2 agama sehingga membuat wanita baper. Padahal lelaki yg sholeh tidak akan berani merayu wanita yg bukan istrinya. Kita harus bs membedakan dia riya (pamer) atau mengajak kpd kebaikan.


3. Dia Mampu mengendalikan hawa nafsu dan tidak pernah menjerumuskan kamu ke hal yang tidak baik




Pada dasarnya manusia itu memiliki sifat baik dan yang tidak baik, sehingga penting sekali bagi seorang muslim untuk memiliki keribadian yang mampu menahan hawa nafsunya. Selain itu orang yang mampu mengendalikan hawa nafsu sangat mudah untuk tetap bersabar, tidak mudah emosi, dan selalu beristighfar jika hawa nafsunya sudah merajai dirinya. Tentunya pria dengan ciri seperti ini akan sangat bijak dalam memutuskan sesuatu hal yang penting

“Tidak beriman seseorang dari kamu sehingga ia menjadikan hawa nafsunya mengikuti apa yang aku bawa (ajaran Islam)” (HR. Hakim)

4. Dia Tidak akan menyia-nyiakan waktu dan selalu menepati janji




Pria sejati akan selalu menepati janji

Sifat ini merupakan hal penting yang harus dimiliki pria islam sejati. Dia tidak akan membuang-buang waktunya selama hidup, selalu memanfaatkan waktu untuk hal yang bermanfaat, bahkan cenderunng selalu menepati janjinya terhadap siapapun. Waktu itu sangat penting dalam islam sehingga Rasulullah sendiri pernah menyinggungnya “hidup sebelum mati, muda sebelum tua, sehat sebelum datang sakit, senggang sebelum sibuk dan kaya sebelum miskin.”

5. Selalu menundukan pandangan, dan Kalau melihat perempuan gak akan jelalatan



Pandangannya akan terjaga karena Allah

Cowok yang cool dan keren itu akan selalu menundukkan pandangannya saat melihat wanita yang bukan muhrimnya, selain karena keimanan, hal ini untuk mencegah diri agar terhindar dari hawa nafsu. So, yang punya suami dengan sifat seperti ini pasti akan senang, karena tentunya julukan mata keranjang gak akan ada pada diri pria dengan ciri seperti ini.

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” An-Nur ayat 30:

6. Pria soleh itu bisa bermanfaat untuk keluarga dan orang lain




Bermanfaat bagi keluarga dan orang lain

Pria muslim sejati selain bermanfaat untuk keluarganya maka dia juga bisa bermanfaat buat orang lain, yang dimaksud bermanfaat disini tentunya manfaat yang baik dimanapun dia berada, sehingga pria ini akan selalu berfikir bagaimana cara membantu orang lain yang sedang kesusahan dan meringankan beban Masyarakat yang sedang kesulitan, bahkan dia akan berusaha semaksimal mungkin agar dirinya bisa membantu dan bermanfaat dengan orang lain.

Dengan orang lain saja sangat peduli, bagaimana dengan pasangannya? tentu dia akan berusaha keras untuk membahagiakan Kamu deh..

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain” (HR. Qudhy dari Jabir)

7. Jika dia cinta, dia akan mengajak kamu menikah bukan pacaran




Mengajak menikah membuktikan ia serius dalam menjalin hubungan

Sebenernya lelaki yang gentle itu yang berani ngajak nikah, bukan pacaran. kalu dia cuma ngajakin pacaran itu pertanda dia bukan muslim sejati. Karena selain membuang waktu, pacaran hanya mendekatkan kamu dengan kemaksiatan.

Janganlah seorang laki-laki berdua-duaan dengan wanita kecuali bersama mahramnya.
(HR. Al-Bukhari dan Imam Muslim)

Itulah pria muslim sejati menurut islam yang cocok banget untuk dijadikan calon Suami.

Semoga bermanfaat..

Mau yg lbh ringkas dan sederhana?
Ikuti selanjutnya, cara menilai laki-laki

Post Sebelumnya     
     Next post
     Blog Home

Dinding Komentar

EviSukaseni VIP
Feb 21 '20
pria sejati = setia dgn 1 wanita
Dina52 VIP
Feb 21 '20
priaa sejati jika sdh menikah dan ingin menikah lg adabnya ijin dlu dgn yg pertama hehehe
nkholish VIP
Feb 21 '20
mas wahidd.. hehehe yg sabar ya mas..? mungkin blm waktunya, mungkin Allah mempunyai sesuatu yg terbaik buat mas wahidd, tetep optimis , berdoa dan berusaha
nkholish VIP
Feb 21 '20
mbak EviSukaseni dan mbak Dina52 iya mbak slight_smile
You need to sign in to comment

Kiriman

Oleh nkholish
Ditulis Feb 20 '20

Tags

Nilai

Nilai kamu:
Total: (0 penilai)

Arsip

advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo