Mati, hidup, rejeki, jodoh ada di tangan Tuhan ditulis oleh Tony_Kohar

Ilmu Tuhan itu mendahului..


Sebelum seluruh alam semesta diciptakan olehNya.. semua yg akan terjadi, sudah diketahui OlehNya..


Manusia bebas berikhtiar memilih perbuatannya baik atau buruk, kebebasan manusia dlm memilih perbuatannya, disitu ada kehendakNya yg tidak memaksa dan harus dipertanggungjawabkan. Kebebasan manusia dalam memilih perbuatannya itu tidak sebebas bebasnya di luar kekuasaanNya tetapi tetap dalam kekuasaanNya.


Kalau seseorang berjalan dari A menuju B, ditengah perjalanan kaki tersandung sesuatu shg mengakibatkan jari kakinya patah. Perbuatan pertama hrs dipertanggungjawabkan sedangkan perbuatan ke dua tdk dipertanggungjawabkan.


Hidup, Mati, Rejeki, Jodoh seseorang sudah diketahui OlehNya sebelum alam semesta diciptakan OlehNya, tidak berarti ditentukan atau ditetapkan olehNya.


Semua yg terjadi pada dirinya krn manusia itu sendiri bukan krn ditetapkan OlehNya, setiap manusia wajib berikhtiar thd segala sesuatu.


Kata "Nasib" tdk ada dalam kamusku meski itu berarti kamusku tidak lengkap.


Selamat berikhtiar..




Post Sebelumnya     
     Next post
     Blog Home

Dinding Komentar

Irsa VIP
Dec 8 '19
⁣@Tony_Kohar, yg dimaksud sbg ilmu Allah adalah : Allah mmg mengetahui 'keadaan umum' pada tiap makhluk (manusia) terkait apa, kapan & bgm ditentukanNya sesuatu hal. 'Keadaan khusus' nya adalah ketika sesuatu terjadi pd manusia sbg konsekuensi dari pilihan yg dilakukannya melalui akal & nafsunya. Jd ada peran & tggjwb manusia sbg makhlukNya. Demikiankah ?⁣@Tony_Kohar, yg dimaksud sbg ilmu Allah adalah : Allah mmg mengetahui 'keadaan umum' pada tiap makhluk (manusia) terkait apa, kapan & bgm ditentukanNya sesuatu hal. 'Keadaan khusus' nya adalah ke...See more
Tony_Kohar VIP
Dec 8 '19
@Irsa sejatinya sdh jelas
Tony_Kohar VIP
Dec 8 '19
yg dibahas adalah perbuatan manusia
Tony_Kohar VIP
Dec 8 '19
Segala sesuatunya yg terjadi pada manusia sdh diketahuiNya sebelum alam semesta diciptakan
Tony_Kohar VIP
Dec 8 '19
supaya tdk lari kemana-mana, saya beri contoh (ini contoh loh yaa.. tdk terkait dgn siapapun, hny contoh) : ketika pria dan wanita memilih pernikahan siri maka secara agama sah tetapi dr sisi hkm positif akan membawa konsekuensi, bisa merugikan salah satu pihak atau kedua belah pihak. nah.. respon thd konsekuensi itu kan bisa baik atau buruk. Kalau baik tentu tdk masalah.. kalau buruk sdh tentu jatuh kpd dosa.., dmk juga respon baik thd konsekuensi bisa jg merugikan salah satu pihak krn ketidaktahuannya.. pilihan menikah siri ini adalah pilihan manusia bukan pilihanNya..supaya tdk lari kemana-mana, saya beri contoh (ini contoh loh yaa.. tdk terkait dgn siapapun, hny contoh) : ketika pria dan wanita memilih pernikahan siri maka secara agama sah tetapi dr sisi hkm posi...See more
Tony_Kohar VIP
Dec 8 '19
Jatuh kpd dosa itulah yg hrs dipertanggungjawabkan..
Tony_Kohar VIP
Dec 8 '19
pilihan buruk (mis.) krn ketidaktahuannya..tentu dimaafkan olehNya..tp bisa jatuh ke dosa besar lainnya..krn tdk belajar, belajar itu wajib..khususnya ilmu agama..
Tony_Kohar VIP
Dec 8 '19
Soal perintah.. itu jelas, Sang Khaliq memerintahkan perbuatan baik.. memerintahkan amal kebajikan dan melarang perbuatan buru.. kalau soal sistem sdh tentu jelas.. dan tdk perlu dibahas.. kalau mengendarai mobil secara serampangan dan mengabaikan aturan lalulintas sdh tentu akan membawa celaka pada dirinya dan orang lain..Soal perintah.. itu jelas, Sang Khaliq memerintahkan perbuatan baik.. memerintahkan amal kebajikan dan melarang perbuatan buru.. kalau soal sistem sdh tentu jelas.. dan tdk perlu dibahas.. kalau menge...See more
Tony_Kohar VIP
Dec 8 '19
Kalau masih blm jelas..mending saya kirim ke email aja..relaxedrelaxedrelaxed
Irsa VIP
Dec 8 '19
@Tony_Kohar ... noted, terima kasih utk pencerahannya slight_smileslight_smile
You need to sign in to comment

Kiriman

Oleh Tony_Kohar
Ditulis Dec 5 '19

Nilai

Nilai kamu:
Total: (0 penilai)

Arsip

advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo