BLOG TULISAN Tristanto

Allah SWT telah membentangkan hikmah bangun malam secara luas bagi kita yang mampu mendirikannya; bisa berupa rezeki (QS as-Sajadah [32]: 16); bisa ketenangan jiwa (QS al-Muzzammil [73]: 6); bisa pula martabat yang terpuji (QS al-Isra’ [17]: 79).

Rasulullah SAW juga memaparkan pentingnya bangun malam, “Dua rakaat yang didirikan seorang hamba di tengah malam pahalanya lebih baik daripada dunia dan seisinya.” [HR Muhammad bin Maruzi). Dan ia pula bersabda, “Tidaklah seorang hamba Muslim melewatkan waktu pada malam hari untuk memohon kebaikan kepada Allah, kecuali Dia pasti akan memberikan kebaikan itu kepadanya.” [HR Muslim].

Kenikmatan bangun malam tentu tak akan terasa bagi kita yang belum pernah mencicipinya. Ia tampak keras dan sukar saat pertama kali kita cicipi, namun akan ada rasa kecanduan apabila kita cicipi berulang-ulang kali.


Adakah yg melebihi nikmatnya bersujud bersungkur dihadapanNya di malam yg sunyi dan sepi begini ?

Untuk nikmatku.


Meski hamba senantiasa sering lalai dan khilaf, namun Engkau tetap bersabar menunggu tobat dan sujud para hamba2Mu yang sadar akan hakikat penciptaannya.


Meski hamba senantiasa memiliki noda dan dosa, namun yang Engkau kirim berupa rahmat tetesan hujan air yg sejuk dan tawar, bukan batu meteor yg menghancurkan serta bukan pula air kotor yg merusak alam.


Sungguh ya Robbi, ampuni kesalahan kami, ampuni kekhilafan kami dan sabarkan kami menjalani segala apa yg telah Engkau tetapkan untuk kami sambil senantiasa memohon diri agar Engkau memberikan kepada kami ke hari hari depan kami, hal2 yg lbh baik dan lebih mendekatkan kami untuk senantiasa bersujud dan bersyukur atas segala karunia dan takdirMu.

Meskipun ada perbedaan ulama ttg masalah sampai tidaknya pahala Al Fatihah bagi si penerima, namun saya pribadi tetap berpendapat itu akan sampai, sebab bagaimanapun berhujah pada awal surat Al Baqarah yg berada di halaman terdepan dalam kitab Al Qur'an, telah tercantum "yaitu orang2 yg percaya pada yang ghaib... ", tentang nanti akan dipertimbangkan oleh Allah tentang bermanfaat atau tidaknya kiriman kita bagi si penerima, kita pasrahkan kepada Allah semata. Kiriman "sedekah" Al Fatihah tentu merupakan dzikir dan wirid yg sangat baik bagi seseorang karena itu mewujudkan kebaikan kita kepada sesama makhlukNya, yang tentunya minimal akan bernilai dan bermanfaat bagi penerima di alam kubur, sebagaimana juga ketika kita lewat di jalan samping sebuah pemakaman, tentu merupakan kebaikan bila kita kirim sholawat Nabi untuk sang mayit.


Wal khususon ila ruhi wal jasadi lil insanil alamiin, al ahya minhum wa amwat, Al Fatihah ...

doa dng melibatkan dua pihak dengan doa yg hanya sepihak?


Coba kita renung sama2, kita berdoa,

1. Ya Allah, mohon engkau...

(Permohonan sepihak)

2. Ya Allah, puji syukur bahwa Engkau telah karuniakan keinginan kepada hamba untuk memperoleh...

(Melibatkan dua pihak)


Tentu akan lebih bermakna dan jauh lbh cepat terkabul versi yg kedua, karena kita telah "melibatkan" Pemberi yg sebelum kita meminta sesuatu, Dia telah berkehendak menyematkan keinginan kita untuk berharap sesuatu tersebut, sehingga perlu setelah berdoa versi kedua tsb diatas, tinggal ditutup "oleh sebab itu ya Robbi, hamba pasrahkan kepala, badan, tangan, kaki dan seluruh jiwa raga ini untuk Engkau gerakkan dalam mengapai keinginan baik hamba yg merupakan kehendakMu pula".


Selamat berasyik masyuk dengan Penciptamu, Dia lah pula yg akan memberikan pasangan yg terbaik sesuai versiNya, bukan versimu.

istimewa dihadapan Tuhanmu, sehingga Dia akan memberi dirimu sesuatu yg istimewa dariNya. Sungguh cinta itu butuh bukti, bukan sekedar basa basi atau janji manis yang tak ditepati, maka buktikan cintamu padaNya dengan taqqorub padaNya di saat Dia ingin kau menghadap dengan segenap pasrah jiwa dan raga dimalam yang sunyi dan indah ini.
Terasa seakan runtuh dan pikiran terasa kisruh, sujudkan badan dan ruh kita kepada Allah secara utuh, Dialah yg mencukupi segala butuh, asal kita lakukan kewajiban kita secara patuh..

Engkau beri hamba kesempatan lagi di malam yang sunyi dan indah ini, untuk memohon ampun atas segala dosa dan khilaf diri, untuk bersyukur atas nikmat yg tiada terukur, untuk bersujud kepadaMu duhai Dzat Wajibul Wujud, untuk meminta padaMu atas segala yg hamba cita dan untuk berserah diri pada segala ketentuan yg telah Engkau tetapkan sejak zaman azali.


Ya Robbi, mohon beri hamba seseorang pendamping sebagai penguat diri, pendorong semangat mencari ridhoMu Ilahi dan bersama sama mengabdi dan berbakti padaMu ya Allah, duhai Dzat Yang Maha Tinggi.

memenuhi apa yg diperintahkan oleh Allah pada kita, karena jodoh, rezeki, usia, baik dan buruk adalah merupakan kehendakNya, yang pastinya jika kita kerjakan apa yg diperintahkan dan menjauhi apa yg dilarang olehNya, maka segalanya akan DIPERMUDAHKAN olehNya.


Sujudlah diwaktu Dia ingin melihat betapa kita serius dalam menjalani peran sebagai hamba yang taat padaNya.



waktu dimana do'amu dan do'aku dikabulkan, pintaku dan pintamu dipenuhi, serta dosaku dan dosamu diampunkan.


Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, ’Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku penuhi. Dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku ampuni.” (HR. Bukhari no. 1145 dan Muslim no. 1808)

Pages: 1 2 3 4 5 ... Next »
advertisement
Password protected photo
Password protected photo
Password protected photo